Ketahui Tanda-Tanda Peralatan Operasional Mulai Usang, serta Tips Penggantiannya

0
629

Ketahui Tanda-Tanda Peralatan Operasional Mulai Usang, serta Tips Penggantiannya – Dalam dunia bisnis yang selalu berkembang secara konstan, tuntutan akan peralatan dan perlengkapan pendukung yang memadai juga semakin meningkat. Namun seperti layaknya benda, pasti akan mengalami wear / usang setelah pemakaian lama. Salah satu pertanda bahwa peralatan pendukung operasional usaha telah mulai usang dapat dilihar dari frekuensi kerusakan parts secara terus-menerus, jumlah biaya perbaikan yang semakin mahal, serta sudah tidak sesuai dengan desain sanitasi maupun standar industri yang diperbarui. Apabila peralatan pendukung operasional pada bisnis Anda telah mengalami Hal-hal tersebu, maka sudah waktunya untuk mengganti peralatan demi kelancaran operasional bisnis sebagai investasi kedepannya.

Peralatan pendukung dalam hal ini dapat meliputi peralatan standar dalam kegiatan bisnis ataupun industri, seperti meja, pengait, dumper, tong, rak, dan trolley yang membuat operasional terus berjalan. Dalam banyak kasus, kerusakan yang terjadi mungkin tidak terjadi secara langsung sehingga belum terdeteksi oleh tim operasional terkait. Namun pelemahan struktur komponen yang  tidak terdeteksi ini dapat menimbulkan bahaya khususnya pada saat berjalannya operasional. Jadi, bagaimana Anda tahu kapan saatnya untuk memperbarui peralatan operasional usaha Anda sebelum merusak kegiatan operasional bisnis?

Berikut adalah beberapa pertanda umum yang terjadi pada peralatan pendukung operasional yang sudah mulai rusak, serta waktu yang tepat untuk melakukan penggantiannya:

Alat Teknik lengkap

Slow Season

Iklim bisnis selalu berubah setiap kuartalnya, dan tentunya memiliki beberapa musim lambat, yang dikenal dengan slow season. Slow season adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk memperbarui semua peralatan pendukung operasional usaha, dikarenakan berkurangnya frekuensi operasional apabila dibandingkan dengan high season. Oleh karena itu, downtime yang diperlukan untuk mengidentifikasi peralatan hingga mengganti peralatan baru dapat dengan mudah diselesaikan tanpa mengganggu kegiatan operasional yang cenderung lebih sedikit di musim slow season. Dengan begitu, kegiatan operasional tetap berada di jalur yang telah direncanakan untuk memenuhi target produksi / operasional lainnya.

Peralatan Menunjukkan Keausan atau Kerusakan Fungsi

Semakin banyak frekuensi suatu peralatan digunakan, maka semakin banyak pula potensi keausan komponen yang dapat terjadi. Tanda-tanda seperti muncul bunyi pada suatu bagian penggerak, keausan pada bearing, kerusakan sistem hidrolik pada peralatan lifting, katrol yang mampat, pengait yang sudah kendor, hingga komponen karatan merupakan gejala-gejala awal kerusakan peralatan, sehingga perlu diinspeksi untuk metode penggantiannya. Semakin cepat solusi ditemukan, maka semakin baik pula potensi kelancaran operasional yang akan didapatkan, khususnya menjelang bulan-bulan ramai dengan kegiatan operasional yang tidak dapat terhenti.

Berkurangnya Tingkat Efisiensi Peralatan

Peralatan pendukung operasional seperti pallet dan trolley yang pergerakannya sudah mulai melambat dapat mempengaruhi produktivitas operasional usaha. Sebagai contoh, fungsi dari sebuah hand pallet pada umumnya adalah untuk memudahkan mobilitas barang dan memudahkan pengangkatan barang ke suatu palet kayu untuk selanjutnya disimpan ataupun dikirimkan. Tetapi apabila fungsi angkat dan fungsi roda sudah mulai usang, maka bukan hal yang tidak mungkin peralatan mengalami gagal fungsi hingga mengganggu kemudahan mobilitas, hingga resiko barang terjatuh. Potensi kerusakan ini justru akan mempengaruhi efisiensi waktu dan budget operasional Anda. Oleh karena itu, jika peralatan pendukung tersebut sekiranya sudah tidak memungkinkan bisnis untuk beroperasi secara efisien, maka inilah saatnya untuk menggantinya dengan peralatan yang baru dan lebih efisien.

Penggantian Peralatan Operasional Memerlukan Perlengkapan Pendukung yang Memadai

Setiap adanya rencana penggantian peralatan pemrosesan utama dalam bisnis Anda, ada baiknya pula untuk mengganti / menambah perlengkapan safety khususnya bagi pekerja terkait. Perlengkapan safety yang memadai tidak hanya akan membantu karyawan bekerja secara lebih efisien, tetapi juga meningkatkan sisi keselamatan dan keamanan para pekerja. Selain itu, ada kemungkinan besar bahwa peralatan pendukung lama Anda mungkin tidak terintegrasi semulus peralatan utama yang baru diganti, sehingga beberapa upgrade pada peralatan pendukung lainnya mungkin akan menjamin integrasi yang lebih mulus dan produktivitas maksimal.

Perbedaan Kualitas Peralatan Pendukung

Apabila Anda sudah menambah jumlah peralatan pendukung demi menunjang kebutuhan operasional, maka pertimbangkan juga untuk menginspeksi peralatan pendukung lainnya, terutama apabila alokasi dan fungsi peralatan tersebut dibarengi dengan fungsi peralatan yang lama. Seperti contohnya penambahan kapasitas rak gudang, penggantian trolley barang, serta perubahan spesifikasi hand pallet, dimana perbedaan fungsi dan kualitas sangat mempengaruhi daya tahan peralatan tersebut dan mempengaruhi metode pengoperasiannya. Sebelum melakukan pembelian, manfaatkan pula fitur bulk order untuk mendapatkan harga grosir pada pengadaan peralatan pendukung, sehingga transisi peralatan dari yang lama ke baru semakin efisien dan sesuai budget.

Tips-tips diatas akan membantu Anda dalam mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti peralatan pendukung di lingkup usaha Anda, sebelum berpotensi menyebabkan kerusakan atau gangguan pada operasional rutin perusahaan.

klikMRO sebagai platform pengadaan online terlengkap menyediakan berbagai jenis peralatan pendukung operasional usaha Anda, mulai dari peralatan Material Handling, Storage System, dan kebutuhan MRO lainnya. Temukan kemudahan dalam bertransaksi secara digital khususnya dalam pengadaan B2B bersama kami disini.