Ini Cara Poles Mobil serta Tips dari Ahli (Kualitas Diutamakan!)

0
460

Anda membuka jasa car detailing ? Tentunya, Anda memerlukan mesin poles yang tepat untuk menjadikan mobil yang dipoles tetap berada di kondisi terbaik. Mesin poles dan foam yang tepat dapat menjadikan warna cat mobil lebih kinclong dan menarik. Apalagi, bila cairan yang digunakan adalah cairan yang tepat dan aman bagi cat mobil.

Sebelumnya, bagi Anda yang masih ragu terhadap car detailing, bisnis jenis ini semakin banyak ditemukan di perkotaan. Masing-masing memiliki strategi yang bermain di sektor kualitas, kecepatan, serta profesionalisme. Namun bagi Anda yang ingin hasil maksimal dan mengutamakan kualitas sebagai daya tarik usaha Anda, maka artikel ini dapat memberikan gambaran produk mesin poles terbaik untuk kebutuhan tersebut.

Tentunya dengan menggunakan mesin poles, pekerjaan pun menjadi jauh lebih efektif serta efisien dalam hal waktu dan tenaga. Dengan teknik memoles yang benar, maka pekerjaan pun akan terselesaikan dengan sempurna.

Sekilas Tentang Rupes Car Polisher

Rupes merupakan brand ternama asal Italia yang telah mendunia dan diakui kualitasnya secara internasional. Rupes telah 65 tahun mengabdikan dirinya sebagai produsen berbagai mesin untuk kebutuhan proses detailing mobil, termasuk mesin poles. Sistem dan teknologi yang digunakannya adalah Bigfoot System, salah satu sistem yang mutakhir dan memudahkan proses detailing Anda. Anda bisa dengan mudah menemukan Rupes  Car Polisher di KlikMRO.com.

 

RUPES Mini Polisher

Mesin poles Rupes memiliki ukuran yang cukup beragam sesuai kebutuhan. Mulai dari mesin poles mini ukuran 12 milimeter sampai dengan mesin standar ukuran 21 mm. Tak hanya mesin, Rupes juga memproduksi velcro polishing foam baik ukuran kecil, medium hingga ukuran besar.

RUPES Velcro Polishing Foam

Meski menggunakan mesin poles terbaik, tentunya akan kurang maksimal bila tidak dibarengi dengan teknik yang baik, bukan? Berikut adalah beberapa teknik dan tips menggunakan mesin poles agar hasilnya maksimal:

Teknik dan Tips Menggunakan Mesin Poles

Seperti diungkapkan Jason Rose – Rupes Global Training Director and Product Development, untuk memoles bidang yang memiliki banyak kontur, Anda disarankan untuk lebih memiringkan mesin poles ketika menggunakannya. Hal itu ditujukan agar mesin tersebut dapat lebih masuk dan mengisi setiap ruang di medannya. Agar tidak terhenti putarannya ketika bertemu dengan kontur yang tidak rata, maka kecepatan mesin musti ditambah menjadi lebih cepat.

Obat poles juga menjadi faktor dalam car detailing. Jangan tergiur harga terjangkau, pastikan keaslian dari produk tersebut serta rekomendasi dari teman-teman Anda. Ingat, kesalahan memoles akan meninggalkan bercak-bercak berbentuk seperti hologram pada cat mobil.

Jenis dan ukuran foam pad untuk panel yang bersentuhan pun perlu diperhatikan. Untuk ukuran permukaan panel yang lebar, maka gunakan foam pad berukuran besar, begitu juga untuk panel berukuran medium hingga kecil, maka sesuaikan penggunaan foam pad mengikuti permukaan panel.

Untuk permukaan datar atau minim kontur, maka metode poles  harus benar-benar lurus. Hal tersebut ditujukan agar proses pemolesan dapat lebih merata.

Sebagai tambahan, Training Manager Rupes dari Italia, Fabrizio Gagliardi memberikan tips untuk detailing mobil agar lebih sempurna:

Pertama-tama sebelum dilakukan pemolesan, bersihkan dulu seluruh bagian luar mobil dengan menggunakan sampo mobil khusus. Hal itu ditujukan untuk melepas dan menghilangkan residu, kontaminan dan lain-lain.

Tips selanjutnya, tandai body kendaraan yang memerlukan perawatan khusus, seperti baret halus, warna cat kusam, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar penggunaan degreaser dan obat poles lainnya dapat diaplikasikan secara tepat. Perhatikan juga SOP dan alur car detailing terutama bagi Anda yang melakukan franchise. Ikuti staging / tahap pemolesan sesuai prosedur. Dan apabila Anda perlu improvisasi, maka sebaiknya disempurnakan terlebih dahulu, tentunya dengan peralatan poles yang mumpuni.

Usahakan mesin poles yang Anda gunakan memiliki getaran yang lebih stabil dan minim agar lebih memudahkan. Sebab beberapa jenis mesin poles lain memiliki getaran yang kuat dan beban yang lebih berat sehingga menyulitkan pekerjaan poles tersebut.

Nah, demikan tips car detailing dengan mesin poles Rupes yang dapat Anda aplikasikan. Jangan takut karena mesin poles Rupes tentunya baik digunakan oleh pemula hingga kalangan profesional.

 

 

Referensi:

gridoto.com

liputan6.com