Jenis-Jenis Mixer Ini Cocok untuk Usaha Kuliner dan Home Baking

0
74

Jenis-Jenis Mixer Ini Cocok untuk Usaha Kuliner dan Home Baking – Mixer merupakan mesin yang ditujukan untuk mengaduk adonan agar lebih tercampur atau mixed. Bagi usaha kuliner, seperti produsen roti, kue, maupun camilan lainnya, mixer menjadi salah satu alat yang paling sering digunakan. Bahkan, dapat dikatakan bahwa tidak ada usaha kuliner seperti kue dan roti, baik industri besar maupun home industry, yang tidak menggunakan mixer dalam proses pembuatan produk makanannya.

Tentunya penting bagi Anda untuk menggunakan mixer dengan performa sesuai kebutuhan, tahan lama, dan bahan yang berkualitas. Tentunya, hasil dari mixer yang berkualitas apabila dibandingkan dengan mixer biasa akan jauh berbeda. Kualitas adonan dan rasa dari produk kue / roti yang diproduksi juga akan bergantung dengan kualitas dari mesin dan peralatan yang digunakan.

Jenis-Jenis Mixer

Meski sudah memilih mixer yang tepat dan berkualitas, namun hasilnya juga akan kurang maksimal apabila mixer yang digunakan tidak sesuai dengan fungsi dan kebutuhan Anda. Tahukah Anda bahwa mixer dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu? Sehingga masing-masing jenisnya ditujukan untuk pembuatan makanan tertentu.

Dua jenis mixer yang umum digunakan adalah mixer planetary dan mixer spiral. Seperti apa mixer tersebut dan apa perbedaannya? Kemudian, apa saja fungsi dari jenis-jenis mixer tersebut? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

  1. Mixer Planetary
Jenis-Jenis Mixer – FOMAC Doughmaker Machine Planetary di klikMRO.com

Nama planetary diambil dari sistem kerja mixer ini yang mirip seperti sistem perputaran planet di tata surya. Jadi, planet mengelilingi matahari dan berputar terus, sedangkan mataharinya tetap berada di tengah. Sistem perputaran orbit dari planet itulah menjadi inspirasi dinamakannya jenis mixer ini. Cara kerjanya menggunakan beater yang akan mengelilingi mangkuk (bowl) tempat meletakkan adonan. Namun, mangkuknya tidak ikut berputar, karena tetap terpasang di dasar mesin. Jadinya, Anda bisa mengarahkan mangkuk tersebut baik ke atas, maupun ke bawah untuk proses mixing-nya.

Ketika sedang melakukan pengadukan, Anda juga dapat mengarahkan mangkuknya ke mana saja untuk mendapatkan pencampuran yang lebih merata. Selain itu, bagian kepala mixer ini memiliki tiga jenis kepala yang bisa dipasang dan dilepas sesuai dengan fungsinya. 

Salah satu komponen dalam mixer ini adalah beater, bertujuan untuk mengaduk berbagai bahan makanan yang lebih padat seperti tepung, mentega, pastry, dan keju. Sedangkan untuk makanan yang lebih encer, maka bagian kepalanya menggunakan whip. Whip ditujukan untuk pengadukan telur, susu, cream, dan sebagainya. Sedangkan untuk adonan yang lebih kental, maka menggunakan kepala mixer berbentuk spiral yang akan selanjutnya dibahas dibawah ini.

  1. Mixer Spiral 
Jenis-Jenis Mixer – FOMAC Spiral Mixer di klikMRO.com

Jenis mixer yang satu ini memiliki perbedaan di bagian kepala mixer, yakni hook yang berbentuk spiral. Perbedaannya dibandingkan mixer planetary adalah jenis mixer ini juga memutar mangkuk (bowl) bersamaan dengan hooknya. Dalam penggunaannya, jenis mixer ini ditujukan untuk mengaduk adonan yang lebih kental dengan kapasitas yang lebih besar. Oleh karena itu, adonan yang diproses tentunya dapat dilakukan secara lebih mudah dan merata. Kecepatan putaran dapat diatur sesuai dengan preferensi pengguna. Misalnya untuk pencampuran adonan di awal, Anda dapat menggunakan putaran kecepatan rendah, sedangkan untuk pengadukan lain seperti bahan telur, susu dan sebagainya, maka Anda bisa menggunakan kecepatan yang lebih tinggi.

Selain untuk pengadonan bahan makanan yang kental, kelebihan lain dari mixer spiral ini adalah mangkuknya yang berukuran lebih besar dan mudah untuk dilepas pasang. Jadinya, Anda bisa melakukan pengadukan atau pencampuran adonan untuk campuran dengan porsi lebih besar. Mixer satu ini lebih sering digunakan di pabrik roti dan kue. Meskipun bagian hooknya berbentuk spiral, namun hampir semua jenis adonan dapat diproses dengan sempurna.

Dengan berbekal pengetahuan mengenai jenis mixer yang cocok untuk kebutuhan usaha kuliner, maka dapat lebih mudah untuk menentukan mixer mana yang pas untuk menunjang pekerjaan Anda. Perlu diingat bahwa mesin mixer yang hendak digunakan perlu disesuaikan dengan kebutuhan, bergaransi, serta terbukti kualitasnya. klikMRO menyediakan solusi bisnis kuliner rumahan bagi Anda yang ingin memulai usaha saat penerapan PSBB, hingga solusi industri HORECA untuk menunjang produktivitas.