Ini Alasan Lampu LED Banyak Diminati Profesional Industri

0
354

Ini Alasan Lampu LED Banyak Diminati Profesional Industri – Lebih dari seabad yang lalu, orang-orang terbiasa melakukan penerangan menggunakan lilin dan minyak tanah. Ketika bola lampu pijar diciptakan pada tahun 1880-an, inovasi tersebut menjadi sumber cahaya yang ideal pada saat itu, namun memiliki tingkat efisiensi energi yang buruk. Sejak tahun 1970-an, banyak sumber cahaya yang lebih efisien telah diperkenalkan seperti lampu jenis neon, lampu HID, fluorescent, dan lainnya. Tetapi dari rentetan inovasi tersebut, belum ada yang menyerupai manfaat dari inovasi lampu LED.

Dalam waktu singkat semenjak lampu LED diperkenalkan, teknologi LED semakin berkembang pesat. Perkembangan ini pun mencakup beberapa hal, seperti tingkat penerangan cahaya yang diukur dari satuan lumen, sifat termal, bahan substrat, dan pola distribusi cahaya. Hasilnya? Perkembangan teknologi LED tersebut mengarah ke penerangan yang lebih efisien, yang berujung pada penghematan biaya nergi, serta daya tahan yang lebih lama sehingga mengurangi resiko penggantian unit lampu.

Untuk lebih lengkapnya, berikut alasan para profesional industri lebih menyukai lampu LED untuk berbagai aplikasi industri:

Alat Teknik lengkap

1. Efisiensi Lebih Tinggi sehingga Biaya Lebih Rendah
Pada tahap awal pengembangan LED, para inventor mengikuti hukum Haitz yang menyatakan bahwa “Setiap dekade, jumlah cahaya yang dihasilkan oleh LED meningkat sebesar kelipatan faktor 20, dan biaya per lumen turun sebesar 10 kali.“. Meskipun tren perkembangan lampu LED ini tampak menurun pada tahun 2016, namun berbagai peningkatan lainnya terus berlanjut seperti penemuan teknologi lampu laser.

Dari sifatnya sendiri, lampu LED tidak menghasilkan panas, yang berarti komponen tidak terpapar oleh energi panas sehingga lebih awet. Dari segi pencahayaannya sendiri (light rendering) lampu LED tidak memerlukan waktu lama untuk menyala pada tingkat lumens maksimal, berbeda halnya seperti lampu HID yang memerlukan waktu agar mencapai pencahayaan optimal.

Ini Alasan Lampu LED Banyak Diminati Profesional Industri – Ilustrasi jenis-jenis lampu berdasarkan efisiensi, durabilitas, dan tingkat cahaya

2. Warna Sesuai Preferensi
Seperti yang kita ketahui, bahwa cahaya biru (blue light effect) tidak baik untuk mata apabila terpapar terlalu lama. Walaupun setiap jenis bohlam dapat disesuaikan berdasarkan warna cahaya, namun hal tersebut memerlukan material serta metode yang lebih rumit. Contohnya seperti lampu HID yang diukur berdasarkan satuan Kelvin untuk mengatur intensitas warna biru. Dengan lampu LED masa kini, produk LED yang beredar sudah banyak yang menawarkan beberapa opsi warna pencahayaan, seperti cool white, daylight, hingga warm white.

3. Teknologi Smart LED yang Terus Berkembang
Lampu LED pintar (smart LED) yang telah dikembangkan beberapa tahun terakhir sudah hadir sebagai solusi penerangan di era big data ini. Dengan memanfaatkan bluetooth, wifi, ataupun IP, smart LED dapat melakukan pengaturan jadwal penerangan yang telah disesuaikan pengguna, jenis warna sesuai preferensi, penggantian warna gradiasi, hingga voice activated control. Selain itu, teknologi sensor pun juga disematkan pada produk lampu LED sehingga dapat memonitor arus pergerakan manusia yang melewati ruangan. Hal ini tentunya dapat menjadi nilai tambah dalam memaksimalkan efisiensi energi berupa auto turn on/off, selain dari efisiensi yang ditawarkan oleh lampu LED itu sendiri.

Jenis Lampu LED yang Lebih Diminati Profesional Industri

Ada dua jenis lampu LED yang umumnya digunakan masyarakat khususnya di ruangan indoor, yakni lampu tabung LED (TLED) dan lampu bohlam LED.

Para profesional akan lebih tertarik menggunakan lampu tabung LED daripada bohlam LED. Alasannya? Karena lebih efisien. Lampu TLED menghemat energi hingga 50% dibandingkan sistem pijar (fluorescent) konvensional. Lampu tabung LED juga memiliki ketahanan masa pakai lebih dari 15.000 jam. Memang terdapat beberapa bohlam LED yang menawarkan durabilitas lebih tinggi, namun seperti yang kita ketahui, bahwa titik cahaya dari suatu bohlam lampu menyebar dari satu titik ke berbagai arah. Disinilah peran lampu TLED menawarkan keunggulan tersendiri melalui bentuk dari lampu tabung yang memanjang untuk mencakup penerangan lebih luas, serta konsumsi energi yang relatif mirip.

Selain itu, kualitas pencahayaan lampu tabung LED juga sangat mirip dengan sinar matahari alami lebih nyaman di mata. Dengan pencahayaan yang tepat, efek penerangan dapat memberikan dampak yang luar biasa khususnya untuk meningkatkan fokus dan produktivitas pekerja.

Salah satu lampu TLED yang direkomendasikan klikMRO adalah lampu tabung Philips LED. Jenis lampu ini sudah teruji kualitas dan daya tahannya sehingga dijamin lebih awet dan aman untuk mata.

PHILIPS LED Lamp ESS 8W di klikMRO.com

Beberapa keunggulan lampu tabung LED Philips, dilansir dari propertiterkini.com :

  1. Memiliki fitur InstantFit yang bekerja dengan pengimbang (ballast) elektronik berfrekuensi tinggi. Dengan demikian, fitur ini memudahkan metode pemasangan. Yang harus dilakukan hanyalah memasukkan tabung ke dalam fitting yang sudah ada.
  2. Produk Philips memungkinkan pemasang lampu profesional untuk menyentuh tutup ujung yang lain dengan aman saat memasang tabung. Driver yang terintegrasi juga terisolir dengan aman dari bagian yang dapat dipegang.
  3. Lampu tabung Philips LED juga tentunya telah mematuhi semua persyaratan keselamatan pin UL dan IEC.
  4. Lampu tabung Philips LED memiliki tutup ujung yang dapat diputar yang memungkinkan pemasang untuk memutar tabung hingga 90 derajat. Ini akan memungkinkan pemasang untuk mengarahkan lampu agar mendapatkan efek pencahayaan terbaik.

Dalam merancang suatu strategi menghadapi tahun 2021 untuk membangkitkan semangat industri, berbagai faktor mulai dari hal terkecil perlu diperhatikan. Dalam artikel ini, klikMRO telah memberikan gambaran mengenai salah satu efek pencahayaan yang tepat dalam memaksimalkan produktivitas pekerja industri.

Selain itu, klikMRO juga menyediakan berbagai solusi MRO lainnya semua hany dalam satu platform B2B E-Commerce klikMRO. Temukan produk sesuai kebutuhan Anda tanpa perlu datang atau berinteraksi secara langsung, serta konsultasikan kebutuhan Anda secara online bersama kami disini.