Fungsi dari Berbagai Jenis Mata Gergaji Circular Saw

0
1950

Mengenal Fungsi dari Berbagai Jenis Mata Gergaji Circular Saw – Circular saw atau gergaji bundar adalah jenis gergaji mesin dengan mata gergaji berbentuk bulat dan bergerigi. Dengan gergaji jenis ini, maka pemotongan kayu menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu, circular saw juga kerap dipilih karena kepraktisan penggunaannya. Selain itu, gergaji bundar ini juga sangat praktis untuk dilepas pasang. Jadi apabila mata gergajinya sudah tumpul, maka Anda dapat dengan mudah melepasnya untuk diasah kembali, atau diganti dengan yang baru.

Fungsi dari Berbagai Jenis Mata Gergaji Circular Saw – AEG Circular Saw

Bentuknya pun cukup praktis untuk dipasangkan pada meja, karena terdapat beberapa ragam ukuran diameter dari gergaji bundar. Semakin kecil mesin gergajinya, maka akan semakin kecil pula diameter mata gergajinya. Ukuran mata gergaji circular saw bervariasi mulai dari 4,5 inci sampai 7,25 inci. Untuk menjaga daya potongnya lebih kuat dan tahan lama, maka pada ujung mata gergaji biasanya diberi carbid.

Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa berbeda material yang dipotong, maka berbeda pula keperluan jenis mata gergajinya. Karena setiap mata gergaji didesain untuk memotong objek atau benda tertentu, sehingga tipe mesin circular saw yang digunakan juga akan berbeda.

Apa saja yang dapat dipotong menggunakan Circular Saw?

Selain untuk memotong kayu, mesin ini juga bisa digunakan untuk memotong granit, keramik, kaca, dan sebagainya. Tentunya, mesin yang digunakan untuk memotong kayu berbeda dengan mesin yang digunakan untuk memotong keramik. Ada mata gergaji yang dibuat dari bahan pemotong carbon, pengaplikasian berlian / diamond pada mata gergaji, dan lain sebagainya. Semuanya ditujukan khusus untuk pemotongan sesuai dengan tingkat kekerasannya.

Jenis-Jenis Mata Gergaji Circular Saw

Ripping – Merupakan mata gergaji bundar untuk membelah kayu (rip). Ciri khas dari mata gergaji satu ini adalah jarak antar giginya lebih jarang.

Crosscutting – Mata gergaji satu ini ditujukan untuk pemotongan crosscut, dengan ciri khas jarak antar giginya lebih rapat dari ripping. Namun, untuk jenis yang lebih rapat jarak antar giginya, maka ditujukan khusus untuk mitre saw.

Combination – Mata gergaji satu ini bisa digunakan sekaligus untuk membelah kayu, sekaligus untuk cross cut.

Plywood – Dari namanya, jelas mata gergaji satu ini ditujukan untuk memotong berbagai jenis kayu lapis, seperti plywood, tripleks, MDF dan kayu partikel.

Hollowground – Bentuk pisaunya lebih tipis dari jenis lainnya, dan ditujukan untuk pemotongan crosscut apabila Anda membutuhkan pemotongan yang lebih presisi.

Thin Kerf – Mata gergaji thin kerf ditujukan untuk memotong kayu engineering. Ciri khasnya adalah jenis pisaunya cukup tipis, namun kuat.

Abrassive – Mata gergaji yang satu ini ditujukan bukan untuk pemotongan kayu. Melainkan untuk pemotongan besi, logam, baja dan sebagainya.

DiamondMata gergaji diamond ini ditujukan untuk memotong granit, marmer, batu dan sejenisnya. Dengan pengaplikasian berlian / diamond pada mata gergaji, maka kekuatan potongnya pun akan semakin tinggi karena sifat diamond yang merupakan material terkeras.

Fungsi dari Berbagai Jenis Mata Gergaji Circular Saw – BOSCH Diamond Cutting Disc

Setelah memahami kebutuhan pemotongan dengan menggunakan circular saw, Anda perlu menentukan jenis mata gergaji yang hendak digunakan. Faktor-faktor yang dilibatkan mulai dari harga, tingkat kekerasan, bentuk gergaji, ukuran gergaji, hingga ketersediaan mata gergaji tersebut. Oleh karena itu, Anda dapat mendapatkan produk mata gergaji circular saw orisinil untuk hasil yang lebih baik. Dengan demikian, pekerjaan Anda akan jadi lebih efektif dan efisien. klikMRO menyediakan beragam jenis mata gergaji dan mesin circular saw sesuai kebutuhan Anda.

 

Cara Baca Kode Spesifikasi dan Material pada Batu Gerinda