Cara & Tips Menggunakan Vacuum Cleaner Agar Tidak Mubazir

0
34

Zaman sudah semakin canggih, kehidupan pun sudah tidak lepas dari teknologi. Sebab, teknologi sangat membantu setiap aktivitas yang dilakukan dari bangun tidur hingga tidur kembali. Jika Anda memiliki mesin penghisap debu / vacuum cleaner, namun kurang mengerti atau memang tidak tahu cara menggunakannya, berikut akan menjelaskan kesalahan-kesalahan umum yang dilakukan dalam penggunaan vacuum cleaner beserta tipsnya.

6 Tips Memilih Vacuum Cleaner yang Tepat

Vacuum cleaner adalah sebuah mesin yang memiliki teknologi canggih. Mesin ini diciptakan untuk mempermudah manusia dalam menuntaskan pekerjaan rumah salah saunya adalah bersih-bersih. Fungsi mesin ini adalah mengangkat debu yang menempel di lantai maupun karpet. Vacuum cleaner ini lebih kita kenal dengan istilah penyedot debu. Vacuum cleaner atau penyedot debu memiliki bentuk yang bermacam-macam, namun tetap memiliki fungsi yang sama. Demikianlah penjelasan tentang vacuum cleaner.

 

Dry Vacuum by Domo

Kembali kepembahasan awal ternyata sering kali kita jumpai kesalahan ketika menggunakan mesin penghisap debu / vacuum cleaner. Kesalahan ini bisa terjadi karena tidak terbiasa atau memang tidak tahu bagaimana cara menggunakannya. Tentu Anda tidak  ingin kesalahan ini terjadi lagi, berikut ini kesalahan yang sering dilakukan ketika menggunakan vacuum cleaner.

Salah satu kesalahan yang sering kita jumpai adalah membersihkan karpet atau lantai hanya jika terlihat kotor. Hal ini memang sering terjadi apa lagi Anda sibuk dengan urusan kerja atau aktivitas lainnya.  Kebiasaan ini tidak tepat dikarenakan karpet dan lantai tidak luput dari paparan debu dan kotoran setiap harinya.

Kesalahan selanjutnya adalah  menggunakan vacuum cleaner hanya searah. Anda dapat melakukan gerakan seperti menyeterika atau gerakan bolak-balik dalam menggunakan vacuum cleaner. Penggunaan satu arah memang tidak sepenuhnya salah. Hanya saja, cara ini kurang efektif. Sebab debu yang tersedot oleh vacuum cleaner menjadi tidak maksimal.

Kesalahan berikutnya adalah membuang kantong debu hanya ketika terisi penuh. Kesalahan ini mungkin terjadi karena ingin menghemat waktu atau alasan lainnya, sehingga tak sedikit orang yang menunggu kantung debu penuh baru membuang debu-debu yang ada didalamnya. Kebiasaan seperti ini sebenarnya kurang tepat, karena pada akhirnya akan mengurangi daya sedot vacuum cleaner yang disebabkan oleh ruang debu sempit.

Nah demikianlah beberapa kesalahan penggunaan vacuum cleaner yang sering kita jumpai. Gunakanlah cara yang tepat agar vacuum cleaner bisa bekerja secara optimal. Untuk itu,  pembahasan kita belum selesai sampai disini saja. Berikut ini adalah cara menggunakan vacuum cleaner yang tepat dan efektif, yang bisa diterapkan di rumah maupun lingkungan pekerjaan Anda:

  1. Bersihkan dengan gerakan dua arah

Ketika menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu, pastikan gerakan Anda sudah tepat, yakni dengan arah gerakan secara bolak-balik dari atas ke bawah kemudian bawah ke atas. Dengan gerakan dua arah seperti ini, debu yang tersedot akan lebih banyak. Sehingga karpet dan lantai akan menjadi lebih bersih.

2. Bersihkan kantung debu sebelum penuh

Supaya lantai dan karpet bersih maksimal, lakukan pengecekan pada kantung debu vacuum cleaner, jika kantung debu tersebut berisi setengah atau menyisakan sepertiga bagian kosong. Segera bersihkan dan buang debu tersebut, jangan menunggu penuh baru membuangnya. Jika hal ini dilakukan maka akan berakibat pada daya sedot dari vacuum cleaner menjadi kurang. Biasakan membersihkan kantung debu setelah penggunaan vacuum cleaner untuk hasil optimal.

3. Gunakan vacuum cleaner dengan gerakan perlahan

Nah ketika Anda menggunakan vacuum cleaner lakukanlah gerakan perlahan saat membersihkan. Jangan  tergesa-gesa hanya karena ingin cepat selesai. Tujuannya adalah agar bisa menyedot debu lebih banyak. Jadi vacuum cleaner Anda akan bekerja lebih baik.

4. Gunakan creative tool untuk membersihkan pingir karpet

Pinggiran karpet atau bagian tepi karpet biasanya menjadi tempat debu menumpuk. Untuk membersihkannya akan membutuhkan trik khusus. Anda bisa menggunakan creative tool. Menggunakan creative tool akan mempermudah Anda ketika membersihkan bagian-bagian tepi karpet dan membuat lantai menjadi lebih bersih dari biasanya.

Jadi, membersihkan lantai atau karpet memang bagusnya dilakukan setiap hari. Namun jika Anda sibuk dan tidak memiliki waktu yang cukup ada baiknya Anda usahakan untuk membersihkannya tiga kali dalam seminggu. Jangan menunggu debu menumpuk baru Anda membersihkannya karena dapat menyebabkan alergi dan sebagainya. Khusus bagi Anda yang tidak mau mengambil resiko alergi yang disebabkan oleh tungau dan lainnya, vacuum cleaner anti-allergy dapat menjadi solusinya.

Anti-Allergy Vacuum by Raycop

Demikianlah kesalahan umum yang kerap dilakukan dan cara tepat menggunakan vacuum cleaner, mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Budayakan Lingkungan Bersih dan Sehat dengan Peralatan Modern Ini

8 Tips Menyapu yang Benar, Cepat, dan Efektif Untuk Lingkungan Operasional Tinggi