Cara Baca Kode Spesifikasi dan Material pada Batu Gerinda

0
1645

Ada spesifikasi khusus untuk batu atau material yang digunakan sebagai bahan baku batu gerinda. Untuk itu, penting untuk mengetahui batu gerinda apa yang hendak digunakan berdasarkan bahan tertentu. Dengan mengetahui bahan batu gerinda tersebut, maka Anda dapat lebih mudah memutuskan apakah gerinda tersebut adalah gerinda yang Anda cari atau butuhkan untuk proses pemotongan nantinya.

Setiap material yang hendak dipotong dengan batu gerinda tentu harus memiliki tingkat kekerasan yang lebih kecil dari material batu gerinda tersebut. Misalnya, untuk memotong besi / metal maka Anda dapat menggunakan gerinda dengan batu berbahan alumunium oxide. Sedangkan untuk memotong stainless steel, biasanya menggunakan white alumunium oxide. Untuk memotong batu, bahan bangunan, dan sebagainya dapat menggunakan batu gerinda berbahan silicone carbide. Lalu ada pula batu gerinda berbahan Green Silicone Carbide yang biasanya digunakan untuk memotong keramik, kaca, maupun material-material sejenis.

Dalam memotong sesuatu material, maka kekasaran atau halusnya batu gerinda akan berpengaruh terhadap keberhasilan pemotongan tersebut. Tingkat kekasaran batu gerinda sendiri terbagi menjadi 5 jenis, yakni kasar (coarse), sedang (medium), halus (fine), sangat halus (very fine) dan ultra halus (ultra fine). Selain tingkat kekasaran, hal seperti tingkat kekerasan material batu gerinda juga perlu diperhatikan dalam menentukan batu gerinda yang tepat untuk pekerjaan. Ukuran kekerasan batu gerunda terdiri dari 4 jenis, mulai dari sangat lunak (very soft), lunak (soft), sedang (medium), keras (hard) dan sangat keras (very hard).

Selanjutnya dalam hal perekatan, jenis perekatan yang digunakan untuk batu gerinda antara lain resinoid yang menggunakan bahan dasar resin untuk perekatan, resinoid reinforced yang menggunakan bahan resin yang diperkuat, kemudian vitrified yakni perekatan dengan memanaskan material ke titik cair, dan terakhir adalah sillicate yakni perekatan dengan menggunakan bahan silika.

Contoh batu gerinda Pferd dengan kode spesifikasi tertera pada bagian atas disc

Kode Spesifikasi Batu Gerinda

Untuk mengetahui spesifikasi dari batu gerinda, maka Anda dapat melihat kode yang tertera pada permukaan batu gerinda tersebut. Dibawah ini adalah beberapa macam kode untuk memudahkan Anda membaca spesifikasi batu gerinda:

Kode huruf yang menandakan bahan dan kandungan material batu gerinda:

  • A (Alumunium Oxideuntuk memotong besi / metal
  • WA (White Alumunium Oxide) untuk memotong stainless steel
  • C (Silicone Carbide) untuk memotong batu & bahan bangunan
  • GC (Green Silicone Carbide) untuk memotong keramik & kaca

Kode angka yang menandakan tingkat kekasaran permukaan batu gerinda:

  • 8-24 untuk permukaan kasar
  • 30-60 untuk permukaan sedang
  • 70-220 untuk permukaan halus
  • 221-800 untuk permukaan sangat halus
  • 801-1000 untuk permukaan ultra halus

Kode huruf yang menandakan tingkat kekerasan dan kekuatan perekatan material batu gerinda:

  • D, E, F, G untuk tingkat kekerasan yang sangat lunak
  • H, I, J, K untuk tingkat kekerasan cukup lunak
  • L, M, N, O untuk tingkat kekerasan sedang
  • P, Q, R, S untuk tingkat kekerasan keras
  • T, U V, W, X, Z untuk tingkat kekerasan yang sangat keras

Kode huruf yang menandakan jenis perekatan dari batu gerinda:

  • B untuk perekatan Resinoid
  • BF untuk perekatan Resinoid Reinforced
  • V untuk perekatan Vitrified
  • S untuk perekatan Sillicate

Kode spesifikasi batu gerinda terdiri dari paduan huruf dan angka, untuk itu pengertian terhadap kode-kode tersebut merupakan hal yang signifikan bagi para grinders.

Untuk itu, berikut adalah tata cara membaca spesifikasi batu gerinda:

Sebagai contoh, batu gerinda A memiliki kode tertera A30RBF , dan batu gerinda B memiliki kode spesifikasi A24SBF.

Batu gerinda A (A30RBF) terbuat dari material berbahan Alumunium Oxide (A) dengan tingkat kekasaran permukaan sedang (30), tingkat kekerasan yang keras (R). serta jenis perekatan material yang digunakan adalah Resinoid Reinforced (BF).

Sedangkan batu gerinda B (A24SBF) terbuat dari material berbahan Alumunium Oxide dengan tingkat kekasaran permukaan yang kasar, lalu dengan tingkat kekerasan yang keras, serta menggunakan perekatan Resinoid Reinforced.

Batu gerinda Bosch dengan kode spesifikasi tertera pada bagian kanan atas disc

Dengan mengetahui tata cara membaca spesifikasi kode batu gerinda tersebut, tentunya kita sudah dapat mengetahui mana jenis batu gerinda yang pas untuk kebutuhan kita. Dengan begitu maka hasil kerja akan lebih efektif dan efisien. Bagi Anda yang sedang mencari batu gerinda berkualitasdan original, dapat cek disini.

Jenis dan Tipe Mata Gerinda untuk Kebutuhan Grinding