COVID-19 Lebih Menular di Musim Hujan? Ini Tips Pencegahannya

0
107

COVID-19 Lebih Menular di Musim Hujan? Ini Tips Pencegahannya – Sejak munculnya COVID-19, para ilmuwan dan pakar kesehatan telah mempelajari tentang bagaimana virus akan bereaksi terhadap perubahan suhu dan cuaca. Seperti yang kita ketahui, bahwa stigma masyarakat dan beberapa komunitas lainnya berharap penyebaran virus ini tidak begitu cepat di suhu panas, seperti di Indonesia. Namun kenyataannya, penyebaran terus berlanjut dan angkanya pun didominasi akibat penularan lokal (local transmission).

Pengaruh Tingkat Kelembapan dan Virus Corona
Penyebaran infeksi virus selalu bergantung pada tiga faktor, yakni perubahan musim, pola perilaku manusia, dan karakteristik virus itu sendiri. COVID-19 adalah penyakit pernapasan dengan gejala menyerupai flu influenza. Umumnya, kasus flu musiman ini meningkat selama bulan-bulan musim penghujan. Oleh karena itu, memasuki musim penghujan ini, semua pihak menghadapi tantangan baru dalam menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, hingga para pekerja / karyawan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institut Teknologi India Bombay, cuaca lembab selama musim hujan dapat meningkatkan penyebaran virus COVID-19. Dari penelitian tersebut, para peneliti memeriksa tetesan droplet yang dikeluarkan oleh pasien COVID-19 melalui batuk atau bersin. Studi yang diterbitkan dalam jurnal American Institute of Physics, menunjukkan bahwa cuaca panas dan kering menguapkan tetesan yang terinfeksi dengan mudah, sehingga mengurangi risiko penyebaran lebih lanjut.

Alat Teknik lengkap

Beberapa penelitian lain di seluruh dunia juga telah menunjukkan bahwa tingkat kelembapan yang tinggi membantu virus corona bertahan lebih lama di udara dan menyebar lebih cepat. Namun demikian, para peneliti juga belum menemukan hubungan antara kelembapan dan jumlah penurunan transmisi berdasarkan data angka COVID yang dirilis pemerintah di seluruh dunia.

Di musim hujan, biasanya tubuh lebih rentan terhadap serangan penyakit, seperti flu, batuk, dan demam berdarah dengue. Hal ini akibat perubahan suhu yang drastis dari panas ke lembap, dan juga fakta penelitian diatas bahwa kelembapan tinggi dapat meningkatkan penyebaran virus.

COVID-19 Lebih Menular di Musim Hujan? Ini Tips Pencegahannya – Contoh potensi penyebaran virus di area yang dijadikan tempat berteduh

Guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 yang diyakini lebih menular terutama di musim hujan mendatang, maka diperlukan langkah-langkah yang tepat bagi masyarakat maupun pelaku industri untuk menjaga perluasan penyebaran virus ini secara lebih konsisten dari sebelumnya:

Jaga Kebersihan Area Tinggal dan Kerja

Faktor kebersihan perlu ditingkatkan terutama dalam sisi higienis, baik terkait peralatan kerja, permukaan benda yang sering disentuh, hingga kebersihan keseluruhan area. Guna mempertahankan produktivitas kerja dan efektivitas produksi, pihak pemberi kerja dan pelaku industri dituntut untuk meningkatkan kebersihan area kerja, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pekerjanya, baik secara visual maupun psikologis.

B-Mola NCCO Air Purifier sebagai solusi sterilisasi udara di ruangan tertutup

Untuk memudahkan pembersihan area kerja secara teratur, maka peralatan kebersihan yang memadai menjadi salah satu investasi yang paling diminati di tengah pandemi ini, khususnya menjelang musim hujan. Apabila metode pembersihan dilakukan dengan benar, maka potensi virus pada permukaan benda dapat berkurang sehingga potensi penyebaran lokal dapat lebih tereduksi.

Pola Hidup Sehat dan Teratur

Pola kebiasaan hidup bersih dan sehat merupakan faktor terpenting dalam mencegah tertularnya virus COVID-19. Mulai dari praktik social distancing secara disiplin, penggunaan masker, cuci tangan, hingga kebiasaan berkumpul tanpa masker terutama bersama kerabat maupun keluarga tanpa mengetahui histori perjalanan mereka. Hal-hal ini sebagian besar merupakan faktor yang tidak dapat dikontrol pihak pemberi kerja ataupun perusahaan. Oleh karena itu, kesadaran masing-masing individu sangat diperlukan untuk meningkatkan kedisiplinan dalam pola hidup sehat. Mulai dari olahraga rutin, pola makan sehat dan teratur, tidur cukup, serta asupan gizi dan vitamin yang seimbang.

Peralatan Esensial yang Memadai

Sudah lebih dari 6 bulan kita menghadapi bersama virus COVID-19 ini. Beragam kebiasaan positif pun juga sudah perlahan terbentuk di masyarakat. Salah satunya adalah menyediakan peralatan esensial COVID-19, mulai dari masker, masker cadangan, hand sanitizer, peralatan makan sendiri, tisu, hingga disinfectant spray. Peralatan esensial ini sudah melekat menjadi kebiasaan umum, sehingga ketersediannya pun diharapkan memadai baik di lingkup kerja maupun fasilitas lainnya. Oleh karena itu, pelaku industri dapat menyediakan peralatan esensial ini di beberapa titik pada site maupun gedung, untuk memudahkan para pekerja dalam menjalankan aktivitas dengan nyaman.

Guna mengantisipasi penyebaran virus yang lebih luas lagi, klikMRO mendukung para pelaku industri serta masyarakat untuk memulai pola hidup yang lebih disiplin dan higienis. klikMRO juga menyediakan peralatan esensial bagi individu, fasilitas umum, hingga pabrik / site. Temukan beragam kebutuhan industr hanya di satu platform klikMRO.com