Fungsi & Tips Mesin Heat Gun yang Perlu Anda Ketahui

0
127

Mesin Heat Gun dikenal sebagai salah satu alat untuk memancarkan udara atau aliran udara panas. Udara panas yang dialirkan pun bervariasi panasnya, ada yang dapat mencapai 550° Celcius. Bentuknya seperti pistol, atau sekilas mungkin mirip dengan pengering rambut, tapi heat gun atau hot gun mengalirkan udara panas yang jauh lebih panas daripada pengering rambut. Jadi, jangan digunakan untuk mengeringkan rambut yah, bisa-bisa rambut Anda malah terbakar.

Apa saja fungsi mesin heat gun? Simak ulasan berikut ini:

  1. Membengkokkan Besi

Karena begitu panasnya, mesin heat gun bisa digunakan untuk membengkokkan besi. Karena udara yang dihembuskan oleh mesin ini mencapai 550° Celcius atau sekitar 1000° F. Bahkan ada beberapa yang mencapai 1.400° F.

Karena panas itulah, mesin heat gun bisa digunakan untuk membengkokkan besi. Caranya adalah dengan menyemprotkan besi dengan udara dari mesin heat gun sampai besi menjadi sangat panas, lalu proses pembengkokan atau pembentukkan pun dapat dikerjakan dengan menarik ujung besi.

 

  1. Menghilangkan Stiker / Wallpaper Dinding Maupun Kaca

Fungsi lain dari mesin heat gun yakni melepaskan stiker ataupun wallpaper yang menempel di kaca dan dinding. Untuk melepaskannya dengan mudah, Anda bisa menyemprotkan mesin hot gun ke stiker tersebut. Setelah disemprotkan dalam waktu yang tidak begitu lama, nantinya stiker tersebut akan terlepas dengan sendirinya akibat perekat yang menguap sehingga dapat dengan mudah dilepas.

 

  1. Merekatkan Lem Sehinga Lebih Kuat

Sebaliknya, selain dapat digunakan untuk melepas stiker, ternyata mesin heat gun juga bisa digunakan untuk memperkuat rekatan lem. Cara yang digunakan adalah dengan memanaskan rekatan tersebut hingga lebih cepat kering sehingga dapat merekat lebih cepat dan kuat.

Caranya adalah dengan menyeprotkan heat gun ke perekat secara merata. Namun perlu diperhatikan agar udara yang dialirkan pada suatu titik tidak terlalu lama, sehingga perlu disesuaikan kira-kira apakah daya rekatnya sudah cukup kuat atau belum.

 

  1. Melepas Cat 

Mesin heat gun juga bisa digunakan untuk mengelupaskan cat lama. Cocok bagi Anda yang ingin mengganti cat dan harus melepas cat sebelumnya. Mesin heat gun pun sering digunakan untuk memudahkan pengelupasan cat ini.

Dengan mesin heat gun, tentunya cat dinding lama akan mengelupas lebih cepat. Tapi, tentunya penyemprotan udara panas perlu merata, agar terkelupasnya cat juga lebih merata dan meminimalisir gelombang.

 

  1. Melepas Baut yang Berkarat

Kelebihan lain dari mesin heat gun ini adalah dapat membantu membuka baut atau mur yang sudah berkarat. Tentunya, baut berkarat akan jauh lebih sulit dilepas bila hanya menggunakan hand tool saja. Oleh karena itu, untuk memudahkan pelepasan baut dan mur tersebut, Anda perlu menyemprotkan baut tersebut dengan mesin heat gun agar besi menjadi lebih lunak sehingga membantu proses pelepasan tersebut.

 

 

Tips Penggunaan Heat Gun

Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui untuk menggunakan mesin heat gun. Tentunya, setiap penggunaan perlu diatur dengan suhu yang berbeda-beda sesuai dengan pekerjaan yang ingin dilakukan. Misalnya suhu rendah digunakan untuk melepaskan pipa besi, sedangkan suhu tinggi biasanya digunakan untuk membengkokkan besi. Dengan mengetahui suhu yang tepat, pekerjaan sulitpun dapat diselesaikan dengan mudah.

Berikut tips pengaturan suhu heat gun:

Suhu rendah yakni sekitar 50-150° Celcius digunakan untuk melepaskan pipa besi. Suhu di atas itu hingga 230° Celcius digunakan untuk mengelupaskan cat maupun dempul. Untuk merekatkan lem maupun mengelupas lem maka perlu gunakan suhu mencapai 290 ° Celcius.

Untuk keperluan menyolder, suhu yang diperlukan sekitar 425-455° Celcius. Selanjutnya, untuk melepaskan mur dan baut berkarat maka gunakan suhu kira-kira 510° Celcius. Untuk menghilangkan cat atau pernis perlu suhu yang lebih panas lagi, hingga 520° Celcius.

Apabila diberikan gambaran pada tingkat kepanasan tersebut, suhu tinggi tersebut mampu membakar kayu hingga menjadi arang. Jadi, gunakan suhu sesuai keperluan dan berhati-hatilah dalam pengoperasiannya.

 

Inilah Mesin-Mesin Jaman Now untuk Mengamplas Permukaan Kayu

Tips Memilih Power Tools yang Baik