Pressure Gauge didalam Industri

0
1311

Pressure Gauge adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan fluida (gas atau liquid) dalam tabung tertutup. Satuan dari alat ukur tekanan ini berupa psi (pound per square inch), psf (pound per square foot), mmHg (millimeter of mercury), inHg (inch of mercury), bar, ataupun atm (atmosphere). Pressure Gauge dapat digunakan dalam rangka pemantauan tekanan udara dan gas dalam kompresor, peralatan vakum, jalur proses, dan aplikasi tangki khusus seperti tabung gas medis dan alat pemadam kebakaran. Selain indikasi visual, beberapa alat pengukur tekanan dikonfigurasi untuk memberikan output listrik dari tekanan yang ditunjukkan dan pemantauan variabel lain seperti suhu.

Pada area industri, banyak sekali macam macam pressure gauge yang digunakan, bergantung dengan fungsi dan kegunaan dari pressure gauge tersebut. Macam macam pressure gauge tersebut jika dilihat dari fungsinya maka dapat dibedakan seperti berikut :

Industrial pressure Gauge adalah alat pengukur yang terbuat stainless steel dirancang untuk Industri secara umum contohnya untuk minyak dan gas, bahan bakar alternatif, manufaktur kimia dan industri hidrolika mobil. Sebuah Industrial Pressure Gauge cocok untuk media yang tidak akan menghalangi sistem tekanan yang akan diukur.

Process Pressure Gauges dapat melindungi terhadap lingkungan yang sangat ekstrim, seperti di industri petrokimia. Dimana pada area tersebut sistem pasti akan mengalami getaran dan korosi. Oleh karena itu Alat Process Pressure Gauges sangat diperlukan untuk industri pada area minyak, gas dan aplikasi kimia.

Pipeline indoors oil refining

High Precision Test Gauges dirancang untuk kalibrasi dan pengujian laboratorium. Alat ini merupakan pengukur tes yang sangat akurat dan sangat cocok untuk aplikasi korosif dan aplikasi bidang industri. Biasanya High Precision test Gauges ini sudah menggunakan pembacaan digital untuk menghindari kesalahan dalam membaca skala. High Precision Test Gauges dimaksudkan untuk panel pemantauan tekanan, media gas atau cairan yang tidak akan menghalangi sistem tekanan atau merusak tembaga pada suatu bagian industry dan aplikasi industri proses tersebut.

Differential Gauges dan Duplex Pressure Gauges dirancang khusus untuk area minyak dan gas, bahan bakar alternatif, kimia, HVAC, proses pendinginan dan industri penanganan udara. Differential Gauges dan Duplex Pressure Gauges adalah pengukur tekanan yang dapat mengukur dua tekanan, tekanan tinggi dan rendah maupun tekanan statik. Differential Gauges dan Duplex Pressure Gauges sangat cocok untuk lingkungan korosif dengan media cair atau gas, gas kriogenik dan ketika suatu pemisahan dari media diperlukan.

Selain macam macam Pressure Gauge yang ada, perlu diketahui juga berapa kisaran dari kerja suatu Pressure Gauge hal tersebut diperlukan untuk mengetahui tekanan maksimum yang diijinkan di mana sistem atau peralatan dirancang untuk beroperasi dengan aman. Kisaran ini harus ditentukan sesuai dengan kisaran tekanan yang diharapkan perangkat dapat beroperasi. Kebanyakan alat pengukur tekanan memiliki akurasi tertinggi di sepertiga tengah gauge. Oleh karena itu gauge yang dipilih harus memiliki jangkauan sekitar dua kali tekanan pada operasi normal.

Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Pressure_measurement                                             http://www.globalspec.com/learnmore/sensors_transducers_detectors/pressure_sensing/pressure_gauges

http://dallavalve.blogspot.co.id/2014/07/pengertian-pressure-gauge.html

http://www.wika.us/solutions_pressure_gauge_importence_to_operations_en_us.WIKA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here