Alat Pemadam Kebakaran Itu Penting! Begini Tips dan Cara Menggunakannya

0
45

Alat pemadam api merupakan suatu alat safety atau alat perlindungan kebakaran aktif yang digunakan untuk memadamkan api dan untuk mengendalikan kebakaran kecil, umumnya pada situasi darurat. Walaupun memiliki alat pemadam api / kebakaran di rumah maupun lingkungan kerja sangat penting, namun masih banyak di antara kita masih kurang peduli dengan tersedianya APAR. APAR adalah alat pemadam api ringan, lebih jelasnya APAR ini berbentuk seperti tabung berukuran kecil / portable, hingga ukuran besar.

APAR by Mitasu

Selain itu, APAR juga dapat disediakan untuk berjaga-jaga jika ada deteksi dini akan titik api sehingga kebakaran masih dapat dikontrol. Karena bentuknya yang kecil dan praktis tentunya Anda dengan mudah bisa membawanya kemana-mana atau bisa dipindahkan pada tempat yang Anda inginkan. Alat pemadam api ringan ini sebaiknya Anda miliki di setiap rumah, kantor, dan tempat kerja Anda, bahkan jika perlu Anda bisa meletakkan di setiap titik yang memungkinkan untuk terjadinya kebakaran. Contohnya ruang dapur, gudang, ruang instrumen elektronik, dan sebagainya.

Selain APAR, ada juga yang namanya APAB (alat pemadam api berat), disebut APAB dikarenakan pada umumnya APAB ini dilengkapi denga dua buah roda untuk mengangkutnya. Roda ini sangat berguna dikarenakan APAB memiliki bobot berat yang berkisaran 20kg sampai 100kg.

Penggunaan Pemadam Api yang Tepat untuk Berbagai Klasifikasi Kebakaran

 

Teknologi Alat Pemadam Api

Metronic System adalah Automatic Fire Extinguishing System yang sangat handal dengan teknologi mutakhir, dipasang pada plafon ruangan area berbahaya. Kombinasi teknologi antara Thermal System (Thermatic) dan Fire Suppression System (Total Flooding System) menghasilkan sistem baru yang handal dengan harga yang cukup ekonomis.

Pemadam Api Metronic System by Servvo

SERVVO SMT 1100 FE-36 dilengkapi dengan “METRONIC ACTUATOR” yang dihubungkan dengan panel sistem penginderaan api (Fire Alarm Control Panel) dengan sistem pendeteksi asap maupun panas. Dapat diaktifkan secara pararel maupun secara bersamaan, sehingga dapat difungsikan sebagai alternatif Total Flooding System.

Keunggulan lain dari SERVVO SMT 1100 FE-36 dapat berfungsi sebagai Thermatic Fire Extinguisher. Apabila terjadi kegagalan fungsi pada sistem penginderaan api, maka SERVVO SMT 1100 FE-36 tetap dapat berfungsi sebagai Thermatic System.

Alat pemadam api tipe ini cocok untuk digunakan pada aplikasi ruang server, ruang komputer, BTS, dan ruang laboratorium.

Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) harus diposisikan pada tempat yang memenuhi syarat seperti:

  1. Berjarak 20 meter
  2. Ditempatkan pada tempat yang mudah untuk di jangkau
  3. Memperhatikan suhu yang ada di sekitarnya
  4. Terletak pada jalur keluar arah refleks pelarian
  5. Tidak terkunci
  6. Intensitas api pada saat terjadi kebakaran cepat menjalar
  7. Tempat yang berkemungkinan timbulnya reaksi kimia

 

Adapun Cara Penggunaan APAR / alat pemadam kebakaran ringan:

1. Tarik pin pengaman yang berbentuk seperti kunci pada bagian APAR.
2. Peganglah tabung dan arahkan selang pada titik api.
3. Tekan tuas pegangan/katup, yang biasa terletak di atas tabung, untuk mengeluarkan isi tabung.
4. Semprotlah pada titik (sumber) api dari sisi ke sisi dengan gerakan seperti menyapu. Ingat, semprot ke sumber api bukan ke lidah api.

 

Selanjutnya adalah Cara Penggunaan APAB / Alat pemadam kebakaran berat:

1. Letakkan APAB atau alat pemadam kebakaran sekitar 50 meter dari lokasi kebakaran (sebaiknya Anda tidak berada terlalu dekat dengan api).
2. Letakkan APAB atau alat pemadam kebakaran dalam posisi tegak.
3. Tarik pin pengaman, yang umumnya berbentuk T, untuk membuka cartridge.
4. Bentangkan selang penyemprot dan tekan tuas pegangan/katup untuk menyemprotkan medium pemadam kebakaran ke arah api.

Sebenarnya penggunaan APAB dan APAR tidak jauh berbeda, hanya saja APAB biasanya digunakan untuk area yang lebih luas. APAB biasanya digunakan pada tempat dengan resiko kebakaran tinggi seperti SPBU, gedung perkantoran, hotel, rumah sakit, bandara, pabrik, gudang, proyek infrastruktur, dan lainnya.