Jenis dan Tipe Mata Gerinda untuk Kebutuhan Grinding

0
85

Mesin gerinda merupakan salah satu mesin perkakas yang digunakan untuk mengasah, memotong, ataupun menggerus benda kerja dengan tujuan atau kebutuhan tertentu.  Untuk melakukan poekerjaan tersebut, tentu diperlukan dengan yang namanya Mata Gerinda.

Mata gerinda / grinding wheel merupakan alat berupa piringan yang dipasangkan pada mesin gerinda. Prinsip kerjanya adalah mata gerinda berputar dan bersentuhan dengan benda kerja sehingga terjadi pengikisan, penajaman, pengasahan, atau pemotongan.

Jenis-Jenis Mesin Gerinda beserta Fungsinya

Dalam proses pekerjaannya, terdapat jenis-jenis mata gerinda / grinding wheel sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini jenis mata gerinda beserta fungsinya:

  1. Mata Gerinda Fleksibel (Flexible Disc)

    Flexible Grinding Wheel by iPrix

Mata gerinda jenis ini berfungsi sebagai alat pemotong atau pengikis bahan logam dengan permukaan yang relatif sempit. Dengan desain khusus, mata gerinda jenis ini sangat cocok untuk mengikis benda logam yang membutuhkan ketelitian lebih pada permukaan sempit.

Namun di sisi lain, mata gerinda fleksibel ini kurang efisien untuk memotong benda logam karena hasil potongan akan lebih lebar dan sedikit tidak rapi. Disarankan untuk kebutuhan memotong, maka gunakanlah mata gerinda potong.

 

2. Mata Gerinda Berlian (Diamond Grinding Wheel)

Diamond Grinding Wheel by Krisbow

Mata gerinda berlian memiliki lapisan berlian / diamond pada permukaannya. Hal tersebut bertujuan agar dapat memotong / mengikis benda yang umumnya memiliki tingkat kekerasan yang lebih keras daripada besi. Jenis ini cocok untuk pekerjaan grinding pada batu, semen, marbel / granit, dan sebagainya.

Mengapa diperlukan adanya diamond? Karena diamond memiliki tingkat kekerasan paling tinggi diantara yang lainnya. Diamond digabungkan ke permukaan mata gerinda, sehingga pemotongan terhadap benda keras akan jauh lebih mudah dilakukan dan rapi.

Namun jangan panik dulu karena mendengar nama diamond / berlian ini, karena harga yang ditawarkan tidak setinggi yang dibayangkan lho. Harga tergantung seberapa banyak komposisi diamond pada mata gerinda tersebut.

 

3. Mata Gerinda Potong (Cutting Wheel Disc)

Metal-cutting Disc by Bosch

Mata gerinda potong berfungsi sebagai alat pemotong bahan yang keras maupun lembut. Benda–benda yang dapat dipotong antara lain:

  1. Baja
  2. Besi midsteel
  3. Stainlees steel

Hasil potongan dari metal-cutting disc ini cukup rapi dan tipis, sehingga cocok untuk kebutuhan pemotongan logam.

 

 

4. Mata Gerinda Asah (Grinding Wheel Disc)

Grinding Wheel by Norton

 

Sesuai dengan namanya, mata  gerinda  jenis ini sangat umum digunakan untuk keperluan mengasah. Selain itu, jenis ini juga berfungsi sebagai  alat  pengikis  permukaan logam , baik pada permukaan besi, baja, maupun stainless steel.

 

 

 

5. Ampelas Gerinda

Flap Disc by Taiyo

Ampelas gerinda terbagi menjadi dua macam, yakni:

  1. Flap Disc
  2. Fibre Disc

Fungsi dari alat ini adalah untuk mengikis / memoles permukaan logam maupun permukaan kayu. Ampelas ini juga berperan penting bagi Anda yang bekerja sebagai pengrajin kayu dan mebel.

Hal tersebut dikarenakan ampelas gerinda cocok digunakan sebagai finishing pada permukaan yang Anda buat agar lebih rapi dan mulus.

 

7. Sikat Gerinda (Dish Grinding Wheels)

Dish Grinding Wheels by Union

Fungsi dari  sikat  gerinda  ini adalah sebagai  pembersih permukaan kayu maupun logam yang telah dikikis ataupun dipotong. Alat ini sangat cocok untuk membersihkan serbuk-serbuk halus yang menempel pada permukaan.

Selain itu aplikasi sikat gerinda ini juga cocok untuk membersihkan karat maupun kerak yang diakibatkan oleh proses oksidasi pada permukaan logam.