APD untuk Perlindungan Wajah dan Tangan dalam Industri Kimia & Farmasi

0
494

APD Wajah dan Tangan Dalam Industri Kimia & Farmasi – Pekerjaan di industri kimia, seperti farmasi atau di laboratorium tentunya memiliki risiko terpapar zat-zat kimia yang berbahaya. Untuk itulah, Alat Pelindung Diri (APD) menjadi hal yang sangat penting dan perlu dicatat oleh setiap perusahaan tertentu agar lebih detail melihat para pekerjanya.

Khusus untuk industri kimia, ada banyak pelindung yang digunakan mulai dari pelindung kepala, pakaian pelindung, sepatu, sarung tangan dan sebagainya. Dalam artikel kali ini, yang akan diulas adalah perlindungan untuk wajah, serta tangan dalam industri kimia. Sebab, dua bagian ini lebih bersentuhan, terpapar dan berisiko terkena dampak buruk dari zat kimia di tempat bekerja. Apa saja APD untuk wajah dan tangan yang sering digunakan dalam industri kimia? Berikut ulasannya.

Alat Pelindung Wajah

– Face Shield

APD Wajah dan Tangan Dalam Industri Kimia & Farmasi  – Trusco Face Shield di klikMRO.com

Alat pelindung wajah yang pertama dan sering digunakan adalah face shield atau pelindung/perisai wajah. Wajah tentunya memiliki kulit yang lebih sensitif. Bahkan, pada beberapa orang, sensitivitas kulitnya juga lebih tinggi ketimbang yang lain. Jadi, agar wajah tidak terpapar oleh zat kimia, maka face shield ini sangat dibutuhkan.

– Safety Goggles / Safety Glasses

APD Wajah dan Tangan Dalam Industri Kimia & Farmasi – 3M Fahrenheit Safety Goggles di klikMRO.com

Safety Goggle / Safety Glasses merupakan kacamata pelindung. Tentunya, mata bisa berisiko terpapar zat kimia yang bisa berakibat sangat buruk, hingga dapat mengakibatkan kebutaan. Oleh karena itu, selalu gunakan safety goggles ketika bekerja. Terlebih perlindungan mata ini sangat berguna dalam mengatasi polusi hingga partikel berbahaya lainnya seperti debu, bakteri, serta virus.

– Pelindung Telinga / Earplugs

APD Wajah dan Tangan Dalam Industri Kimia & Farmasi – Moldex Earplugs di klikMRO.com

Pelindung telinga dalam hal ini berkaitan dengan penggunaan ultrasonic cleaner. Ultrasonic Cleaner merupakan alat yang dapat menciptakan suara ultrasonic untuk membersihkan bakteri dan virus yang menempel pada peralatan medis.

APD Wajah dan Tangan Dalam Industri Kimia & Farmasi – Labtech Ultrasonic Cleaner di klikMRO.com

Dengan pelindung telinga, frekuensi yang berbahaya tersebut dapat dinetralisir sebelum mengenai gelindang telinga. Selain itu, alat plindung yang satu ini mampu melindungi telinga Anda dengan baik dari tekanan, termasuk kemungkinan zat kimia yang bisa masuk ke telinga. Alat pelindung ini terdiri dari ear plug (sumbat telinga) dan penutup telinga.

Sarung Tangan

Berikutnya adalah alat pelindung tangan atau safety gloves. Tentunya, untuk pelindungan yang baik, sarung tangan yang digunakan tentu juga harus berkualitas baik. Sarung tangan menjadi mutlak diperlukan, sebab industri kimia akan menjadikan tangan Anda dengan zat kimia sangat sering bertemu. Ada beberapa jenis sarung tangan yang bisa Anda gunakan, antara lain:

– Sarung tangan kain (Knit Safety Gloves)

APD Wajah dan Tangan Dalam Industri Kimia & Farmasi – Emaro Approved Knit Safety Gloves di klikMRO.com

Sarung tangan kain / knit safety gloves bisa melindungi Anda ketika memegang bahan logam, kaca dan setipenya agar lebih kuat ketika memegang. Jadinya, kerugian dan kecelakaan akibat jatuhnya benda yang dipegang menjadi lebih kecil.

– Sarung tangan asbes (Heat Resistant Gloves)

APD Wajah dan Tangan Dalam Industri Kimia & Farmasi – As One Heat Resistant Gloves di klikMRO.com

Sarung tangan kain kurang baik dalam melindungi tangan dari panas. Apalagi, bila benda yang dipegang memiliki suhu yang tinggi. Oleh karena itu, Anda memerlukan perlindungan lebih, yakni menggunakan heat resistant gloves.

– Sarung tangan latex (Latex Safety Gloves)

APD Wajah dan Tangan Dalam Industri Kimia & Farmasi  – Latex Safety Gloves di klikMRO.com

Sarung tangan latex kerap digunakan karena kelenturan dan fleksibilitasnya, serta merupakan salah satu bahan yang dapat melindungi tangan dengan baik dari cairan kimia yang berbahaya. Oleh karena itu, latex safety gloves kerap digunakan dalam industri kesehatan dimana membutuhkan pergerakan tangan yang bebas serta ukuran yang tipis dan keta memudahkan kegiatan operasional medis.

– Sarung tangan kimia (Chemical Safety Gloves)

APD Wajah dan Tangan Dalam Industri Kimia & Farmasi  – Chemical Resistant Nitrile Gloves di klikMRO.com

Baik sarung tangan latex maupun sarung tangan kain, mungkin tidak 100% menahan partikel kimia yang berbahaya. Selain itu, bakteri dan virus juga dapat mengenai tangan apabila penanganan material waterproof kurang tepat. Hasilnya, risiko terpapar tetap ada. Untuk itu, dibutuhkan sarung tangan yang dapat memiminalisir bahkan menghilangkah resiko tersebut. Chemical safety gloves memberikan perlindungan waterproof serta tahan terhadap zat kimia berbahaya, sehingga paling banyak digunakan di industri kimia hingga industri farmasi.