Cara Menggunakan Spray Gun untuk Finishing Kayu

0
57

Finishing atau penyelesaian pengecatan kayu akan menjadi jauh lebih efektif dan efisien dengan menggunakan spray gun atau pistol semprot. Tentunya, pistol semprot yang dimaksud disini bukan pistol air yah. Pistol semprot selain digunakan untuk pengecatan, juga bisa diaplikasikan untuk finishing kayu. Sebelum mengetahui cara finishing kayu dengan pistol semprot, tentunya Anda musti menyimak dulu bagaimana cara menggunakan pistol semprot atau spray gun ini dengan baik dan tepat.

Inilah Mesin-Mesin Jaman Now untuk Mengamplas Permukaan Kayu

 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Spray Gun:

Jarak

Perhatikan jarak spray gun dengan permukaan kayu yang akan dicat. Setidaknya, Anda musti memberi jarak sekitar satu jengkal orang dewasa, atau sekitar 150 milimeter. Jarak terlalu jauh menjadikan cat terlalu tipis, sedangkan jarak yang terlalu dekat akan menjadikan cat terlalu tebal.

Sudut Penyemprotan

Perhitungkan dengan benar sudut penyemprotan spray gun. Sudut spray gun yang paling efektif adalah sudut siku-siku atau 90 derajat. Tentunya, untuk hasil terbaik agar cat lebih merata, jaga terus sudut berada di angka tersebut.

Kecepatan Spray Gun

Pertimbangkan pula kecepatan semprot dari spray gun tersebut. Dari berbagai sumber disebutkan bahwa kecepatan minimal untuk spray gun adalah 900 mm/detik sedangkan kecepatan maksimal yang paling efektif adalah 1.200 mm/detik. Usahakan kecepatan tetap stabil di angka tersebut.

Cek Kondisi Cat Sebelum Repaint / Finishing

Khusus untuk cat ulang atau menimpa cat yang sudah ada, usahakan perhatikan adanya goresan dan sebagainya dari cat sebelumnya. Hal itu ditujukan agar cat lebih merata. Selain itu, Anda bisa menutup bagian yang tidak dicat dengan kain atau kertas bekas agar tidak ikut terkena paparan cat.

Kualitas Spray Gun

Pertimbangkan untuk memilih spray gun yang berkualitas baik. Anda bisa mencari berbagai spray gun terbaik dengan harga terjangkau di beberapa situs online, seperti Klik MRO misalnya untuk mendapatkan produk spray gun dengan kualitas terbaik.

Product Brand

Merek atau brand ternama tentunya menawarkan kualitas yang terbaik. Setiap brand ternama akan melakukan uji standar kelayakan pada setiap produk sebelum dipasarkan. Jadinya, Anda akan mendapatkan produk dengan kualitas terbaik yang memudahkan kerja Anda. Beberapa merek terkenal yang bisa Anda pertimbangkan misalnya Meiji, Avalon dan Krisbow.

Avalon Middle Pressure Spray Gun
Meiji Spray Gun 1,4mm

 

 

Finishing Kayu dengan Spray Gun

Setelah mengetahui hal-hal yang musti dipertimbangkan dalam memilih dan menggunakan spray gun, sekarang waktunya Anda mengetahui tips finishing kayu dengan menggunakan spray gun. Agar hasilnya lebih maksimal, pertama Anda tentunya wajib membersihkan spray gun Anda dengan maksimal.

Tujuannya, agar sisa cat dari pengecatan sebelumnya tidak mengganggu warna yang akan Anda semprotkan selanjutnya.

Pembersihan ini bisa menggunakan thinner yang dimasukkan dalam tabung, lalu dikocokkan dengan keras, kemudian disemprotkan hingga habis. Setelah itu, Anda bisa membersihkan isi tabung spray gun dengan menggunakan tekanan angin.

Kemudian, bagian atau media yang akan disemprot musti dibersihkan. Sebelumnya, kayu yang akan dipoles tentunya sudah selesai melalui pengecatan, dan hasil catnya musti merata. Biarkan mengering dulu catnya, lalu bersihkan dengan kain bersih.

Sekarang, setelah spray gun sudah benar-benar bersih, Anda bisa memasukkan pernis / varnish berkualitas. Ingat, finishing yang baik menentukan kualitas dan harga dari produk yang Anda buat. Jadi jangan buat kerja Anda sia-sia dengan finishing yang kurang baik.

Anda bisa menentukan tingkat gloss-nya juga bentuk akhir warna dari kayu yang akan menjalani proses finishing. Tentunya, kayu yang diubah menjadi barang fungsional akan berbeda dengan barang dekoratif. Nah, bagian yang sulit adalah untuk finishing barang dekoratif yang fungsional, seperti kursi dan meja hias misalnya.

 

Tips untuk Pernis Sebelum Digunakan

Anda bisa menggunakan air bersih ditambahkan ke pernis untuk hasil yang lebih encer. Kemudian, setelah memastikan lapisan yang akan dipernis sudah benar-benar merata, Anda bisa mulai melakukan penyemprotan. Tentunya, proses penyemprotan harus berjalan dengan baik dan sempurna agar hasilnya lebih maksimal. Tips yang diberikan diatas tentang penggunaan spray gun akan menjadikan hasil penyemprotan Anda akan jauh lebih maksimal.

Demikian tips finishing kayu dengan spray gun untuk Anda. Tentunya, setelah membaca artikel ini, semoga hasil kerja Anda akan menjadi lebih baik dan berkilau. Selamat mencoba.

Siapkan 10 Alat Perkakas Kayu Ini untuk Kebutuhan Wood Working