Jenis-Jenis Dongkrak Ini Permudah Pekerjaan Bengkel Otomotif

0
43

Dalam dunia otomotif, dongkrak merupakan alat yang wajib dimiliki oleh bengkel penyedia layanan servis maupun modifikasi mobil dan sepeda motor. Selain itu, dongkrak juga merupakan hal yang wajib dipersiapkan bagi pengendara. Tentunya dongkrak sangat diperlukan terutama di perkotaan yang seringkali mengalami ban kempes akibat paku liar bertebaran di jalanan. Dengan mengenal tipe dongkrak sesuai kebutuhan, Anda dapat memastikan jenis-jenis dongkrak yang efektif untuk digunakan.

Ada 5  jenis dongkrak yang sering digunakan oleh para pengguna mobil dan juga para pengusaha bengkel. Dari ke 5 jenis dongkrak tersebut tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Berikut ini lima jenis dongkrak beserta fungsinya:

  1. Dongkrak Buaya (Trolley Jack)
Dongkrak buaya OMCN

Dongkrak yang satu ini sering dikenal dengan nama dongkrak buaya, dikarenakan kegiatan naik turunnya lengan angkat mirip seperti mulut buaya.

Daya angkat  dongkrak menggunakan sistem hidrolis seperti dongkrak botol, dimana sistem hidrolis ini diperlukan untuk menggerakan lengan angkat ketika mengangkat beban. Keunggulannya yakni alat ini lebih ringan untuk dibawa-bawa, bentuknya  juga memudahkan untuk dipindah-pindahkan lantaran ada 4 roda dibagian bawahnya.

Kekurangannya dongkrak ini memiliki ukuran yang cukup besar. Perlu diperhatikan bahwa tidak dianjurkan untuk diletakkan miring karena dapat mengakibatkan kebocoran pada sistem hidrolis dongkrak ini.

 

  1. Dongkrak Gunting (Scissor Jack)
Dongkrak gunting Krisbow

Tidak jarang pula dongkrak ini dikenal dengan nama dongkrak ketupat karena mirip ketupat yang berbentuk hexagonal.

Dongkrak gunting biasanya telah tersedia di mobil sebagai perlengkapan standar ketika pembelian. Penggunaannya adalah memutar poros ulir bersamaan dengan tongkat engkol. Putaran tersebut yang bakal menimbulkan daya angkat. Untuk menaikkannya, Anda harus memutar poros sejalan jarum jam dan untuk menurunkan, Anda harus memutar ke arah sebaliknya.

Keunggulan dari dongkrak ini yakni harga yang lebih terjangkau. Selain itu, resiko kerusakan sangat kecil dan juga ukuran dongkrak lebih portable sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan

Kekurangan dongkrak ini adalah membutuhkan tenaga manual untuk memutar porosnya dan posisi untuk memutarnya pun cenderung kurang nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa pihak telah memodifikasi dongkrak gunting ini yang pengoperasiannya menggunakan energi listrik untuk menggerakan poros ulir.

 

Tergiur Usaha Bengkel Motor? Siapkan Peralatan-Peralatan Wajib Ini untuk Memulainya!

 

  1. Dongkrak Botol (Bottle Jack)
Bottle Jack by Facom

Dikenal dengan nama dongkrak botol lantaran wujudnya seperti botol. Dongkrak ini memakai sistem hidrolis untuk mengangkat beban berat.  Jadi apabila Anda ingin menggunakannya untuk mengangkat mobil, hanya tinggal memompanya menggunakan tuas yang telah tersedia. Sedangkan apabila Anda ingin menurunkannya Anda tinggal mengendorkan katupnya saja.

Dengan sistem hidrolis, tentu Anda tidak perlu memutar poros apapun sehingga mengangkat mobil akan terasa lebih ringan dibadingkan menggunakan dongkrak gunting. Kekurangan dongkrak botol ini selain harganya lebih tinggi, juga rawan akan kebocoran oli hidrolis apabila penggunaan tidak hati-hati.

Untuk dongkrak botol ini tersedia dalam berbagai jenis ukuran, mulai dari kapasitas 2 ton hingga 27 ton. Untuk bengkel yang mengerjakan mobil pribadi, cukup dengan menggunakkan dongkrak botol dengan ukuran 2 ton saja. Dan untuk pengerjaan kendaraan berat seperti truk, maka diperlukan kapasitas sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Dongkrak Transmisi (Transmission Jack)
Dongkrak transmisi Krisbow

Sesuai dengan namanya, dongkrak transmisi merupakan dongkrak yang digunakan untuk menyangga transmisi ketika akan menurunkan / memasang transmisi pada kendaraan saat kendaraan dinaikkan dengan car lift. Dongkrak transmisi ini termasuk ke dalam jenis dongkrak hidrolik.

 

  1. Dongkrak Botol Buaya (Air Hydraulic Floor Jack)

Dongkrak jenis ini menggabungkan kemudahan antara dongkrak botol dan dongkrak buaya. Dari segi keunggulan, dongkrak ini mempunyai kapasitas yang sangat  besar dan mudah dipindahkan. Tersedia beberapa jenis ukuran mulai dari kapasitas  22 ton, 35 ton, dan 50 ton.

 

Tips Memilih Dongkrak Sesuai Kebutuhan

Bagi Anda pengguna kendaraan pribadi disarankan menggunakan dongkrak buaya ataupun dongkrak gunting , karena bisa digunakan dalam segala kondisi serta mudah untuk pengoperasiannya. Untuk Anda yang memiliki usaha bengkel otomotif, perhatikan beban target kendaraan Anda dan pastikan menggunakan dongkrak yang memudahkan pekerjaan. Rekomendasinya adalah menggunakan dongkrak hidrolik sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

 

Inilah Peralatan Material Handling yang Biasa Digunakan di Industri