Awas Tinta Printer Palsu Banyak Beredar di Indonesia! Ini Cara Memilihnya

0
138

Tinta printer palsu banyak beredar di Indonesia – Kabar mengejutkan datang dari hasil survei yang dilakukan oleh MIAP atau Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan. MIAP mencatat dan merilis ada 6 produk palsu yang paling banyak beredar di Indonesia. Keenam produk palsu yang paling banyak beredar tersebut antara lain tinta printer, kosmetik, obat-obatan, barang fesyen, produk kulit, dan perangkat lunak (software) untuk komputer.

Kabar lebih mengejutkannya, produk tinta printer palsu berada di daftar teratas di antara produk-produk palsu tersebut. Tinta printer palsu adalah salah satu produk yang paling banyak dipalsukan dan ditemukan di pasaran. Bahkan, setiap tahunnya, angka pemalsuan tinta printer tersebut malah semakin meningkat.

Angka peredaran produk palsu tersebut, masih berdasar data yang dirilis MIAP beberapa tahun yang lalu, hampir 50% di antaranya adalah produk tinta printer. Kemudian pakaian palsu sekitar 38%, produk kulit 37%, perangkat lunak 33%. Terakhir, untuk produk kosmetik mencapai 12%, makanan dan minuman sekitar 8,5% dan produk obat-obatan, jamu dan farmasi lainnya sekitar 3,8%. Tentunya, dengan angka yang sedemikian besar, bisa dikatakan bahwa 1 dari 2 produk tinta printer yang Anda temukan di pasaran kemungkinan adalah produk palsu.

Wajar saja kalau tinta printer menempati produk dengan jumlah produk palsu terbanyak beredar di negara ini, karena tinta printer memiliki pangsa pasar yang cukup besar, mulai dari sekolah baik tingkat dasar hingga menengah atas, kemudian ke tingkat sekolah tinggi atau universitas, juga kantor dan perusahaan, terakhir untuk kebutuhan di perumahan. Dengan pangsa pasar sebesar itu, tentunya produsen produk palsu ini mampu meraup keuntungan yang sangat besar dengan produk-produk palsu yang beredar di masyarakat ini.

Kerugian Menggunakan Produk Palsu

Lantas, apa saja kerugian menggunakan produk tinta palsu? Tentunya, yang pertama adalah resiko kerusakan pada mesin printer Anda. Kerusakan tersebut dimulai dari kerusakan pada bagian cartridge, print head, dan berakhir ke mesin printer itu sendiri. Kemudian, kualitas hasil juga akan terlihat dari dokumen yang dicetak, mulai dari dokumen yang kabur, tidak jelas, dan sebagainya. Bahkan tinta palsu memiliki isi tinta yang jauh lebih sedikit dibanding tinta asli,  tinta palsu dicampur dengan cairan lain pada larutan tinta sehingga sekilas tetap berbobot.

Dengan adanya teknologi printer terbaru, sistem microchip yang disematkan di printer dapat mendeteksi penggunaan tinta lain / tinta palsu dan membuat printer tidak dapat berfungsi. Bahkan untuk beberapa kasus, pihak penyedia garansi dapat menghilangkan / menghanguskan garansi mesin printer Anda apabila menemukan penggunaaan tinta printer palsu. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Meskipun tinta printer palsu banyak beredar di Indonesia, justru kita harus pintar-pintar memilih. Berikut adalah tips agar terhindar dari pembelian tinta printer palsu:

Biasakan Riset Terlebih Dulu

Untuk mengetahui tinta printer tersebut asli atau tidak, maka Anda musti melakukan riset terlebih dulu baik secara online maupun offline. Produsen produk yang asli tentunya menyematkan pertanda berupa hologram, tanda air, dan sebagainya di produk yang mereka buat untuk membedakan dengan yang palsu.

Tentunya, hologram khusus tertentu akan sulit untuk ditiru oleh para pemalsu. Ditambah lagi, ada berbagai tanda lain untuk produk original, seperti nomor produk, barcode dan sebagainya yang menjadikan pemalsu akan sulit mengikutinya. Dengan melakukan riset dan pemantauan review online terlebih dulu, Anda bisa melakukan pembelian terhadap produk apapun dan lebih dapat memastikan keasliannya.

Perhatikan Tempat Pembelian

Sangat disarankan untuk membeli produk tinta printer di penjual yang terpercaya. Untuk memastikan keasliannya, Anda bisa membeli di toko resmi dari brand tinta printer tertentu sebagai pembelian in-store, dan Anda juga dapat membeli melalui situs belanja online atau e-commerce.  Namun jangan mudah tergiur dengan harga yang terlalu murah di pasaran, terutama untuk tinta printer, karena resiko akan ditanggung sendiri. Lebih baik lakukan riset dan pantau review penjual terlebih dahulu sebelum membelinya.

Toko perkakas online KlikMRO.com tentunya dapat pula menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih dan menyuplai tinta printer orisinal dan berkualitas. Salah satu tinta printer yang dijual di situs ini adalah e-Print. Tinta e-Print memiliki kualitas yang unggul dengan harga cukup terjangkau di sekitar Rp 49.000 saja.

Tinta E-Print L Series

Sesuai pembahasan kali ini, yang terpenting adalah produk ini merupakan produk yang orisinal. Hal tersebut berkaitan dengan situs klikMRO yang tentunya tidak akan menjual tinta printer palsu dengan jaminan orisinal yang ditawarkan. Tidak hanya tinta printer, Anda juga bisa mendapatkan sejumlah peralatan lain untuk kantor Anda mulai dari mesin printer, mesin cetak bon, ATK, furnitur, perlengkapan toko, software orisinil, dan sebagainya.

Dengan demikian, Anda lebih bijak dalam mengambil keputusan pembelian, terutama terkait kebutuhan sendiri maupun kebutuhan kantor. Walaupun tinta printer palsu banyak beredar di Indonesia, jangan mudah tergiur dengan harganya yang murah. Harga yang ditawarkan tidak sebanding dengan resiko kerusakan pada mesin printer Anda, serta berkurangnya kualitas hasil dan jumlah lembar yang dapat dihasilkan. Dengan menggunakan tinta printer orisinil, Anda dapat menunjang produktivitas lebih, serta di saat yang bersamaan Anda secara langsung mengurangi populasi permintaan terkait tinta printer palsu lho!

 

Baca Juga:

Ketahui 4 Teknologi Mutakhir Printer yang Bisa Diaplikasikan di Kantor

Memilih Kertas yang Pas Untuk Usaha Fotocopy