IoT Kini Merambah ke Penggunaan APD Sebagai Langkah Inovasi Kreatif

0
50

IoT Kini Merambah ke Penggunaan APD Sebagai Langkah Inovasi Kreatif – Berkat antusiasme para pelaku industri dalam mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas pekerja, serta penurunan angka kecelakaan kerja, telah mendorong pengembangan perangkat pintar yang dapat dikenakan di lingkungan industri.

Seiring kemajuan teknologi dan globalisasi, kini kita semua hidup di dunia yang selalu terhubung dan didorong oleh data. Pertumbuhan internet consumer maupun peningkatan penggunaan smartphone dari tahun ke tahun, telah menimbulkan banyaknya kebutuhan akan ketersediaan data yang berkelanjutan. Perubahan ekspektasi konsumen ini juga berpengaruh pada peningkatan permintaan untuk smart / connected product.

Internet of Things, atau IoT, menjawab tuntutan tersebut dengan mempermudah aktivitas manusia dengan fitur canggih guna meningkatkan efisiensi. Selain perkenalan teknologi gadget terbaru, kebutuhan akan hal yang lebih instan dan terintegrasi telah mendorong pelaku industri untuk melakukan inovasi. Di dalam lingkup industri yang sudah menerapkan IoT, data dan konektivitas merupakan kunci utama dalam keberhasilan penerapan teknologi untuk mencapai goals serta meminimalisir resiko.

Setiap tahun semakin banyak perusahaan yang mengadopsi sensor untuk mendukung konektivitas demi meningkatkan value dan produktivitas. IoT tidak hanya sekedar tentang data, namun juga untuk solusi keamanan yang lebih baik serta penghematan biaya jangka panjang melalui pencegahan kecelakaan kerja dan pemantauan produktivitas yang terintegrasi. Selain itu, Smart PPE juga memudahkan pemantauan langsung dan monitor kondisi fisik pekerja, juga berguna untuk mempermudah komunikasi terutama dalam lingkungan kerja yang ekstrim.

Teknologi IoT kini sudah hadir sebagai Smart PPE melalui alat pelindung diri (APD). Untuk memastikan keselamatan pekerja, tujuan dari teknologi IoT ini adalah untuk menyediakan APD dan peralatan keselamatan lainnya yang tidak hanya sesuai dengan peraturan, tetapi juga benar-benar untuk meningkatkan perlindungan dengan cara mengurangi risiko, dan bahkan mencegah cedera di tempat kerja.

 

IoT Kini Merambah ke Penggunaan APD Sebagai Langkah Inovasi Kreatif – Ilustrasi APD pintar yang selalu terhubung ke Data Cloud

Jenis-Jenis Sistem yang Terintegrasi dengan Peralatan APD

Teknologi IoT memang masih merupakan hal yang cukup baru di Indonesia, meskipun beberapa industri sudah menerapkan penggunaan sensor dalam proses kerja mereka. Salah satunya adalah penyematan teknologi IoT di APD. Berikut adalah contoh-contoh penerapan teknologi IoT pada Smart PPE:

  1. Sistem GPS: penggunaan sensor lokasi / GPS Tracker pada APD berguna untuk mengidentifikasi lokasi setiap pekerja, khususnya pada area kerja yang luas.
  2. Sistem komunikasi: penggunaan chip berupa mic & voice record dapat disematkan dalam helm kerja, penutup telinga, serta masker wajah menyediakan komunikasi yang cepat dan efektif di lingkungan yang bising maupun lingkungan dengan tingkat visibilitas rendah.
  3. Sistem keamanan mesin / sumber energi: dapat berupa penggunaan Smart Log Out Tag Out untuk sistem penguncian energi secara otomatis, serta sarung tangan pintar yang terintegrasi dengan ID Card untuk menghindari penyalahgunaan mesin oleh teknisi lain.
  4. Sistem deteksi: Smart PPE menggunakan beragam jenis sensor dalam menunjang keselamatan pekerja. Mulai dari sensor deteksi gas, kimia, sensor temperatur, sensor ultrasonic, sensor jarak, hingga heart rate monitor untuk memantau lingkungan eksternal serta kapabilitas pekerja dalam melakukan pekerjaan berat. Hal ini juga membantu untuk memperingatkan pekerja akan potensi bahaya eksternal untuk segera melakukan langkah-langkah pencegahan serta pengiriman informasi secara real-time kepada supervisor

 

IoT Kini Merambah ke Penggunaan APD Sebagai Langkah Inovasi Kreatif – Ilustrasi penyematan sensor ke dalam safety workwear untuk memonitor pekerja

Dari sistem-sistem tersebut, perusahaan / pelaku industri memegang penuh kontrol dan kustomisasi terhadap Smart PPE yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa informasi mengenai penggunaan Smart PPE:

  • Pakaian APD pintar sudah digunakan di beberapa industri energi, seperti tambang minyak dan gas untuk memantau suhu pengguna. Hal ini untuk memastikan suhu pekerja tidak terlalu panas sehingga berpotensi menimbulkan hipotermia.
  • Dalam memerangi virus COVID-19, beberapa perangkat pintar sedang dikembangkan untuk mendukung penerapan Social Distancing di lingkup kerja. Melalui sensor jarak yang disematkan dalam APD pekerja, sistem dapat memperingatkan pengguna untuk mengambil jarak aman apabila ada pekerja dengan posisi yang berdekatan.
  • Teknologi sensor suhu, detak jantung, dan tingkat oksigen yang disematkan pada APD tenaga medis, memberikan kemudahan pemantauan kondisi tenaga medis itu sendiri. Hal ini berguna untuk memantau pada pekerja medis yang mulai kelelahan, sehingga pihak pemberi kerja dapat melakukan langkah-langkah yang diperlukan.
IoT Kini Merambah ke Penggunaan APD Sebagai Langkah Inovasi Kreatif – Contoh penggunaan sensor ID dan perangkat komunikasi pada Safety Vest

Penerapan Smart PPE pada peralatan safety dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas melalui konektivitas, pemantauan langsung, serta mempermudah komunikasi jarak jauh. Sensor yang disematkan dapat mengotomatisasikan proses kerja yang sebelumnya dilakukan secara manual. Salah satu contohnya adalah penggunaan tabung oksigen dalam industri pertambangan, dimana sensor secara aktif bekerja untuk mendeteksi kebocoran pada tabung, ataupun perubahan suhu lingkungan. Ketika ada suatu kebocoran terdeteksi, sistem akan mengirimkan peringatan langsung ke supervisor ataupun ruang kontrol. Sensor tersebut bekerja dengan konektivitas ke aplikasi / software tertentu melalui pendistribusian data di cloud, sehingga menciptakan proses kerja yang lebih aman, menghemat waktu, serta mengurangi resiko biaya akibat faktor yang tidak terduga.

klikMRO secara aktif mendukung implementasi IoT terutama dalam hal penerapan Smart PPE, melalui penyediaan perangkat sensor dan peralatan safety terlengkap. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami secara gratis disini.

Peran dan Jenis Sensor dalam Mendukung Otomatisasi Industri