Memahami Proses Pengecoran Logam / Besi

0
49

Pengecoran logam dikenal pula dengan istilah casting atau foundry. Cara kerjanya adalah, logam yang akan dicor tersebut dicairkan terlebih dulu. Tentunya, untuk menjadikan logam menjadi cair, maka dibutuhkan panas yang sangat tinggi. Selanjutnya setelah cair, maka cairan logam tersebut akan dituangkan dari tungku ke cetakan. Akhirnya jadilah produk logam yang akan dibuat dalam bentuk yang diinginkan.

Setelah masuk dalam bentuk akhir produk yang dimaksud, maka cairan tersebut akan dibekukan kembali. Nah, setelah itu, baru bentuk asli dari produk berbahan logam tersebut akan selesai. Ada banyak produk yang dibuat dengan cara ini, mulai dari yang berukuran besar, seperti keran logam,  sampai yang kecil-kecil seperti baut dan mur.

Mengenal Jenis-Jenis Bolt and Nut

Hanya saja, perlu diketahui bahwa pengecoran tersebut ada dua jenis, yakni yang menggunakan cetakan sekali pakai dan menggunakan cetakan permanen. Cetakan sekali pakai tentunya akan terus berganti dengan cetakan yang baru setelah dilakukan sekali pencetakan. Bisa dikatakan, cetakan yang satu ini hanya bisa membuat sekitar 100 produk saja, setelah itu tentunya harus mengganti cetakan.

Sedangkan cetakan permanen, bisa membuat produk yang sama secara berulang-ulang. Agar bisa permanen, tentunya cetakan satu ini juga dibuat dengan bahan logam. Kelebihannya adalah prosesnya lebih cepat daripada menggunakan cetakan sekali pakai, dan juga lebih efektif. Hanya saja yang perlu diingat adalah logam yang dicor musti memiliki titik lebur yang jauh lebih rendah daripada logam cetakan. Karena bila tidak, maka hasilnya tidak akan sempurna.

Dalam pengecoran atau casting ini, juga dikenal istilah cetakan pasir. Cetakan pasir ini digunakan untuk mencetak logam yang lebih tinggi, serta berukuran yang lebih kecil. Tapi, cetakan pasir juga bisa digunakan untuk yang berukuran besar, loh. Kelebihan dari cetakan pasir ini adalah produksinya bisa sampai jutaan produk. Tentunya, disebut cetakan pasir, karena dalam prosesnya memang menggunakan pasir untuk membantu pengecoran. Pasir yang digunakan adalah jenis pasir silica atau SiO2.

Tentunya, Anda juga akan mempertanyakan apa saja produk yang dihasilkan dengan teknologi pengecoran logam, bukan? Nah, bisa dikatakan semua produk yang Anda temui di sekitar Anda, dan berbahan logam, dibuat dengan teknologi ini. Seperti disebutkan sebelumnya, seperti produk yang berukuran besar, misalnya roda gigi, impeler, keran, block mesin dan lain sebagainya, tentu memanfaatkan teknologi ini.

Ada beberapa jenis logam yang digunakan dalam pengecoran ini. Pertama, yang cukup sering digunakan adalah tembaga. Tembaga merupakan logam dengan warna kemerahan yang memiliki titik lebur di 1.803 derajat celcius dan titik didihnya 2.595 derajat celcius. Biasanya, tembaga ditemukan dalam berbagai mineral. Tembaga juga sering diguanakn dalam campuran kuningan, perunggu, emas hingga perak.

Logam yang paling sering digunakan adalah aluminium. Logam dengan warna putih perak ini sering digunakan karena memang jumlahnya sangat besar. Bahkan, sekitar 8 persen dari seluruh massa padat di bumi adalah aluminium, loh. Logam yang satu ini sering digunakan karena mudah digunakan, juga produk hasilnya tahan karat.

Aluminium cair dituangkan ke cetakan permanen

Berikutnya, logam yang juga sering digunakan adalah nikel. Logam satu ini merupakan komponen terbesar dalam meteorit. Nikel menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat produk-produk seperti pelindung besi, tembaga, baterai juga beberapa benda kecil untuk industri, pesawat terbang, sampai jadi kawat listrik.

Terpenting adalah ketika mencari produk dengan bahan logam yang dicor, Anda perlu memastikan bahwa logam yang digunakan berkualitas tinggi. Sekaligus, memastikan bahwa bentuk dari produk ini sudah sempurna. Baut dengan bentuk square, atau super coupling misalnya, tentu akan digunakan dalam hal yang lebih khusus. Nah, diperlukan bentuk yang sempurna dan bahan yang jauh lebih baik.

Selain mur, masih ada beberapa produk lainnya yang juga dibuat dengan teknologi ini. Misalnya kunci stok / key stock. Beberapa jenis seperti parallel key dan bossard parallel key deep pattern juga termasuk beberapa di antara produk yang dibuat dengan teknologi pengecoran logam ini.

Selain itu, beberapa jenis sekrup juga dibuat dengan teknologi ini. Khusus untuk machine screws, Anda memerlukan produk yang berkualitas tinggi dan dibuat dengan teknologi tinggi juga untuk keperluan yang lebih presisi.

Biar Nggak Keliru, Kenali Lagi Jenis-Jenis Sekrup dan Baut Berikut Ini