Bosan Beli Kue untuk Lebaran? Bikin Saja Sendiri dengan Alat-Alat Ini

0
156

Roti dan kue menjadi salah satu kudapan yang paling disukai. Karena itulah, usaha toko cakery atau bakery terus menjamur. Bahkan kini para ibu rumah tangga pun berlomba-lomba terjun ke bisnis roti dan kue dengan mengusung nama mereka sendiri. Berbekal dari rasa ingin mencoba, kue yang disajikan pun siapa tahu akan menjadi favorit banyak orang. Jika Anda tertarik untuk membuat roti dan kue sendiri tanpa harus membeli barang jadi, kenalilah terlebih dahulu 6 peralatan produksi kue berikut:

  1. Timbangan

Ishida scale

Ketelitian dan presisi dalam campuran bahan menjadi kunci dalam pembuatan roti dan kue. Karena itu dibutuhkan timbangan kue untuk memastikan berat masing-masing bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan roti dan kue. Tekstur dan rasa kue yang dibuat sangat dipengaruhi oleh keakuratan dari timbangan kue yang digunakan. Saat ini tersedia pilihan timbangan kue manual dan juga digital dengan kapasitas maksimal beragam mulai dari 2Kg, 5Kg, 20Kg hingga 100Kg.

  1. Mixer

Mixer untuk bisnis roti dan kue tentu memiliki spesifikasi yang berbeda dengan mixer untuk pemula atau pembuat kue rumahan. Mixer untuk bisnis kue dan roti sebaiknya dipilih dengan kapasitas yang lebih besar, kecepatan mengaduk adonan yang bisa disesuaikan, dan dilengkapi dengan head mixer yang bermacam-macam. Mixer heavy duty ini akan membantu mengaduk bahan-bahan pembuat kue atau roti untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, hemat waktu, mudah dan hemat tenaga.

Fomac multifunction mixer machine

Saat ini sudah tersedia mixer multifungsi yang bisa digunakan untuk menguleni berbagai adonan, mulai dari adonan roti, cake atau bolu dan adonan pastry. Mixer multifungsi ini akan menghemat pengeluaran dibandingkan bila membeli mixer khusus untuk adonan-adonan berat dan mixer untuk adonan ringan.

  1. Food processor

Bamix food processor

Selain mixer untuk mengaduk adonan, food processor juga dibutuhkan untuk mencacah coklat atau kacang yang digunakan sebagai bahan adonan kue dan roti. Food processor juga sering dibutuhkan dalam proses pembuatan kue kering. Untuk kebutuhan bisnis kue dan roti, sebaiknya pilih food processor dengan kapasitas besar dan memiliki pengaturan kecepatan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Oven

Seperti halnya mixer, oven untuk bisnis kue dan roti memiliki spesifikasi yang berbeda dengan oven untuk keperluan sehari-hari. Untuk bisnis kue dan roti, sebaiknya pilihlah oven dengan kapasitas besar supaya bisa memanggang roti dan kue dalam jumlah yang banyak. Selain itu, pertimbangkan pula bahan bakar yang digunakan.

Fomac gas oven three decks

Banyak pelaku bisnis kue dan roti yang lebih memilih untuk menggunakan oven yang menggunakan bahan bakar gas dibandingkan dengan oven listrik. Alasannya, oven gas umumnya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan oven listrik. Selain itu, penggunaan oven gas bisa menekan biaya penggunaan listrik. Pemilik bisnis roti dan kue juga tak perlu kuatir jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik. Aktivitas produksi kue dan roti tetap bisa berjalan karena menggunakan oven berbahan bakar gas.

  1. Penggiling daging

Fomac meat grinder

Jika jenis kue dan roti yang diproduksi membutuhkan daging giling segar, maka alat penggiling daging menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki. Daging giling segar yang dihasilkan bisa digunakan untuk membuat sosis, daging burger ataupun daging untuk isian kue. Dengan memiliki alat penggiling daging sendiri, Anda bisa menentukan sendiri bagian-bagian daging yang hendak digunakan. Proses penggilingan daging juga bisa dilakukan setiap hari sehingga daging giling yang dihasilkan benar-benar segar. Untuk kebutuhan bisnis kue dan roti, tersedia alat penggiling daging dengan kapasitas besar 120Kg hingga 1200Kg.

  1. Alat pemajang kue

Alat pemajang kue atau cake showcase secara khusus dirancang untuk memajang aneka kue dan roti mulai dari kue kering, kue basah, tart, puding dan aneka produk kue lainnya. Tak hanya membuat kue dan roti terlihat lebih menarik dan bersih, cake showcase ini juga membantu mempertahankan kualitas kue dan roti.

Fomac heat preservation showcase

Alat pemajang kue ini tersedia dengan pilihan warm atau heat showcase, cooler showcase dan normal showcase. Heat showcase digunakan untuk memajang makanan agar tetap hangat. Misalnya saja untuk memajang dan penyimpan pizza, lumpia, roti isi dan produk sejenis lainnya.

Sedangkan cooler showcase dipakai untuk memajang dan menyimpan kue-kue yang membutuhkan suhu dingin supaya lapisan krim tidak meleleh. Misalnya saja blackforrest, cheesecake, puding dan produk sejenis lainnya. Sementara normal showcase memiliki suhu ruang atau normal dan berfungsi menyimpan dan memajang roti-roti yang bisa bertahan dalam suhu ruang seperti brownies, donat, roti tawar, muffin dan lainnya.

7. Baking Tray

Flowery non-stick cake tray

Nampan kue diperlukan dalam setiap pembuatan roti ataupun kue. Nampan ini membantu untuk menentukan bentuk kue / roti sehingga mengikuti bentuk pilihan. Dalam penggunaan oven pun, baking pan ini digunakan untuk menampung kue atau roti hasil adonan yang dipanaskan sehingga menjadi layak konsumsi.

Nah, itulah peralatan-peralatan produksi yang diperlukan untuk bisnis bakery ataupun cakery. Peralatan tersebut merupakan investasi awal untuk menggeluti bisnis kue dan roti, selain investasi berupa tempat usaha tentunya. Dengan peralatan produksi yang modern ini, pekerjaan-pekerjaan dalam produksi kue dan roti bisa dilakukan dengan lebih mudah, cepat, akurat dan tidak menguras tenaga.

Peluang Usaha Menggiurkan Sebagai Pemasok Es Batu Kristal

Hidup Sehat dengan Jus!

Referensi:

goukm.id

bbcgoodfood.com