Jenis Bahaya dan Pedoman Keselamatan dalam Menggunakan Generator Portable

0
322

Jenis Bahaya dan Pedoman Keselamatan dalam Menggunakan Generator Portable – Seperti yang kita ketahui, bahwa penggunaan generator sudah tidak lagi asing khususnya di era serba tenaga listrik ini. Memang generator mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan di tempat yang jauh dari akses listrik, hingga menawarkan cadangan listrik khususnya ketika sedang mati listrik. Dalam dunia industri, generator heavy duty kerap menjadi penyelamat downtime terutama dalam menjaga kelancaran proses produksi dan berjalannya mesin. Selain itu, di lokasi konstruksi generator berukuran portabel juga seringkali digunakan untuk menyalakan lampu dan peralatan kerja seperti gergaji mesin, bor listrik, kompresor, dan peralatan lainnya. Generator portabel pada umumnya mudah dioperasikan, tetapi penting bagi Anda untuk tetap mengikuti beberapa praktik keselamatan sederhana yang dapat membantu mencegah potensi bahaya, yang meliputi bahaya karbon monoksida, sengatan listrik, hingga bahaya kebakaran.

Jenis Bahaya dan Pedoman Keselamatan dalam Menggunakan Generator Portable – Loncin Generator di klikMRO.com

Bahaya Karbon Monoksida
Karbon monoksida merupakan gas  buang dari hasil pembakaran, seperti mesin kendaraan, mesin pesawat, mesin generator, hingga mesin apapun yang menggunakan minyak sebagai bahan bakarnya. Umumnya, gas buang karbon monoksida dapat meningkat apabila mesin tidak beroperasi dengan benar, ataupun akibat kerusakan komponen pada mesin. Hal ini menyebabkan tingkat karbon monoksida yang dihasilkan menjadi lebih tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa sifat karbon monoksida adalah tidak berwarna dan tidak berbau, dan dapat menyebabkan berbagai penyakit pernafasan hingga keracunan akibat paparan tinggi. Gejala keracunan karbon monoksida termasuk sakit kepala, mual, pusing, dan kelelahan. Gejala-gejala ini bisa disalahartikan sebagai pilek, flu atau penyakit lainnya. Jika Anda atau siapa pun di area di mana generator portabel sedang beroperasi dan mulai merasa sakit atau mengalami gejala keracunan karbon monoksida, segera tinggalkan area tersebut dan cari bantuan medis.

Ikuti langkah-langkah berikut saat menggunakan generator portabel untuk membantu mencegah keracunan karbon monoksida:

  1. Jangan pernah menggunakan generator portabel di dalam ruang tertutup ataupun ruangan mini ventilasi, termasuk di dalam area gedung dengan jendela terbuka atau di garasi dengan pintu terbuka.
  2. Jangan menjalankan generator di dekat jendela, pintu, atau ventilasi ruangan tertutup karena dapat menghambat sirkulasi udara, dan menyebabkan gas buang yakni karbon monoksida justru terakumulasi di ruangan tersebut.
  3. klikMRO merekomendasikan untuk menempatkan generator portabel di udara terbuka setidaknya 5 meter dari pintu, jendela atau ventilasi. Jika Anda menggunakan generator portabel untuk daya listrik cadangan di rumah / tempat tinggal, maka sebaiknya rencanakan beberapa hal berikut dalam membantu meminimalisir bahaya:
    -Pasang detektor karbon monoksida bertenaga baterai untuk mendeteksi tingkat karbon monoksida
    -Pastikan Anda memiliki kabel generator atau kabel ekstensi dengan panjang setidaknya 5 meter dari area indoor terdekat
    -Penempatan generator portabel ke lokasi yang terlihat oleh mata. Bila perlu tambahkan gembok rantai dan kunci untuk membantu mencegah pencurian generator portabel.
Alat Teknik lengkap

Bahaya Sengatan Listrik
Penggunaan generator portabel untuk memasok daya listrik memerlukan sakelar listrik atau perangkat interlock yang sesuai dengan kode pada mesin generator, dan dihubungkan dengan benar ke panel listrik struktur. Dalam menghubungkan generator ke sistem kelistrikan tentunya terdapat bahaya seperti sengatan listrik. Untuk itu, berikut adalah langkah-langkah untuk membantu mencegah sengatan listrik:

  1. Sambungkan peralatan ke generator secara langsung atau menggunakan kabel ekstensi  bercabang yang memiliki nilai arus listrik atau watt yang sesuai dengan batasan ampere generator.
  2. Gunakan Ground Fault Circuit Interrupter (GFCI), yang membantu mencegah sengatan listrik terutama dalam kondisi lembab seperti hujan, dengan memutus daya secara langsung setelah pendeteksian arus listrik mulai keluar dari jalur listrik. Perangkat GFCI dapat diintegrasikan ke dalam kabel ekstensi yang lebih panjang.Umumnya GFCI digunakan pada generator bangunan ataupun yang berukuran besar, karena umumnya penempatan di area outdoor dan berpotensi terkena cipratan air hujan.
  3. Pastikan generator ditempatkan dengan benar sesuai dengan petunjuk dan panduan pada produk, seperti di tempat datar / tidak miring.
  4. Jaga agar generator tetap kering. Jangan gunakan generator jika tangan Anda basah atau terdapat genangan di sekitarnya.
  5. Nyalakan dan matikan mesin generator ketika tidak ada peralatan listrik yang sedang terhubung.

Bahaya Kebakaran
Seperti halnya mesin lainnya, generator portabel juga dapat menjadi panas saat dioperasikan, sehingga perlu waktu interval dalam setiap penggunaannya sesuai petunjuk manufaktur. Berikut ini adalah upaya pencegahan kebakaran saat menggunakan mesin generator portabel:

  1. Jangan mengisi bahan bakar generator saat sedang berjalan atau saat mesin panas.
  2. Jangan mengisi tangki bahan bakar secara berlebihan. Berikan ruang sisa dalam tangki untuk bahan bakar yang mengembang akibat panas.
  3. Jangan meletakkan apa pun yang mudah terbakar di dekat generator saat sedang beroperasi.
  4. Pastikan generator memiliki jarak lega sekitar 1-2 meter di sekelilingnya. Hal ini akan membantu pendinginan mesin dan juga memungkinkan ventilasi udara ke mesin.
  5. Biarkan generator mendingin sebelum memindahkannya ke dalam ruangan untuk disimpan.
  6. Jangan merokok atau melakukan pekerjaan yang menimbulkan percikan api di dekat generator atau bahan bakarnya.

Tips Aman dalam Pengoperasian Generator
Selalu baca dan ikuti instruksi pada buku manual dan di label yang tertera pada generator. Sebelum menggunakan generator, periksa juga apakah ada kerusakan pada saluran bahan bakar, seperti kebocoran ataupun longgar. Periksa juga kabel ekstensi agar selalu tertutup rapat dan tidak tertekuk ketika dilepas pasang.

Generator portabel memudahkan penempatan di lokasi-lokasi yang sulit diraih dari sumber listrik. Namun jenis generator yang digunakan tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan, mulai dari tenaga watt, jenis bahan bakar, serta merk dan garansi dari mesin generator itu sendiri. klikMRO sebagai B2B E-Commerce memudahkan pengadaan berbagai kebutuhan produk MRO melalui website klikMRO.com. Temukan dan konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami disini.