Informasi Tentang Welding / Pengelasan bagi Pemula

0
5022
welding equipment
welding equipment

Jika Anda baru dalam hal welding (pengelasan) dan seni logam pada umumnya, Anda mungkin harus mencoba untuk mencari informasi instruksional tentang teknik pengelasan dasar maupun alat yang digunakan untuk pegelasan bagi para pemula dengan pencarian kata kunci sederhana di Google atau Yahoo. Benar saja, pencarian web pada teknik pengelasan dasar maupun alat pengelasan akan memunculkan ribuan halaman informasi bagi Anda. Untuk memudahkan pencarian Anda, artikel ini akan menjelaskan berbagai informasi yang dibutuhkan dan harus diketahui bagi pemula dalam hal welding (pengelasan).

Dalam Segi Keamanan

  1. Selalu menggunakan Alat-Alat Keselamatan

Sebelum Anda berpikir tentang welding (pengelasan), pastikan Anda memiliki perlengkapan yang tepat. Alat-alat keselamatan untuk pengelasan dirancang untuk memberikan perlindungan ekstra kepada operator las dalam melakukan pekerjaannya. Perlengkapan tersebut meliputi jaket tahan api, kacamata keselamatan, sarung tangan las, dan helm las yang telah disetujui standarnya.

Untuk mempermudah penglihatan dalam melakukan pekerjaan, carilah helm yang visor nya dapat menjadi gelap sendiri. Masker las dan kacamata dirancang untuk melindungi mata dan wajah dari sinar UV berbahaya yang dihasilkan ketika pengelasan dilakukan. Sarung tangan las dirancang untuk melindungi tangan Anda, lengan dan pergelangan tangan dari setiap percikan api pada saat pengelasan. Selain itu, apron las, mantel dan celana panjang memberikan perlindungan untuk tubuh bagian atas dan kaki.

  1. Bekerja dalam Area Ventilasi yang Baik

Ventilasi merupakan komponen kunci untuk tetap aman ketika Anda mengelas. Jika ada pintu atau jendela di area kerja Anda, sebaiknya pintu atau jendela tersebut dibuka. Hal ini akan memungkinkan udara segar bersirkulasi dan mengurangi jumlah asap beracun di sekitar pekerjaan Anda. Jika Anda harus mengelas di daerah dengan ventilasi yang minimal atau buruk, Anda perlu mengenakan respirator.

  1. Waspada terhadap Lingkungan Sekitar

Tukang las perlu mengetahui bahan dan peralatan apa yang ada di sekitar mereka sehingga mereka dapat menentukan tindakan pencegahan dan perubahan yang perlu dilakukan sebelum mereka mulai mengelas. Jika Anda bekerja di daerah ramai / banyak orang lewat, sebaiknya pekerjaan las dapat tertutup / tercover untuk melindungi rekan kerja Anda ataupun orang lain dari paparan sinar UV yang berbahaya dan percikan api yang diproduksi las.

Dalam Segi Proses

Dari 4 macam proses welding yang tersedia, Stick Welding merupakan proses welding yang cocok digunakan bagi pemula. Berikut informasi tentang Stick Welding dan proses welding lainnya        :

  • Stick Welding sering dijadikan pilihan terbaik untuk pengelasan yang cepat dan sering digunakan sebagai proses welding pertama yang mudah pelajari oleh pemula. Sangat mudah untuk mengatur proses tersebut dan seperti namanya, menggunakan elektroda tongkat seperti Excalibur 7018, sehingga Anda tidak memerlukan kawat pengumpan. Tongkat welding lebih lambat dari MIG welding, namun lebih cocok digunakan ketika bekerja dengan lingkungan yang kotor atau berkarat. Tongkat welding ini tidak dianjurkan untuk pekerjaan seperti pengelasan logam.
  • TIG Welding (tungsten inert gas) lebih disukai untuk pekerjaan arsitektur atau pekerjaan otomotif di mana pengelasannya harus terlihat baik. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mengelas logam menjadi tipis dan menjadi seperti lembaran hingga terlihat mulus. Pada skala kesulitannya, TIG biasanya dianggap yang paling sulit untuk kuasai atau dipelajari, tapi hal itu tidak akan menjadi sulit jika Anda selalu menempatkan usaha Anda ke dalamnya.
  • Ada dua jenis kawat las: MIG (metal inert gas) dan flux-cored. Las MIG bergantung pada aliran konstan shielding gas untuk melindungi las dari kontaminasi. Gas dialirkan ke dalam welding gun dari botol gas. Keterbatasan pengelasan MIG adalah sulit untuk menggunakannya di luar ruangan (karena angin dapat menerbangkan shielding gas), dan Anda harus mengangkut botol gas untuk diletakkan di dekat pengelasan. Las flux-cored menggunakan kawat yang dirancang khusus untuk digunakan dengan atau tanpa shielding gas tergantung pada kawat yang digunakan. Beberapa dirancang untuk digunakan tanpa gas (self-shielded) yang sering direkomendasikan untuk pekerjaan luar.

Pengelasan bisa menjadi profesi yang sangat bermanfaat ataupun dapat dijadikan sebagai hobi Anda. Bagi pemula dalam Welding,  Anda hanya harus memastikan bahwa Anda melakukannya dengan aman dan efektif. Untuk memastikan hal tersebut, dalam pengoperasian alat welding, Anda harus mengenakan semua peralatan safety seperti yang telah dijelaskan diatas.

Referensi:

https://feltmagnet.com/sculpture/Expand-Your-Arts-and-Crafts-Potential-with-Mixed-Media-Projects

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here