Ini yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Alat Keselamatan di Air / Water Safety Equipment

0
2594
Ini yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Alat Keselamatan di Air / Water Safety Equipment - Blog klikMRO

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Alat Keselamatan di Air / Water Safety Equipment – Alat keselamatan di air merupakan barang yang wajib dimiliki oleh seseorang, kelompok, perusahaan, yang menawarkan jasa transportasi hingga layanan hiburan, yang berhubungan dengan air. Selain itu, pesawat terbang komersil juga menyediakan peralatan water safety equipment untuk pendaratan di air ketika kondisi darurat.  Bagi industri yang bergerak di perairan, mulai dari kapal barang, kapal tongkang, kapal minyak, kapal nelayan, kapan patroli, hingga kapal marinir tentunya wajib memenuhi standar keselamatan kerja untuk wilayah perairan.

Apa saja sih Water Safety Equipment itu?

Perlengkapan keselamatan air terdiri dari berbagai jenis, dimulai dari rompi keselamatan (life vest), cincin apung (life ring buoy), throw bag, perahu karet (rubber boat), alat pembantu pernafasan, dan sebagainya. Rompi keselamatan secara umum bentuknya terlihat sama seperti rompi berenang yang umumnya digunakan masyarakat umum, hanya saja fungsi utamanya yang berbeda. Rompi keselamatan (life vest) bertujuan untuk memaksimalkan daya apung apabila dikenakan , yang secara signifikan dapat mengurangi resiko tenggelam. Selain itu, rompi keselamatan juga memiliki lampu yang berkedip untuk memudahkan identifikasi lokasi ketika terjadi kecelakaan di air.

Untuk pelampung keselamatan (life ring buoy) biasanya berwarna oranye, yang bertujuan untuk memaksimalkan warna agar mencolok sehingga memudahkan diidentifikasi untuk tindakan penyelamatan. Peralatan ini sangat berguna terutama ketika terjadi resiko tenggelam tanpa persiapan penggunaan life vest. Dimana awak kapal atau pekerja yang tercebur ke air, maka life ring buoy ini dapat dilempar untuk memudahkan mereka mengapung di permukaan air. Hal ini menunda resiko tenggelam sehingga tim penyelamat memiliki lebih banyak waktu untuk menyelamatkannya.

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Alat Keselamatan di Air / Water Safety Equipment – Pelampung Air berbahan fiber Emaro Approved

Cara kerja life ring buoy mirip seperti pelampung yang digunakan secara umum pula. Namun, pelampung biasa (buoy) lebih ditujukan untuk masyarakat yang ingin belajar berenang atau sekedar sedang bersantai di kolam renang. Pada akhirnya, pelampung ditujukan agar seseorang dapat mengapung di atas air. Itulah mengnapa, seperti halnya rompi berenang, pelampung juga kerap digunakan oleh berbagai macam kalangan.

Selanjutnya ada throw bag yang merupakan tas yang biasanya digunakan untuk membawa alat-alat penyelamatan / pernafasan yang dirancang khusus untuk di dalam air. Jadi, tas ini mampu digunakan di dalam air tanpa mengalami resiko kebocoran, tahan terhadap tekanan di dalam air, serta memiliki volume yang luas. Water safety equipment tidak terlepas pula dari perahu karet atau perahu keselamatan (safety boat). Hal ini dikarenakan adanya resiko yang tidak diinginkan ketika berada laut lepas, misalnya badai, ombak tinggi, dan lainnya yang menyebabkan perlunya evakuasi dari kapal utama. Selain itu, perahu karet juga dapat digunakan sebagai mode transportasi sungai, rawa2, hingga kawasan banjir di perkotaan.

Mengapa Alat Keselamatan Air Wajib Dimiliki?

Sebelum bekerja di kapal atau yang berurusan dengan transportasi air lainnya, tentunya seseorang perlu memiliki keahlian dan sertifikasi khusus. Salah satu yang paling umum adalah bisa berenang karena dapat mengurangi resiko tenggelam secara langsung. Namun kemampuan renang seseorang akan tidak maksimal apabila kondisi kecelakaan terjadi di laut lepas, dimana hempasan ombak yang terus menerus akan mengakibatkan pekerja terhuyung.

Oleh karena itu, peralatan keselamatan air tetap wajib dipenuhi sebagai standar K3 untuk pekerjaan di dekat air maupun diatas air. Hal-hal tidak terduga dapat terjadi baik dari individu yang bersangkutan, maupun dari mekanisme penyelamatan yang dijalankan. Mulai dari kram otot ketika berenang, hingga suhu tubuh yang turun dan dapat berakibat fatal bagi pekerja. Untuk itu, segala jenis perlengkapan keselamatan air perlu disediakan guna mengantisipasi faktor-faktor yang dapat membahayakan nyawa pekerja.

Peralatan keselamatan air yang baik dibuat dari bahan yang berkualitas dan tidak gampang rusak / robek. Karena tekanan air yang tidak dapat diprediksi, peralatan keselamatan diproduksi menggunakan bahan-bahan yang tahan bocor serta tidak licin, pada umumnya berbahan karet kualitas tinggi. Hal ini tentu menjadi sarana bagi siapapun yang berada di wilayah perairan untuk membantu menjamin keselamatan.

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Alat Keselamatan di Air / Water Safety Equipment – Life Vest Krisbow

Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang perairan, telah mempersiapkan peralatan keselamatan air untuk di kapal maupun di wilayah dekat perairan.Tidak lupa juga persiapan kotak P3K untuk mengobati luka yang disebabkan oleh benda tajam ataupun tumbuhan beracun di dalam air. Jadi setelah Anda mengetahui hal-hal mengenai water safety equioment / alat keselamatan di air, sebaiknya Anda dapat lebih dulu mempersiapkan water safety equipment untuk mendongkrak sisi keamanan K3 serta menjamin keselamatan bagi pekerja maupun pelanggan di bidang usaha di perairan.

Baca juga artikel mengenai K3 dan alat keselamatan lainnya disini