Memilih Kertas yang Pas Untuk Usaha Fotocopy

0
66

Anda punya usaha fotocopy, atau cetak buku, skripsi, printing dan lain-lain yang musti berurusan dengan kertas? Tentunya, memilih kertas yang terbaik adalah satu kewajiban. Kertas yang kurang tepat, menjadikan hasil cetak di kertas, baik lewat printer, maupun mesin fotocopy menjadi kurang maksimal.

Selain itu, kertas yang kurang baik juga akan menjadikan cetakan di kertas lambat kering dan cepat luntur. Tentunya, mesin fotocopy dan printernya juga diperhatikan. Namun, dalam tulisan kali ini, akan lebih difokuskan pada kertas yang sebaiknya dipilih untuk media mencetaknya.

Banyak yang memilih kertas dengan harga lebih murah. Hal itu sah-sah saja, untuk menghemat biaya produksi. Namun, murah bukan berarti memilih produk yang murahan, yah.

Ciri Kertas Berkualitas Bagus

Sebelum membahas kertas yang berkualitas bagus, tentunya Anda musti mengetahui ukuran kertas untuk fotocopy. Ada berbagai ukuran kertas, bisa A3, A4, F4 dan sebagainya yang digunakan untuk fotocopy maupun mencetaknya. Ukuran tersebut tergantung dengan angkanya, misalnya A3 dengan angka yang lebih kecil, berarti ukurannya lebih besar daripada A4. Kertas ukuran F4 juga sering digunakan untuk usaha ini.

Kertas ada tiga jenis, yakni kertas kualitas tinggi, kertas kualitas sedang (biasa) dan kertas daur ulang. Kertas daur ulang, atau kerap disebut kertas HVS misalnya, biasanya memiliki harga yang jauh lebih mahal. Hal ini disebabkan warna kertas yang lebih putih, serta ramah lingkungan. Kertas daur ulang juga mudah digunakan, dan kualitasnya bagus.

Untuk cetakan hitam putih, tentunya kertas yang berwarna lebih putih bisa menjadi pilihan yang paling pas untuk usaha Anda. Kertas yang berwarna putih ini biasanya harganya tidak begitu mahal, apalagi bila dibandingkan dengan kertas untuk cetakan warna.

Nah, kertas yang sering digunakan untuk fotocopy, tentunya sering disimpan sebagai dokumen. Kertas yang ini sebaiknya kertas yang tipis saja, karena harganya tidak begitu mahal, selain itu dokumen yang dicetak juga menjadi tidak begitu tebal. Ada kertas yang lebih tebal, biasanya digunakan untuk cetakan dua sisi, atau depan dan belakang. Nah, kertas yang satu ini tentu akan lebih baik bila digunakan dengan printer. Tapi, perlu diingat, gunakan tinta yang mudah kering untuk tipe kertas yang lebih tebal.

Meskipun demikian, akan sangat baik bila Anda memilih kertas yang memiliki warna jauh lebih putih dan bersih. Kertas inilah yang biasanya dijual cukup mahal, dibanding kertas yang warnanya lebih buram. Tidak hanya itu, kertas dengan warna putih ini akan sangat baik dalam menonjolkan gambar, warna dan tulisan yang dicetak di atas kertas.

Ada 4 pilihan berat kertas yang biasa ditemukan di pasaran. Mulai dari 60 gsm, 70, 80 hingga 100 gsm. Semakin tinggi angkanya, maka akan semakin berat dan tebal kertasnya. Untuk ukuran standar atau kertas yang tipis namun tetap aman untuk fotocopy dan printing, pilihlah kertas dengan ukuran berat 70 – 80 gsm. Sedangkan untuk kertas cetak jenis art paper tentunya lebih tebal dengan berat 85 hingga 150 gsm. Sedangkan art carton jauh lebih berat lagi, yakni 190 hingga 400 gsm. Sekedar informasi, gsm yang menjadi ukuran berat di sini adalah singkatan dari gram per square meter.

Dua jenis Kertas yang Paling Direkomendasikan

Ada dua jenis kertas yang direkomendasikan untuk Anda para pengusaha fotocopy dan percetakan. Produk ini dihasilkan oleh brand yang cukup ternama dan terpercaya, sehingga setiap produknya telah melewati standar kualitas dari brand tersebut.

Brand yang paling direkomendasikan adalah brand Sinar Dunia. Brand satu ini sudah dikenal luas di masyarakat untuk urusan produk kertas, alat tulis dan perlengkapan kantor lainnya. Ada berbagai jenis produk andalan Sinar Dunia, seperti Gold dan Sidu.

Paperline Gold by Sinar Dunia
Multi Purpose Paper Sidu

 

Produk Sidu, misalnya, bisa Anda temukan dengan mudah dan harganya juga relatif lebih mudah. Misalnya untuk produk Sinar Dunia Photocopy Paper SDU Pc 70 ukuran A4 dijual seharga Rp 222.200 per box, atau sekitar 5 rim. Sedangkan untuk Sinar Dunia Photocopy Paper SDU Pc 70 ukuran F4, per box atau per 5 rimnya, dijual seharga Rp 252.670.

Ada juga produk Gold, masih dari Sinar Dunia. Untuk ukuran F4 dengan berat 80 gsm misalnya, yakni produk Sinar Dunia Photocopy Paperline Gold PGG Pc 80 F4 dijual seharga Rp 287.430 per box, sedangkan untuk ukuran F4 dengan berat 70 gsm dijual seharga Rp 253.000. Sinar Dunia Gold dengan ukuran A4 70 dijual seharga Rp 222.420 per box, sedangkan untuk ukuran berat 80 gsm-nya dijual seharga Rp 252.890. Produk yang sama untuk ukuran kertas A3 dijual seharga Rp 505.560 per box.

Dengan harga yang cukup terjangkau tersebut, tentunya produk dari Sinar Dunia juga menjanjikan hasil fotocopy yang terbaik untuk usaha Anda. Jadi, jangan ragu lagi untuk memulai usaha fotocopy Anda dengan pilihan kertas yang tepat dan terbaik dengan harga terjangkau ini, yah.