Inilah Mesin-Mesin Jaman Now untuk Mengamplas Permukaan Kayu

0
376

Pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan kayu atau wood working membutuhkan ketelitian dan kerapian. Misalnya saja pada tahapan menghaluskan kayu atau pengamplasan yang dilakukan sebelum tahap finishing. Hasil pekerjaan pengamplasan yang baik akan membuat hasil akhir produk kayu semakin tinggi pula kualitasnya. Dalam berkembangnya industri woodworking, tersedia mesin-mesin amplas yang membantu proses pengamplasan berjalan lebih cepat dan dengan hasil yang rapi. Untuk itu, yuk kenali jenis-jenis mesin amplas kayu berikut:

  • Mesin belt sander

Khususnya untuk menghaluskan bidang yang besar, tersedia mesin amplas jenis belt sander. Mesin ini dirancang dengan kecepatan tinggi dan menggunakan kertas amplas khusus berbentuk seperti sabuk. Dengan kecepatan yang tinggi, mesin belt sander mampu menghaluskan atau mengamplas permukaan kayu yang kasar dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis mesin amplas lainnya.

Hitachi belt sander with variable speed adjustment

Mesin belt sander cocok digunakan untuk menghaluskan permukaan sambungan kayu, menghaluskan permukaan kayu yang tipis dan juga menghaluskan permukaan kayu yang susah untuk diserut. Selain itu mesin belt sander dapat pula dipakai untuk menghilangkan atau mengikis cat lama pada permukaan kayu. Misalnya saja untuk perabotan-perabotan antik yang hendak diperbaharui tampilannya. Di pasaran biasanya tersedia dua tipe mesin belt sander yakni mesin belt sander 3” untuk pekerjaan ringan dan mesin belt sander 4” yang lebih tangguh untuk pekerjaan berat.

  • Mesin orbital sander

Mesin orbital sander termasuk dalam kategori mesin hand sander atau mesin amplas tangan sebab alat ini digerakkan dengan tangan. Karena itu pula dibutuhkan orang yang terampil dan berpengalaman untuk mendapatkan hasil pengamplasan yang berkualitas. Mesin orbital sander dilengkapi dengan satu pad berbentuk disk atau cakram untuk menempelkan kertas amplas. Disk nantinya akan berputar saat mesin dijalankan untuk melakukan pengamplasan.

Dewalt orbital sander

Mesin orbital sander secara khusus disediakan untuk menghaluskan sudut-sudut kayu, pengamplasan kayu ringan atau finishing ringan, menghaluskan lapisan pernis atau cat yang sudah kering, dan mengamplas dempul kayu yang sudah mengeras. Mesin ini menggunakan amplas lembaran dengan ukuran 9 x 11 inchi.

Mesin orbital sander umumnya dipakai sesudah proses pengamplasan dengan menggunakan mesin belt sander. Tujuannya untuk menghilangkan bekas pengamplasan atau jejak mesin belt sander. Mesin orbital sander ini juga akan menghaluskan permukaan kayu dengan grade yang lebih tinggi.

Mesin orbital sander memang tidak bekerja secepat mesin belt sander. Tetapi justru dengan kecepatan yang lebih rendah tersebut, proses pengamplasan bisa dikontrol sehingga setiap bagian permukaan kayu benar-benar tersentuh dengan baik. Dengan mengkombinasikan penggunaan mesin belt sander dan mesin orbital sander ini akan diperoleh hasil penghalusan yang benar-benar berkualitas.

Mesin ini tidak hanya digunakan oleh para pengrajin kayu skala kecil saja. Para pelaku industri kayu juga masih menggunakan mesin orbital sander untuk mengerjakan tahapan touch up sanding atau final sanding. Pada tahapan tersebut mesin hand sander digunakan untuk mengamplas bagian-bagian produk kayu yang tidak dapat dijangkau atau terlewati oleh mesin-mesin amplas besar.

  • Mesin drum sander

Krisbow drum sander

Mesin amplas ini dilengkapi dengan drum yang berfungsi untuk menempatkan sabuk amplas. Mesin drum sander ini bisa digunakan untuk menghaluskan bagian-bagian produk kayu yang datar dan juga pengamplasan benda-benda kayu berukuran kecil yang kompleks. Drum juga bisa ditukar dengan pad lentur sehingga bisa digunakan untuk mengamplas benda-benda kecil atau permukaan benda yang melengkung.

Selain mesin amplas, tentunya pemilihan amplas yang tepat juga akan mendukung hasil pekerjaan pengamplasan. Pilih nomor amplas yang sesuai dengan kebutuhan. Nomor amplas ini menunjukkan ukuran kepadatan pasir pada amplas. Amplas dengan nomor kecil menunjukkan tingkat kekasaran amplas yang tinggi. Sementara amplas dengan nomor yang besar menunjukkan tingkat kehalusan amplas yang tinggi. Amplas bernomor kecil biasanya dipakai untuk permukaan kayu yang masih kasar. Sedangkan amplas bernomor besar umumnya digunakan untuk mengamplas permukaan kayu yang sudah dicat.

Amplas untuk kayu berbeda dengan amplas untuk besi atau logam. Amplas untuk kayu menggunakan bahan alumunium axide yang memiliki sifat tidak mudah aus dan dapat dipakai untuk mengamplas permukaan cat keras pada kayu. Amplas kayu merupakan jenis amplas kering sesuai dengan kondisi kayu yang telah memiliki MC level standar sehingga tidak memerlukan air. Dengan mengkombinasikan mesin amplas dan nomor amplas yang tepat, maka pekerjaan menghaluskan kayu akan menjadi lebih cepat dengan hasil berkualitas tinggi.

Referensi:

kaskus.co.id

radium.co.id