Jaga Aset Usaha Anda! Ini Pentingnya Pengadaan CCTV di Lingkup Kerja

0
161

Kenyamanan merupakan salah satu kebutuhan utama setiap orang. Setelah Anda meninggalkan kantor dan pulang ke rumah, tentunya Anda ingin beristirahat dengan nyaman, bukan? Jangan sampai Anda mengkhawatirkan aset kantor ataupun aset pabrik / gudang Anda.  Terlebih untuk Anda yang memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak, maka tingkat kekhawatiran mungkin meningkat. Tentunya, Anda tidak berharap pencurian  materil dokumen-dokumen penting terjadi pada bisnis Anda bukan?

Selain pencurian, juga sering terjadi tindakan vandalisme atau pengrusakan. Biasanya yang umum terjadi adalah ketika jam kerja sudah selesai, apakah lingkup tempat bisnis Anda dipergunakan sebagai hal lain? Misalnya dijadikan lapangan permainan oleh anak-anak kecil, maupun tempat nongkrong para preman. Apabila terjadi hal buruk, maka Anda perlu mengeluarkan uang untuk memperbaikinya.

Untuk itulah diperlukan CCTV  (Closed Circuit Television). CCTV bertindak seperti security, yang dapat merekam area bisnis Anda baik secara Live Recording ataupun disimpan ke memory. Jadi seandainya terjadi pengrusakan, pencurian dan sebagainya, Anda akan segera mendapatkan informasi siapa pelaku tindakan tersebut sehingga mempermudah langkah Anda untuk mencegahnya. Bagi Anda yang memerlukan pemantauan nonstop dan awet, KlikMRO menawarkan CCTV berkualitas dengan spesifikasi terbaik yang dapat Anda temukan  disini.

Jenis Kamera CCTV

Ada beberapa jenis kamera CCTV yang dikenal di pasaran. Tentunya, masing-masing jenis kamera memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Namun jangan teritpu hanya dengan bentuknya, sebab dengan bentuk yang sama, beberapa CCTV menawarkan spesifikasi lebih. Berikut adalah beberapa jenis kamera CCTV yang paling populer dan paling sering digunakan baik untuk gedung perkantoran, gudang, maupun pabrik:

1. Pan Tilt Zoom

CCTV jenis ini sering disebut dengan kamera PTZ. Kamera ini bisa bergerak dengan leluasa serta bisa melakukan zooming terhadap gambar atau objek yang disorot. Karena bisa menyorot ke semua tempat dan semua arah, maka kamera satu ini sering digunakan di tempat yang lebih luas dan outdoor atau luar ruangan. Tempat seperti area parkir luar maupun outdoor area biasanya memerlukan kamera jenis ini.

2. CCTV Dome

Seperti namanya “dome” yang berarti kubah, kamera ini memang berbentuk seperti kubah terbalik. Meski camera tidak dapat diputar, namun daya tangkapnya luas. Pemasangan camera jenis ini biasanya dipasang di sudut atas ruangan untuk menyorot seluruh ruangan dengan baik.

Meski demikian, CCTV jenis dome adalah CCTV yang hanya cocok untuk lingkup indoor, termasuk ruangan indoor yang luas sekalipun. Akan kurang cocok apabila diletakkan di area outdoor.

3. CCTV Box

CCTV yang satu ini kelebihannya adalah mampu zoom berkali-kali sampai ke yang bagian kecil sekalipun. Dengan demikian, tipe ini dapat merekam video secara lebih detail.

Awal jenis CCTV Box ini kurang kuat digunakan pada malam hari maupun dalam ruangan dengan pencahayaan yang kurang. Itu sebabnya, CCTV Box sekarang biasanya sudah ditanamkan dengan teknologi infrared agar gambar lebih terang ketika cahaya kurang.

4. Day and Night

Teknologi ini mampu digunakan baik pada malam hari maupun siang hari. Tidak hanya itu, range yang dapat diambil juga lebih luas. Teknologi Day and Night ini sudah umum ditanamkan pada jenis CCTV yang berbeda-beda.

5. CCTV Bullet

Bentuknya jauh lebih kecil dan bisa diselipkan di mana saja. Kamera CCTV Bullet ini cocok digunakan sebagai alat pantau terhadap aktivitas mencurigakan yang sering terjadi di tempat Anda. Kemampuannya dapat merekam gambar dalam cahaya minim sekalipun.

6. IP Cam

Teknologi IP Cam cenderung memiliki resolusi gambar yang jauh lebih tinggi. Hanya saja, untuk instalasinya memerlukan jaringan kabel dan sebagainya. Kelebihannya adalah CCTV jenis ini dapat dipantau menggunakan komputer, hanya perlu menuliskan IP CCTV tersebut dan secara langsung akan memunculkan gambar rekaman live.

7. Wireless

Sebagaimana namanya, kelebihan teknologi CCTV ini adalah tidak memerlukan kabel. Dihubungkan melalui sinyal internet yang menggunakan transmisi data dan biasanya berbasis IP. Mirip seperti CCTV IP Cam namun menawarkan kelebihan tersendiri, yakni dapat diakses via mobile phone maupun device lain yang memiliki akses ke IP camera tersebut.

Nah, itu tadi jenis-jenis CCTV yang bisa Anda pergunakan di tempat usaha Anda untuk berjaga-jaga. Tentunya, jenis CCTV yang akan digunakan sebaiknya disesuaikan  dengan keperluan dan situasi di tempat kerja Anda. Selain itu, dengan memahami beberapa jenis CCTV dapat memudahkan Anda untuk mempertimbangkan keamanan lebih untuk lingkup usaha Anda.

Ini Alasan Kenapa Anda Harus Menyiapkan UPS di Kantor

Referensi:

cctvman.co.id

amanah-csi.blogspot.com