Apa yang Dimaksud Dengan Smart Mining dalam Dunia Tambang?

0
324

Apa yang Dimaksud Dengan Smart Mining dalam Dunia Tambang? – Berawal dari tujuan dasar sebuah bisnis, semua perusahaan tentunya ingin mendapatkan keuntungan, baik dengan pencapaian economic of scale , growth, serta market share yang baik sesuai segmentasinya. Beberapa langkah strategis pun kerap dilakukan untuk memangkas biaya operasional tanpa mengorbankan produktivitas, meningkatkan kekayaan aset, hingga meningkatkan kualitas SDM dan keselamatan kerja.

Segala strategi yang dibuat manajemen tentunya memiliki dasar data yang kuat, serta ide terkait inovasi maupun perubahan, baik dari segi proses bisnis, ekspansi, manajemen karyawan, dan sebagainya. Untungnya di era digitalisasi ini, perusahaan dapat memanfaatkan ekosistem teknologi yang terhubung untuk mendapatkan data yang terintegrasi, baik secara real-time maupun forecasted. Dengan ketersediaan data yang tepat, maka pembuatan langkah strategis perusahaan menjadi lebih proaktif.

Pada pembahasan kali ini, klikMRO akan memberikan gambaran mengenai istilah Smart Mining:

Alat Teknik lengkap

Otomatisasi Penambangan di Luar Pengangkutan dan Pengeboran
Peran Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence, dan Machine Learning telah menuntun kita dalam perubahan menuju ekosistem yang lebih terhubung. Peran otomatisasi ini merujuk pada data yang diperoleh dari hulu ke hilir, seperti pada pemodelan geologi, hingga pelaksanaan operasional dan pengembangan. Umumnya, teknologi IoT di diterapkan perusahaan agar memudahkan manajemen ataupun pelaku industri lainnya untuk mengakses dan mendapatkan lebih banyak wawasan mengenai proses di lapangan.

Dari segi peralatan dan aset operasional, teknologi IoT memungkinkan perusahaan dalam melaksanakan predictive maintenance, dimana bertujuan untuk memastikan peralatan beroperasi mendekati runtime sempurna, yakni 24/7 dalam 365 hari setahun. Dari sinilah peran teknologi memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan hasil maksimal dari apa yang sudah diinvestasikan khususnya aset mesin pertambangan.

Semakin banyak data operasional penting, maka semakin banyak pula ancaman keamanan data. Keamanan data menjadi topik yang semakin hangat sekarang ini, dan tidak terkecuali bagi industri pertambangan, terutama karena pengadopsian solusi semi-otonom dan otonom.

Dalam pengadopsian teknologi, diperlukan sinergi untuk menghadapi perubahan dalam manajemen proses hingga operasional. Hal ini umumnya menjadi salah satu pertimbangan perusahaan karena tidak hanya melibatkan lingkup operasional tetapi juga melibatkan keseluruhan organisasi.

Teknologi Penambangan Terintegrasi
Salah satu keuntungan utama dari aplikasi teknologi pertambangan yang terintegrasi yakni dapat meningkatkan value perusahaan, khususnya pada kemampuan untuk bermitra dengan pelanggan. Dalam hal ini, perusahaan dapat memberikan nilai lebih kepada pelanggan melalui pemanfaatan teknologi yang ada. Proses integrasi teknologi tersebut diharapkan dapat menghubungkan proses perencanaan baik meliputi operasional, keselamatan, hingga proses feedback lainnya yang diperlukan perusahaan dalam implementasi teknologi.

