Macam-Macam Motor Stepper dan Contoh Penggunaannya

0
2061
CNC drive stepping / stepper motor with NEMA standard flange, used for linear motion of axes in CNC machines like 3D printers and routers on dark background with diffused reflection

Motor Stepper adalah perangkat elektromekanis yang mengkonversi daya listrik menjadi energi mekanik. Juga merupakan brushless, motor listrik sinkron yang dapat membagi rotasi penuh ke dalam sejumlah ekspansif langkah. Posisi motor dapat dikontrol secara akurat tanpa mekanisme umpan balik, selama motor berukuran yang cukup untuk ke aplikasi. Motor Stepper mirip dengan Motor Switched Reluctance.

Motor Stepper menggunakan teori operasi magnet untuk membuat poros motor memutar jarak dengan tepat ketika pulsa listrik disediakan. Stator memiliki delapan kutub dan rotor memiliki enam kutub. Rotor akan membutuhkan 24 pulsa listrik untuk memindahkan 24 langkah untuk membuat satu revolusi yang lengkap. Cara lain untuk mengatakan ini adalah bahwa rotor akan bergerak tepatnya 15 ° untuk setiap pulsa listrik yang diterima oleh motor.

Motor Stepper dibentuk oleh kumparan dan magnet dan menggabungkan poros yang bergerak ketika energi digunakan. Perbedaan antara Motor Stepper dan Motor DC adalah cara porosnya bergerak. Rotor bergerak dengan menerapkan energi ke kumparan yang berbeda sesuai urutan yang telah ditentukan. Motor stepper juga dapat menahan posisi mereka dan menolak rotasi. Macam Macam Motor Stepper. Ada tiga jenis utama motor stepper, antara lain       :

1. Motor Stepper Permanent Magnet

Motor stepper permanent magnet menggunakan magnet permanen (PM) di rotor dan beroperasi pada tarikan atau tolakan antara rotor magnet permanen (PM) dan stator elektromagnet. Rotor tidak lagi memiliki gigi seperti dengan motor VR. Sebaliknya rotor adalah magnet dengan alternating north dan kutub selatan yang terletak di garis lurus, sejajar dengan poros rotor. Kutub magnet rotor ini memberikan sebuah peningkatan intensitas fluks magnetik dan karena itu motor PM menunjukkan peningkatan karakteristik pada torsi lebih dari stepper jenis reluctance.

Motor Stepper Permanent Magnet

2. Motor Stepper Hybrid 

Bernama motor stepper hybrid karena mereka menggunakan kombinasi magnet permanen (PM) dan teknik Variable reluctance (VR) untuk mencapai daya maksimum dalam paket ukuran kecil, dan harga motor stepper ini lebih mahal daripada motor PM. Motor stepper hybrid memiliki kombinasi sifat terbaik dari keengganan variabel dan steppers magnet permanen, sehingga mereka lebih mahal daripada motor PM. Jenis motor stepper hybrid memberikan kinerja yang lebih baik sehubungan dengan tingkat resolusi, torsi dan kecepatan. Rotor dari stepper hybrid adalah multi-bergigi seperti steppers variable reluctance (VR) dan berisi magnet konsentris aksial di sekitar poros nya. Gigi pada rotor ini memberikan jalan yang lebih baik yang membantu memandu fluks magnetik ke lokasi yang disukai didalam airgap. Jenis yang paling umum digunakan dari motor stepper adalah Hybrid dan Magnet Permanen (PM). Para designer lebih menyukai Motor Stepper magnet permanen (PM) kecuali jika proyek mereka memerlukan Motor steppers hybrid, sebab harga Motor Stepper magnet permanen (PM) lebih murah dibandingkan stepper hybrid.

Motor Stepper Hybrid

 3. Motor Stepper Variable Reluctance

Motor stepper jenis Variable reluctance (VR) merupakan jenis stepper yang paling sederhana dari, terdiri dari rotor besi lunak multi-bergigi dan wound strator. Ketika motor DC diterapkan ke gulungan stator, kutub menjadi me-magnetkan. Rotasi terjadi ketika gigi rotor tertarik ke kutub stator yang menimbulkan energi. Karena magnet dari motor stepper variable reluctance lebih kecil dan lebih ringan daripada motor stepper permanent magnet, mereka bergerak lebih cepat. Semakin kecil daerah antara rotor dan gigi stator dari motor stepper jenis variable reluctance (VR), gaya magnet menjadi berkurang.

Motor Stepper Variable Reluctance

Penggunaan motor stepper di Industri  seperti  alat pengukur otomotif dan peralatan produksi mesin perkakas otomatis, pengawasan produk baru untuk industry, didalam scanner medis, samplers, dan juga ditemukan di dalam fotografi digital gigi, pompa cairan, respirator dan mesin analisis darah. Di bidang elektronik konsumen motor stepper di kamera untuk focus kamera digital otomatis dan fungsi zoom. Dan juga terdapat pada aplikasi mesin bisnis, serta computer peripherals.

Baca Juga: Mengenal Beragam Mesin Las di Industri

Referensi:

elprocus.com

robotiksistem.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here