Cara Membersihkan Noda Kotoran pada Lantai Beton

0
2222

Cara Membersihkan Noda Kotoran pada Lantai Beton – Dalam suatu area perkantoran, gudang, pabrik, ataupun fasilitas umum, kebersihan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung maupun pekerja. Dalam hal ini, area yang bersih merupakan hal pertama yang dipantau dan akan diapresiasi baik oleh pengunjung, maupun karyawan. Untuk menjaga kebersihan tersebut, pengelola dapat mulai dari hal sederhana, yakni kebersihan lantai. Setiap jenis lantai memerlukan metode pembersihan yang berbeda. Untuk lantai beton sendiri umumnya digunakan di fasilitas tempat parkir basement, gudang, hingga area perkantoran. Dengan penggunaan yang cukup luas, material beton ini dipercaya dalam segi daya tahannya, perawatan yang mudah, tingkat kekerasannya, hingga biaya yang lebih terjangkau.

Dalam kesempatan ini, klikMRO akan membahas cara membersihkan noda pada jenis lantai beton:

 

Alat Teknik lengkap

Pressure Washer

Dalam pembersihan noda membandel seperti tumpahan minyak dan grease, penyemprotan dengan selang air mungkin akan sulit dilakukan. Disinilah peran pressure washer dibutuhkan. High Pressure Washer menyemprotkan air dalam tekanan tinggi pada satu titik untuk memaksimalkan proses pembersihan kotoran yang menempel pada lantai beton. Dengan penggunaan yang terbilang mudah, pressure washer hanya membutuhkan ketersediaan air sebagai inlet untuk kemudian air disemprotkan dengan kencang. Pressure washer biasanya bekerja dengan tenaga listrik ataupun bahan bakar, sesuai dengan kebutuhan pembersihan area. Apabila area pembersihan tidak ada akses kontak listrik, maka mesin pressure washer diesel dapat digunakan. Sedangkan pressure washer listrik lebih cocok digunakan untuk pembersihan di dalam ruangan, dimana ketersediaan kontak listrik memadai dan tidak memerlukan tekanan air berlebih. 

Cara Membersihkan Noda Kotoran pada Lantai Beton – Lavor Pro Hot & Cold High Pressure Cleaner

Tips untuk penggunaan pressure washer dalam membersihkan beton: Pilih model yang dapat menghasilkan air panas (hot and cold pressure washer), karena panasnya ideal untuk melonggarkan dan menghilangkan zat berminyak dari bahan berpori seperti beton.

Menghapus Noda Cat

Menghilangkan cat dari permukaan beton merupakan proses yang cukup rumit. Tetapi dengan prosedur yang benar, maka pembersihan dapat dilakukan dengan efektif. Untuk membersihkan noda cat pada permukaan beton, hal pertama yang dapat dilakukan adalah menggosok area tersebut dengan trisodium fosfat dan air. Setelah area tersebut mengering, cobalah mengikis dan mengelupas cat yang menempel dengan pisau. Selanjutnya, oleskan pengencer cat, dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, gunakan sikat gosok untuk menghilangkan sisa cat jika noda berukuran kecil, atau mesin pressure washer apabila noda cat lebih besar di area outdoor.

Perlu diperhatikan juga untuk melakukan tindakan pencegahan yang tepat saat menangani bahan kimia berbahaya seperti pengencer cat atau penghilang minyak. Gunakan masker wajah dan sarung tangan untuk menghindari kontaminasi.

Pembersihan Dini

Dalam mengatasi potensi noda dan kotoran pada permukaan beton, kecepatan adalah kuncinya. Jangan sampai kotoran seperti minyak, cat, dan zat berbahaya lainnya didiamkan hingga lama, karena akan mengeras pada lapisan beton sehingga akan sulit dibersihkan. Untuk itu, bersihkan noda dengan peralatan cleaning yang Anda miliki sesegera mungkin setelah adanya tumpahan. Hal ini akan meminimalisir effort yang dibutuhkan nantinya, serta menjaga permukaan agar tidak rusak akibat meresapnya noda ke pori-pori lapisan beton.

Jika terdapat sisa noda minyak setelah Anda membersihkannya, maka Anda dapat menambahkan cairan penghilang minyak seperti deterjen. Tambahkan sedikit air pada deterjen lalu gosok noda tersebut dengan sikat sampai tidak tersisa noda.

Gunakan Asam Sitrat

Karat pada permukaan beton dapat dihilangkan dengan mudah dan alami dengan kandungan asam sitrat pada lemon ataupun cuka. Caranya adalah dengan menuangkan sedikit cairan asam tersebut pada titik yang dituju, dan diamkan selama beberapa menit. Lalu, gosok dengan sikat kawat untuk menghilangkan sisanya, lalu bilas dengan air. Proses ini akan membantu menghilangkan karat dan kotoran lainnya.

Gunakan Sealant untuk Antisipasi

Sealant merupakan bahan yang dapat merekat dan mengisi celah kecil pada lapisan beton, sekaligus bertindak sebagai pelapis yang melindungi permukaan dari air, debu, ataupun kotoran yang hendak merembes. Pemberian lapisan sealant akan melindungi lantai beton dari potensi lecet akibat goresan maupun noda, dan tidak memerlukan penggantian yang sering. Untuk itu, pilihlah produk sealant yang tepat untuk permukaan lantai beton, dan gunakan sealant berbahan dasar air untuk lantai beton indoor.

Cara Membersihkan Noda Kotoran pada Lantai Beton – Dextone Multi Purpose Sealant

Pada praktiknya, lantai berbahan dasar beton memang kerap menjadi pilihan utama untuk area-area yang membutuhkan lantai yang durable, serta untuk area operasional beban tinggi. Oleh karena itu, pembersihan secara rutin dan konsisten merupakan kunci untuk menjamin operasional area agar tetap maksimal. Contohnya seperti area gudang dengan lalu lintas alat pengangkut barang yang membutuhkan permukaan lantai yang mulus agar barang tetap seimbang. Dengan adanya kotoran, maka proses pengangkatan dan distribusi dapat terganggu.

Mobilitas yang tinggi di area tertentu juga memerlukan permukaan lantai yang bersih guna meminimalisir resiko cedera akibat terpeleset noda minyak dan lainnya, khususnya ketika sedang membawa barang. Untuk itu, walaupun mungkin terdengar sepele, tetapi kebersihan merupakan salah satu kunci yang memuluskan produktivitas industri Anda. klikMRO hadir sebagai partner bisnis Anda terkait peralatan teknik dan industri. Konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami disini.