Selain Dapat Meningkatkan Produktivitas Mesin, Ini Manfaat Lain dari Penggunaan Oli yang Tepat

0
137

Meningkatkan Produktivitas Mesin dengan Penggunaan Oli yang Tepat – Oli untuk mesin alat berat tentunya berbeda dengan mesin biasa atau mesin kendaraan bermotor. Namun sebetulnya peran oli di mesin pabrik sama seperti di mesin pada umumnya, dimana oli berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen besi agar kinerja mesin dapat berjalan dengan lancar. Semakin baik kualitas oli yang digunakan, maka akan semakin optimal kinerja mesinnya. Hal ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan rekomendasi masing-masing mesin terhadap kekentalan oli maupun campuran bahan lainnya untuk memaksimalkan kinerja oli.

Sesuai lingkupnya, pemilihan maupun penggantian oli mesin industri dan mesin alat berat merupakan tanggung jawab yang besar bagi pelaku industri. Mesin-mesin pada industri umumnya berjalan secara terus menerus untuk memaksimalkan produksi, dimana hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam hal pemilihan oli yang tepat untuk meningkatkan kinerja mesin dan cost productivity ratio.

Manfaat Penggunaan Oli / Lubrikasi yang Tepat untuk Mesin Industri

Dalam pengoperasiannya, komponen-komponen pada mesin industri bekerja dengan bergesekan secara terus menerus, sehingga menimbulkan kemungkinan komponen rusak lebih cepat. Dalam hal ini, oli / lubrikasi hadir sebagai pelindung di antara dua benda atau lebih yang saling bersinggungan agar tidak terjadi kontak langsung pada benda kerja tersebut sehingga tidak terjadi keausan. Dengan kata lain, cost terkait keausan ataupun penggantian part yang diakibatkan oleh gesekan ataupun kontak antar benda kerja dapat direduksi melalui penyerapan oli yang baik serta teratur pada mesin.

Selain bekerja sebagai pelumas untuk mengurangi resiko kerusakan akibat gesekan antar komponen, oli juga berguna untuk membersihkan mesin dari debu dan kotoran yang berpotensi masuk ke dalam mesin. Kotoran tersebut nantinya akan terikat dengan oli dan ikut terbuang ketika oli diganti atau dikuras. Oli yang baik tentunya akan mengikat kotoran dengan baik. Sebab, kotoran dapat mengganggu kinerja mesin yang bisa berakibat kerusakan pada komponen, dan berujung pada delay atau produksi yang tertunda sehingga mengakibatkan cost berlebih.

Manfaat berikutnya adalah sebagai pendingin mesin. Sebab, di alat berat maupun mesin-mesin lainnya, komponen yang terbuat dari logam tentu akan mudah panas akibat gesekan secara terus menerus. Oleh karena itu, memilih oli yang tepat dapat menjaga suhu mesin tetap stabil dan bekerja dengan baik. Hal ini dimungkinkan dari berkurangnya resiko panas akibat pertemuan antar komponen apabila dilumasi oli, sehingga secara langsung dapat mengurangi panas berlebih pada mesin.

Umumnya, mesin bekerja menggunakan energi panas untuk menggerakan komponen / part yang diputar untuk menghasilkan energi kinetik. Komponen yang berputar tersebut tentu menghasilkan suara / bunyi khas nya mesin yang sedang berjalan. Oli dalam hal ini, juga berperan sebagai peredam suara bising atau noise pada komponen mesin yang berputar dan bergerak, sekaligus mengurangi getaran yang ditimbulkan akibat proses kerja mesin tersebut.

Khusus untuk mesin hidrolik, peran oli juga sangat berpengaruh terhadap kemampuan kinerja komponen berbasis hidrolik tersebut. Dalam hal ini, oli hidrolik merupakan media yang membantu menggerakan part-part hidrolik unit, seperti hidrolik silinder dan lainnya.

Apa Itu Fluida dan Bagaimana Penerapannya pada Mesin Maupun Perkakas?

Akan lebih baik apabila Anda memperhatikan benar spesifikasi mesin industri ataupun peralatan berat Anda sebelum pengaplikasian oli untuk mesin industri. Semoga ulasan di atas mampu membantu Anda dalam memilih oli yang tepat untuk memaksimalkan produktivitas sekaligus mengurangi cost di era new normal ini.

klikMRO hadir sebagai partner industri terpercaya untuk kebutuhan peralatan teknik & industri Anda. Untuk kebutuhan konsultasi industri bersama kami secara gratis, silahkan klik disini.

 

Simak pula pembahasan seputar perawatan mesin industri di era new normal pada talkshow NGOELIK berikut: