Seperti kita ketahui, saat ini semua peralatan elektronik semakin canggih dan berkembang. Kita juga melihat bagaimana gadget seperti laptop, ponsel, kamera di dalamnya sudah disematkan dengan teknologi yang semakin mutakhir. Tujuannya cuma satu, mempermudah kerja manusia.

Begitu juga dengan printer, atau mesin cetak. Printer juga terus berkembang, dengan menambah banyak fitur baru. Itu alasan kenapa printer juga harus di-upgrade agar kinerja Anda bisa semakin efektif dan efisien sesuai tuntutan zaman.

Dengan tuntutan zaman yang semakin membutuhkan kecepatan dan ketepatan, maka menggunakan printer dengan teknologi terbaru bisa menjadi pilihan yang cerdas. Apa saja teknologi printer terbaru yang bisa Anda manfaatkan untuk di kantor atau perusahaan? Berikut ulasannya:

  1. Google Cloud Printing

Google Cloud merupakan salah satu fitur yang dimiliki Google, diperuntukkan bagi Anda yang memiliki akun Google / Gmail. Sekarang hampir semua orang, terutama yang memiliki smartphone, tentu memiliki akun Google, bukan? Dengan demikian, Anda bisa juga menyimpan foto di Google Cloud.

Sekarang, Anda sudah bisa melakukan printing langsung dari akun Google Cloud. Caranya, Anda perlu memastikan koneksi printer terhubung dengan jaringan internet. Lalu Anda tinggal memilih foto atau dokumen yang akan dicetak, lalu hubungkan dengan printer yang Anda miliki. Selanjutnya, tinggal print. Hal ini tentu lebih efektif dan efisien, ketimbang Anda harus mengunduh gambar atau dokumennya dulu, baru dicetak.

  1. Force Color Printing
Ilustrasi Printer Color

Beberapa printer zaman sekarang, terutama printer color, memiliki pengaturan warna yang otomatis. Jadinya, printer akan memilih warna terbaik untuk hasil cetak terbaik, namun lebih hemat tinta. Atau bila Anda ingin mencetak dokumen hitam putih, kemudian ada dokumen yang berwarna, maka cetakan akan langsung otomatis hitam putih. Jadinya, lebih hemat tinta warna.

  1. Find Me Printing

Ini fitur baru yang merupakan hal unik yang dimiliki banyak printer zaman sekarang. Contoh fitur ini misalnya ada banyak printer di kantor yang saling terhubung. Maka Anda tinggal memerintahkan atau membuat perintah print dari satu komputer atau satu printer, kemudian seluruh printer yang terhubung akan mencetak atau merilis hasil cetak tersebut.

Tentunya untuk di kantor, apalagi gedung perkantoran dengan banyak lantai, hal ini akan sangat menghemat waktu dan memudahkan kerja Anda. Fitur ini dapat Anda gunakan ketimbang harus mencetak di printer sendiri, lalu mengirimkan file-nya ke orang lain untuk dicetak lagi, dan berulang berkali-kali, sehingga kegiatan tidak efisien.

  1. Secure Printing

Ini merupakan salah satu teknologi teranyar yang disematkan ke dalam printer. Meski sudah diperkenalkan beberapa tahun yang lalu, namun masih belum banyak yang mengetahui kegunaan dari teknologi yang satu ini. Selain itu, sayangnya tidak banyak yang menggunakannya, karena merasa tidak perlu.

Secure Printing secara lugas bisa kita artikan sebagai keamanan printer. Di Indonesia, banyak yang mengira bahwa fitur keamanan dan pengamanan hanya diperlukan untuk laptop / komputer saja sehingga pengamanan tidak perlu dilakukan di printer. Tentu saja, hal itu tidak tepat, karena kerap terjadi kebocoran data dari dokumen yang dianggap penting dari perusahaan, yang dicetak melalui printer tanpa fitur secure printing. Terlebih, apabila jumlah printer yang ada di kantor cukup banyak, dan penggunaan printer dalam sehari cukup tinggi sehingga resiko data bocor meningkat pula. Cara kerjanya adalah dengan mengisi authentication untuk user yang diijinkan, baik menggunakan ID Card kantor maupun IP masing-masing komputer.

Ilustrasi secure printing untuk printer kantor

Dengan teknologi ini, maka Anda bisa melakukan pengamanan sekaligus pelacakan terhadap printer terkait apa saja yang telah dicetak. Tidak hanya itu, hanya orang tertentu saja yang bisa melakukan proses mencetak lewat printer tertentu. Tentunya, proses pencetakan dokumen menjadi lebih rahasia dan terjaga dengan menggunakan fitur ini.

Untuk itu, segera temukan berbagai solusi kebutuhan printer untuk kantor Anda disini.

 

Baca Juga: Fungsi Paper Shredder & Tips Merawat Mesin Penghancur Kertas