Apa Itu Fluida dan Bagaimana Penerapannya pada Mesin Maupun Perkakas?

0
101
Penggunaan Fluid pada Mesin & Perkakas - Blog klikMRO

Penggunaan Fluida pada Mesin Maupun Perkakas – Pernah mendengar istilah “fluida”? Fluida sangat dikenal di industri kimia. Fluida diartikan sebagai sebuah cairan / zat yang mampu mengalami perubahan bentuk secara terus menerus, apabila terkena gaya geser atau tekanan, baik kecil sekalipun. Meski sering disebutkan mengalir, tapi fluida tidak melulu zat cair. Dari bentuknya, terdapat dua jenis fluida yakni fluida minyak dan fluida gas. Fluida gas memiliki sifat yang dapat mengalir dan bisa berubah bentuk apabila terkena tekanan tertentu. Tentu saja, benda padat tidak termasuk fluida karena tidak mampu mengalir dan tidak mampu mengalami perubahan secara kontinyu.

Berdasarkan jarak pisah, maka fluida gas memiliki jarak pisah yang relatif jauh, sedangkan fluida cair memiliki jarak pisah yang cukup kecil. Jarak tersebut terbentuk karena fluida merupakan molekul-molekul yang tersusun menjadi sebuah gugusan. Antar molekul tidak bisa terikat di sebuah sisi, karena setiap molekul akan bergerak bebas satu sama lain.

Ada dua jenis fluida, yakni fluida statis dan fluida dinamis. Fluida statis adalah fluida yang diam, sedangkan fluida dinamis adalah fluida yang terus bergerak.

Penerapan Fluida dalam Perkakas atau Mesin

Ada beberapa contoh penerapan konsep fluida pada perkakas atau mesin. Berikut contoh-contoh sederhana penerapan tersebut:

Fluida di Dongkrak Hidrolik

Contoh pertama yang paling sederhana dalam aplikasi hukum Pascal adalah dongkrak hidrolik. Pada dongkrak hidrolik, penghisap kecil akan diberi gaya tekan, yang kemudian diteruskan di fluida di dalamnya. Fluida dalam dongkrak hidrolik biasanya berupa minyak. Fluida tersebut yang akan menghadirkan gaya angkat di penghisap besar, yang kemudian dapat mengangkat beban.

Dengan kata lain, dongkrak hidrolik menjadikan prinsip atau konsep fluida dapat teraplikasi. Dengan gaya tekan yang diberikan pada fluida di ruang tertutup akan menjadikan tekanan diteruskan ke segala arah dengan sama rata.

Penggunaan Fluida pada Mesin & Perkakas – Dongkrak Hidrolik OMCN

Selanjutnya, ada pompa hidrolik yang kerap digunakan untuk memompa ban, khususnya sepeda. Pompa ini juga menggunakan gaya tekan di atasnya, yang kemudian melalui penghisap kecil dialirkan ke fluida. Kemudian, dialirkan ke penghisap besar yang mengeluarkan tekanan udara.

Penggunaan Fluida pada Mesin & Perkakas – Pompa Hidrolik Rexroth

Berikutnya, ada mesin hidrolik atau hydraulic machine yang kerap digunakan pada alat berat. Dalam penerapannya, fluida akan dikontrol secara otomatis melalui katup kontrol, yang kemudian mengalirkan atau mendistribusikannya melalui selang, tabung, pipa dan sebagainya. Hasilnya, kekuatan yang cukup besar akan hadir lewat tabung-tabung tersebut untuk mengangkat beban atau sesuatu.

Penerapan konsep fluida juga diterapkan pada rem piringan hidrolik. Hal ini ditujukan dalam sistem pengereman di mobil. Cara kerjanya, rem mobil dihubungkan dengan sejumlah pipa ke master silinder. Baik master silinder maupun pipa tersebut semuanya berisi minyak rem dengan penuh. Lalu, gaya tekan dengan menginjak pedal rem menjadikan master silinder tertekan.

Kemudian, diteruskan ke setiap silinder rem dengan fluida berupa minyak rem tadi. Gaya tekan yang diteruskan itulah yang kemudian menjepit piringan logam yang menghentikan putaran roda.

Perbedaan Sistem Kerja Pneumatik dan Hidrolik

Penerapan Fluida di Hidrometer

Penggunaan Fluida pada Mesin & Perkakas – Baume Hidrometer As One

Masih ada lagi penerapan fluida pada perkakas dan mesin, yakni di hidrometer. Alat ini kerap digunakan untuk mengukur masa jenis zat cair. Cara kerjanya dengan menerapkan hukum Archimedes, yakni dengan tabung-tabung kaca. Tabung kaca diberikan timbal di bagian bawahnya agar dapat tegak di dalam zat cair tertentu. Desain dari tangkai tabung kaca tersebut menjadikan perubahan yang relatif kecil dari berat benda yang dipindahkan akan menghasilkan perubahan pada tangkai yang diletakkan di dalam air atau zat cair. Dengan demikian, akan ada perbedaan pada skala untuk menghitung massa dari zat cair tersebut.

Demikian pembahasan singkat terkait fluida dan penerapannya pada mesin dan perkakas. Untuk pembelian perkakas dan mesin yang menerapkan fluida ini, Anda bisa mendapatkannya di situs klikMRO. Tentunya, klikMRO menawarkan produk industrial dan perkakas terbaik sesuai kebutuhan Anda dari brand terpercaya.

Cara Efektif Menggunakan Cairan Anti Karat untuk Mencegah Korosi