Salah satu contoh integrasi teknologi dalam lingkup operasional, dimana ekosistem yang terhubung secara otonom melalui sistem radar dapat mendeteksi wall failure, lalu operator truk secara otomatis diperingatkan untuk mengevakuasi area tersebut. (source: hexagonmining)

Kunci Penting Menuju Smart Mining
Dalam perkembangan teknologi saat ini, mungkin kita telah melihat tren otomotif yang menuju ke kendaraan otonom. Dalam dunia industri, teknologi diharapkan dapat membantu memastikan peralatan mesin agar beroperasi mendekati runtime sempurna agar mendapatkan ROI yang lebih baik dari investasi aset awal. Pada akhirnya, hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap produktivitas kinerja karyawan serta faktor keamanan dan keselamatan. Dengan mengurangi interaksi manusia di lokasi tambang, perusahaan dapat membuat proses operasional mereka lebih aman dan lebih produktif, namun harus dengan cara yang tepat pula.

Otomatisasi dalam dunia tambang tidak hanya merujuk pada kendaraan tambang yang melakukan perjalanan dari A ke B secara otonom. Implementasi smart mining pada kendaraan tambang umumnya terhubung dalam ekosistem teknologi untuk membantu mengetahui bagaimana penjadwalan pergerakan transportasi daoat mempengaruhi proses pengangkutan hasil tambang, haulage, dan rekonsiliasi.

Mempercepat Proses Decision Making di Lapangan
Semua perusahaan tentunya ingin bisa membuat keputusan baik di lapangan maupun keputusan strategis, secara lebih cepat, tepat, dan lebih proaktif.  Peran teknologi komunikasi dan deteksi dapat membantu menjembatani kesenjangan / gap antara rencana strategis, rencana taktis, dan pelaksanaan tugas operasional dalam pemindahan material. Dengan ketersediaan data dan kemudahan kontrol, teknologi dapat memberikan wawasan yang lebih luas terkait eksekusi operasional di lapangan agar bisa diselaraskan dengan strategi perusahaan.

Apakah Smart Mining Penting di Aplikasikan di Indonesia?

Istilah Smart Mining yang berarti ‘Tambang Pintar’ memunculkan tiga metodologi utama, yakni perangkat pintar, perangkat terhubung, dan perangkat IoT. Jadi istilah smart ini bergantung pada pemanfaatan data dan informasi melalui integrasi ketiga aspek teknologi tersebut, dengan tujuan untuk mempermudah proses decision making dan pembuatan langkah strategis, mempermudah pemantauan dan kontrol di lapangan, serta menambah nilai lebih kepada client.

Dalam aspek keselamatan pekerja pada proses operasional pertambangan, teknologi yang terintegrasi dengan IoT dapat dimulai dari hal kecil, yakni helm pelindung pintar. Bagaimana cara kerjanya? Helm pelindung disematkan beberapa jenis sensor untuk mendeteksi lokasi pekerja, kondisi kesehatan pekerja, alat komunikasi, hingga pemantauan suhu di area sekitar. Helm ini memudahkan operator ataupun supervisor lapangan untuk melacak pergerakan pekerja dan membantu memastikan kondisi pekerja khususnya pada pekerjaan di dalam lubang penggalian.

Peran Teknologi dalam Pengadaan Kebutuhan Tambang

Proses bisnis pertambangan yang efektif tidak terlepas dari pengadaan yang efisien. Pengadaan pun menjadi salah satu aspek penting untuk menunjang kebutuhan operasional serta menjaga keselamatan pekerja. Digitalisasi pengadaan dalam hal ini dapat membantu perusahaan dalam mendapatkan produk barang yang diperlukan, melalui fitur pengadaan yang dikhususkan untuk perusahaan seperti auto quotation, approval level, B2B register, dan lainnya. Dari sini perusahaan dapat memantau proses pengadaan secara real time, tepat, dan transparan.

klikMRO hadir sebagai partner pengadaan digital bagi perusahaan yang ingin meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengadaan di tengah pandemi ini. Melalui kolaborasi dengan produk dan brand ternama dalam kategori MRO, klikMRO menyajikan kemudahan pengadaan barang MRO untuk industri tambang, mulai dari peralatan cleaning, peralatan safety, dan lainnya hanya melalui satu platform digital di klikMRO.com

Mari permudah proses pengadaan Anda bersama kami disini