Jenis Mesin Pres Hidrolik dan Aplikasinya di Industri

0
5736

Jenis Mesin Pres Hidrolik dan Aplikasinya di Industri – Di berbagai industri, mesin pres hidrolik memainkan peran kunci khususnya pada industri fabrikasi, perakitan, dan pemeliharaan. Mesin ini juga membantu operator dalam menyesuaikan, membengkokkan, dan merakit lembaran logam, suku cadang, bantalan besi, serta peralatan lainnya.

Mesin pres hidrolik (hydraulic press machine) adalah alat yang digunakan untuk menekan material dengan tekanan yang disesuaikan, dan dapat memberikan tekanan hingga berton-ton. Tekanan ini dihasilkan oleh pompa hydrolik untuk mendorong silinder baja ke dalam material dengan gaya yang sudah ditetapkan. Bagian-bagian utama dari sebuah mesin pres hidrolik meliputi:

  • Bingkai / frame baja yang berfungsi sebagai penahan struktur dari energi kolateral hasil dari tekanan hidrolik, umumnya tersedia dalam bentuk yang berbeda-beda sesuai aplikasi pengepresan
  • Meja baja berfungsi untuk menopang obyek saat hendak ditekan dan diatur ulang posisinya agar tetap sejajar dengan posisi obyek pada besi pres
  • Silinder baja hidrolik yang dapat dipanjangkan sesuai jarak penerapan daya tekan pada obyek
  • Pompa hidrolik menggunakan fluida hidrolik untuk menciptakan tekanan yang menggerakkan silinder untuk menghasilkan output gaya tekan sesuai dengan panel pengatur tekanan pada mesin

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pres Hidrolik?
Meskipun ada banyak jenis mesin pres hidrolik yang digunakan di industri, setiap mesin tersebut pada dasarnya bekerja dengan cara yang sama. Mesin pres digerakkan oleh pompa hidrolik, baik secara manual, pneumatik ataupun elektrik tergantung pada aplikasi dan ukuran pengepres. Pompa dalam hal ini membuat tekanan tetap yang menentukan gaya pres dalam satuan ton. Setelah diaktifkan, tekanan yang diciptakan oleh pompa memaksa silinder penekan untuk memanjang. Silinder ini kemudian perlahan turun hingga mengenai obyek material, menekannya dengan gaya yang diatur oleh pompa.

Alat Teknik lengkap

Setelah katup tekanan dilepas, silinder baja kembali naik keatas. Proses ini dilakukan berulang setiap operasional mesin pres. Dalam operasi pengepresan skala besar, pompa juga dapat dioperasikan dengan listrik atau udara untuk mengurangi kebutuhan operator pengepres dalam mengontrol daya tekanan. Operator juga dapat menyetel kebutuhan aplikasi yang berulang tanpa perlu menyetel ulang secara terus-menerus setiap obyek ditekan.

Seperti mesin industri umumnya, mesin pres hidrolik juga memiliki beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan daya tekannya. Pompa yang paling dasar adalah model yang dioperasikan dengan tangan, digunakan untuk pekerjaan pres dengan volume dan daya tekan rendah seperti melipat logam atau menempatkan bantalan besi. Untuk mesin pres pompa tangan, tekanan bergerak sesuai kecepatan daya dari tangan. Sementara pompa yang digerakkan dengan tenaga listrik, udara, ataupun hidrolik dapat memberikan daya tekan yang lebih konsisten dan merata. Sebelum pengoperasian, operator menyiapkan daya tekan / gaya sesuai kebutuhan, posisi dan kesejajaran, serta jarak yang tepat antar obyek material.

Jenis-Jenis Mesin Pres

H-Frame
Mesin pres dengan rangka-H adalah unit mesin lantai yang menggabungkan rangka baja, silinder penekan, pompa, dan penyangga yang dapat digerakkan dan menyerupai bentuk huruf “H”. Mesin pres jenis ini dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk di fasilitas perbaikan ataupun di fasilitas produksi dan perakitan. Mesin pres bingkai-H biasanya dipasangkan dengan pompa tangan untuk aplikasi dengan tingkat volume rendah, ataupun dengan pompa listrik atauoun udara untuk penggunaan yang lebih berat. Ukuran silinder juga dapat bervariasi tergantung pada gaya yang dibutuhkan dan aplikasinya.

Mesin pres hidrolik H-frame di klikMRO.com

Bingkai Roll
Meskipun mirip dengan mesin press bingkai-H, mesin pres bingkai roll memiliki meja yang lebar sehingga dapat menampung obyek besar di bagian bawah bingkai pres. Bergantung pada modelnya, meja atau rangka mesin pres juga dapat bergerak untuk menyesuaikan, sehingga memungkinkan operator dalam mengatur lebih banyak tekanan ketika pengoperasian pada obyek yang keras. Umumnya, dalam memindahkan obyek material ke mesin pres jenis ini, operator menggunakan forklift atau sistem pengangkat overhead untuk mengangkat dan menggeser frame untuk selanjutnya mensejajarkan silinder pres dan obyek. Selain itu, mesin pres bingkai roll ini juga memungkinkan operator dalam menurunkan material secara aman dengan hanya menggeser obyek ke titik tekan, sehingga mengurangi resiko kecelakaan kerja khususnya ketika mengangkat obyek kerja yang besar dan berat.

Bench Frame
Mirip seperti mesin pres bingkai-H, jenis mesin pres ini menggabungkan silinder pres dengan rangka baja. Umumnya mesin pres bingkai bangku (bench frame) berukuran lebih kecil daripada mesin pres bingkai-H, sehingga dapat dengan mudah diletakkan di permukaan meja atau workstation. Selain itu, jenis mesin pres ini menawarkan sisi portabilitas dimana mesin dilengkapi dengan pompa tangan dan silinder yang dapat dilepas. Fasilitas industri dengan kebutuhan aplikasi volume yang lebih tinggi umumnya menggunakan jenis mesin pres ini untuk merakit bearing atau bagian lain dengan cepat, sehingga menghemat waktu dan menghemat ruang jika dibandingkan dengan model rangka-H yang lebih besar. Jenis mesin pres ini juga dapat digunakan untuk pekerjaan fabrikasi dengan volume rendah atau pekerjaan yang lebih kecil seperti membengkokkan bagian logam.

Arbor Press / C-Frame
Arbor press dan C-frame press keduanya memiliki desain yang lebih kecil dan lebih mobile daripada model H-frame yang lebih besar. Mesin press ini menggabungkan rangka baja padat dengan silinder yang dapat dilepas. Perbedaan utama antara pengepres C-frame dengan bench frame terletak di model rangkanya. Model rangka pada mesin pres C-frame dirancang untuk dipasang ke permukaan workstation sudah dilengkapi dengan lubang untuk memudahkan pemasangan menggunakan baut. Walaupun berukuran kecil, jenis mesin ini juga dapat menangani tonase yang lebih tinggi untuk aplikasi pengepresan yang lebih intens.

Meskipun mesin pres hidrolik bekerja dengan cara yang sama, bukan berarti aplikasinya juga sama pula. Mesin pres hidrolik terdiri dari berbagai jenis dan ukuran yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan spesifik pekerjaan Anda. klikMRO menyediakan berbagai alat mesin pres hidrolik untuk menunjang pekerjaan. Dengan sistem B2B Procurement, Anda dapat langsung konsultasi dengan kami mengenai proses pengadaan digital. Dengan fitur B2B unggulan, klikMRO menawarkan kemudahan dalam proses pengadaan yang lebih dinamis, transparan, dan terukur.