Jenis-Jenis Mesin Gerinda beserta Fungsinya

0
15336
manual worker on a workshop with the grinder

Mesin gerinda adalah salah satu mesin perkakas yang digunakan untuk mengasah/memotong ataupun menggerus benda kerja dengan tujuan atau kebutuhan tertentu. Prinsip kerja mesin gerinda adalah batu gerinda berputar bersentuhan dengan benda kerja sehingga terjadi pengikisan, penajaman, pengasahan, atau pemotongan.

Fungsi utama Mesin Gerinda secara umum adalah :

  1. Memotong benda kerja yang ketebalanya yang tidak relatif tebal.
  2. Menghaluskan dan meratakan permukaan benda kerja.
  3. Sebagai proses jadi akhir ( finishing ) pada benda kerja.
  4. Mengasah alat potong agar tajam.
  5. Menghilangkan sisi tajam pada benda kerja.
  6. Membentuk suatu profil pada benda kerja ( baik itu elips, siku, dan lain-lain )

Jenis-Jenis Mesin Gerinda:

  1. Mesin Gerinda Permukaan (Surface Grinding)

Mesin Surface Grinding adalah mesin gerinda yang diperuntukan untuk membuat bentuk datar dan permukaan yang rata pada sebuah benda kerja yang diletakan di bawah batu gerinda yang berputar. Pada umumnya mesin gerinda ini digunakan untuk penggerindaan permukaan yang meja mesinnya bergerak horizontal bolak-balik. Benda kerja dicekam pada meja kerja kemudian digerakkan maju mundur di bawah batu gerinda. Meja pada mesin gerinda datar dapat dioperasikan secara manual atau otomatis yang dapat diatur pada bagian tuasnya. Hasil pengerjaan mesin gerinda permukaan diperuntukan untuk Parallel block, Jangka Sorong, Bed Mesin, dan lain-lain. Prinsip kerja utama dari mesin surface grinding adalah gerakan bolak-balik benda kerja dan gerak rotasi dari tool. Dilihat dari prinsip kerja utama mesin tersebut, mesin gerinda datar secara garis besar mempunyai tiga gerakan utama, yaitu:

1) Gerak putar batu gerinda.

2) Gerak meja memanjang dan melintang.

3) Gerak pemakanan (feeding).

  1. Mesin Gerinda Tangan

Mesin gerinda tangan merupakan mesin yang berfungsi untuk menggerinda benda kerja. Menggerinda dapat bertujuan untuk mengasah benda kerja seperti pisau dan pahat, atau dapat juga bertujuan untuk membentuk benda kerja seperti merapikan hasil pemotongan, merapikan hasil las, membentuk lengkungan pada benda kerja yang bersudut, menyiapkan permukaan benda kerja untuk dilas, dan lain-lain. Mesin Gerinda didesain untuk dapat menghasilkan kecepatan sekitar 11000 – 15000 rpm. Dengan kecepatan tersebut batu gerinda, yang merupakan komposisi aluminium oksida dengan kekasaran serta kekerasan yang sesuai, dapat menggerus permukaan logam sehingga menghasilkan bentuk yang diinginkan. Dengan kecepatan tersebut juga, mesin gerinda dapat digunakan untuk memotong benda logam dengan menggunakan batu gerinda yang dikhususkan untuk memotong.

Tips Memilih Power Tools yang Baik

  1. Mesin Gerinda Duduk

Fungsi utama mesin gerinda duduk adalah untuk mengasah mata bor, tetapi dapat juga digunakan untuk mengasah pisau lainnya, seperti mengasah pisau dapur, golok, kampak, arit, mata bajak, dan perkakas pisau lainnya. Selain untuk mengasah, gerinda duduk dapat juga untuk membentuk atau membuat perkakas baru, seperti membuat pisau khusus untuk meraut bambu, membuat suku cadang mesin jahit, membuat obeng, atau alat bantu lainnya untuk reparasi turbin dan mesin lainnya.

4. Mesin Gerinda Lurus

Fungsi utama mesin gerinda lurus adalah untuk membuat profil atau ukiran pada suatu permukaan benda. Biasanya Gerinda lurus memiliki batu gerinda yang kecil sehingga sangat fleksibel pada saat melakukan pengukiran pada permukaan suatu komponen.

Inilah jenis dan fungsi dari setiap mesin gerinda. Semoga dapat bermanfaat untuk kepentingan Industri anda!

Referensi:

http://blogkegalih.blogspot.co.id/p/kemampuan-menajamkan-alat-potong-dengan.html

http://rama-desa.blogspot.co.id/2011/03/teori-mesin-gerinda.html  

https://www.bersosial.com/threads/pengertian-mesin-gerinda-sebagai-alat-potong-besi-dan-stainless.26757/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here