Maksimalkan Kebersihan Area Kerja dan Tempat Tinggal Pasca Mudik

0
76

Hari Raya Idul Fitri merupakan sebuah berkah dimana orang-orang dapat berkumpul dengan keluarga dan bersilaturahmi. Namun beberapa orang menghadapi sedikit kesulitan terkait kebersihan lingkup bisnis maupun rumah tangga dikarenakan ditinggal pekerja / karyawan pada hari raya. Alhasil, diperlukan tenaga ekstra untuk bersih-bersih agar tempat usaha tetap bersih dan siap melayani calon pelanggan.

Untungnya di zaman yang serba instan ini, terdapat berbagai alat untuk membantu pekerjaan manusia yang terus dikembangkan. Salah satu di antaranya adalah peralatan yang bisa membantu Anda membersihkan tempat kerja hingga rumah secara cepat dan efektif. Berikut ini ada beberapa alat yang bisa membantu Anda membersihkan kembali tempat bisnis yang sempat tutup pada hari raya:

  1. Vacuum Cleaner

Jangan salah sangka, ini merupakan peralatan rekomendasi utama yang perlu Anda miliki. Menghadapi musim kemarau ini, debu berseliweran dimana-mana sehingga rentan mengotori lingkup kerja bahkan menyebabkan gangguan pernafasan.

Ada beberapa jenis vacuum cleaner yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, Portable Vacuum Cleaner yang berbentuk kecil, cocok untuk lingkup pembersihan di ruang sempit. Meski kecil, namun proses pembersihan dapat dilakukan secara efisien karena memudahkan pengguna untuk dibawa untuk membersihkan debu pada kolong tempat tidur, bawah meja, bawah kursi, belakang mesin, dapur, dan lain sebagainya.

Modena Dry Vacuum Cleaner on klikMRO.com

Dengan bantuan vacuum cleaner, tentunya proses pembersihan ruangan menjadi lebih cepat dan efektif. Sebagai alternatif, Anda tidak perlu menyapu bagian yang sulit terjangkauy. Selain itu dengan bersihnya debu, maka dapat mengurangi  penggunaan masker untuk melindungi wajah dari debu.

Ada juga Wet & Dry Vacuum Cleaner yang tentunya dapat menolong Anda dalam proses pembersihan baik indoor maupun outdoor area. Karena keunggulan dari tipe tersebut dapat membersihkan di permukaan yang basah sekalipun, maka penggunaannya pun lebih beragam.

  1. Kotak Sampah / Karung Sampah

Setelah dibersihkan, tentunya akan ada banyak sampah dan kotoran yang harus dibuang. Untuk itu, Anda memerlukan beberapa karung plastik atau tempat sampah sebagai wadah penampungan sampah sementara.

Tempat Sampah ESE klikMRO.com

Anda bisa menggunakan kantong sampah ukuran besar untuk mempermudah proses penuangan sampah pada area yang sedang dibersihkan. Perlu diperhatikan bahwa Anda disarankan menggunakan kantong sampah berkualitas baik, agar aroma sampah tidak keluar dan pastikan dapat diikat atau ditutup dengan rapat. Selain itu, dengan semakin besar ukuran maka pastikan dinding plastik tidak terbebani hingga robek.

Menghadapi pemanasan global, penerapan kategori sampah sudah diberlakukan di  beberapa tempat di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Akan lebih baik apabila Anda menggunakan tempat sampah recycle yang dibedakan atas 3 kategori sampah, yakni sampah kering, sampah basah, dan sampah daur ulang. Dengan demikian, proses pembuangan sampah menjadi lebih mudah dan membantu pengolahan sampah yang akan didaur ulang oleh dinas kebersihan setempat.

 

Tempat usaha Anda dapat pula menghadirkan pemisahan kategori tempat sampah sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility dalam hal estetika. Hal ini juga dapat meyakinkan pelanggan bahwa tempat usaha Anda memiliki standar yang bagus dan rapi mengikuti gerakan Go Green. Selain itu, kantong sampah biodegradable (dapat terurai) juga sudah banyak digunakan sehingga merupakan opsi dalam gerakan peduli lingkungan.

  1. Peralatan Pel

Permukaan lantai yang sudah disapu dan di vacuum namun belum dipel, tentu akan terasa kurang. Terlebih untuk permukaan lantai yang terbuat dari keramik. Karena itu, Anda membutuhkan peralatan pel yang tidak sekedar untuk membersihkan, namun juga memudahkan penggunaannya.

Beragam cairan pembersih juga mesti disiapkan. Untuk area restoran, cafe, dan perumahan, akan lebih baik kalau beraroma alami, seperti lemon, lime dan aroma pepohonan. Tentu akan membuat lingkup terasa lebih segar, namun jangan pula sampai terlalu banyak aromanya karena dapat mengganggu pewangi ruangan maupun wangi masakan terutama di restoran.

Sekedar tips dalam melakukan pengepelan, agar bersih maksimal, pastikan Anda melakukan pembersihan terlebih dahulu menggunakan sapu maupun vacuum cleaner sebelum melakukan pengepelan.

  1. APD

Ketika hendak membersihkan area, tentunya diperlukan papan tanda untuk memastikan pelanggan maupun karyawan agar tidak terpeleset ataupun terjatuh. Selain itu, apabila sedang membersihkan debu, gunakanlah masker wajah agar terhindar dari debu yang beresiko masuk melalui hidung atau mulut. Hal-hal tersebut mungkin terdengar sepele namun sangat penting. Hendaknya proses pembersihan dilakukan diluar jam operasional agar terhindar dari hal-hal yang tidak mengenakan pelanggan.

Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk proses pembersihan area kerja. Mulai dari sepatu boots, masker, sarung tangan dan lainnya dapat membantu melindungi diri untuk pekerjaan pembersihan yang berat hingga ekstrim.

 

  1. Pengharum Ruangan

Pengharum ruangan sebagai proses finishing / sentuhan terakhir dari pekerjaan pembersihan Anda. Setelah memastikan area sudah benar-benar bersih, maka tidak ada salahnya dijadikan lebih harum pula. Tentunya, Anda bisa menggunakan pengharum ruangan air freshener terbaik agar aroma rumah Anda menjadikan Anda semakin betah di rumah.

Pada akhirnya, aroma yang dipilih juga bersifat natural, disediakan untuk menjamu pelanggan  hingga tamu bisnis yang datang. Aroma yang menenangkan dapat meningkatkan rasa senang dan positif terutama di usaha bidang perhotelan. Tips lain yang dapat Anda pertimbangkan adalah menyetel musik dan menyediakan tissue di setiap meja makan dan meja tamu agar kebersihan tetap terjaga bersama.

Jangan bingung mencari alat-alat di atas! Solusi kebersihan terlengkap dapat Anda temukan di Kinclong Zone by KlikMRO.