9 Cara Menghemat Pengeluaran Perusahaan di Era Pandemi

0
174

9 Cara Menghemat Pengeluaran Perusahaan di Era Pandemi – Bisnis yang berkelanjutan merupakan hasil atas proses operasional yang unggul dan pasar yang menguntungkan. Di era pandemi  yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, diperlukan adaptasi luar biasa untuk menjaga kelangsungan bisnis, baik dari segi penghematan biaya, fokus ke market baru, hingga memangkas sejumlah proses operasional bisnis. Namun hal-hal tersebut umumnya ada yang bersifat temporer dan juga permanen.

Salah satu langkah krusial untuk bertahan di pandemi ini adalah pengurangan biaya. Tentunya kebijakan pengurangan biaya ini dapat dilihat dari sisi positif dan negatifnya bagi perusahaan, karyawan, hingga pelanggan. Namun pada intinya, menurunkan biaya adalah sebuah investasi yang berharga bagi semua perusahaan, bahkan bagi perusahaan yang masih berkembang pesat pula. Oleh karena itu, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk memeriksa setiap pengeluaran usaha Anda maupun perusahaan, untuk selanjutnya melihat apakah ada cara untuk mencapai tujuan usaha dengan biaya yang lebih rendah.

Tips Menghemat Pengeluaran Bisnis / Usaha di Era Pandemi

Alat Teknik lengkap

1. Kalkulasi ROI yang Tepat
Harga peralatan dan perkakas untuk menunjang operasional industri sangat bervariasi sesuai dengan merk, jenis, dan build quality. Dalam menentukan pembelian peralatan kerja, sebaiknya perhatikan pula garansi yang ditawarkan, serta spesifikasi yang dibutuhkan. Hal ini untuk mengurangi resiko pembelian ulang akibat barang rusak kedepannya, serta perhitungan ROI (return on investment) agar keuangan lebih baik. Jangan mudah tergiur dengan barang murah hanya untuk penggunaan sesaat, tetapi kalkulasikan ROI yang bisa didapatkan saat membeli peralatan dan perkakas, khususnya yang bersifat habis pakai seperti barang MRO.

2. Mengurangi Pencetakan Kertas dan Alokasi Sampah Kertas
Kegiatan perkantoran umumnya identik dengan pencetakan kertas yang terkesan berlebihan, sehingga menguras biaya yang dikeluarkan untuk kertas, tinta, maupun listrik dari mesin printer itu sendiri. Untuk itu, buatlah kebijakan mengenai dokumen apa yang boleh dicetak dan dokumen mana yang tidak perlu dicetak, serta membatasi akses ke printer kantor. Dengan menggunakan mesin printer multifungsi, keperluan administrasi yang tidak wajib hardcopy juga dapat di scan untuk dikirimkan dokumen softcopy-nya agar menghemat pengeluaran cetak. Mesin ini juga menghemat tempat yang diperlukan karena sudah menjadi satu untuk menjalankan beberapa fungsi pencetakan dan pengiriman dokumen.

Sampah kertas yang berlebihan dan tidak dihancurkan dapat menimbulkan biaya lebih pada pengumpulan sampah, karena menggunakan lebih banyak plastik sampah. Untuk menghancurkan kertas yang tidak terpakai, perusahaan dapat menggunakan mesin paper shredder untuk menghancurkan kertas utuh menjadi kecil, untuk selanjutnya memudahkan alokasi sampah tersebut ke tempat daur ulang kertas, ataupun tempat pembuangan lainnya.

Secure Paper Shredder di klikMRO.com

3. Manajemen Inventaris
Dalam mengelola inventaris, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan seperti pengeluaran bulanan inventaris, serta berapa banyak barang yang masih dalam persediaan. Di lingkup industri, terdapat tantangan inventaris tersendiri dimana perusahaan melakukan pengiriman suplai barang MRO ataupun peralatan dan perkakas lainnya ke setiap lokasi site, sehingga menimbulkan biaya logistik secara terus menerus.

Solusinya, pelaku industri dapat mulai mempertimbangkan strategi yang dikenal sebagai VMI (Vendor Managed Inventory) untuk memastikan alokasi inventaris di waktu dan lokasi yang tepat.

5. Maksimalkan Jadwal Shifting Sesuai Ruangan Divisi
Sambil menyelam minum air, itulah yang sering dilakukan para pebisnis dalam menjaga keutuhan bisnisnya, serta kesejahteraan karyawannya. Sesuai dengan praktik telecommute atau yang dikenal dengan WFH sekarang ini, gedung perkantoran hanya boleh terisi sebagian dari seluruh kapasitasnya, sehingga secara logika hal ini memungkinkan perusahaan untuk menghemat pengeluaran energi.

Bergantung dari pengaturan jadwal masuk divisi yang berbeda setiap harinya, fasilitas kantor, pabrik, dan gudang pun juga dapat menerapkan jumlah karyawannya per suatu area ketika diberlakukan shifting. Hanya saja, kegiatan produksi di pabrik yang perlu berjalan secara terus menerus harus tetap mendapat perhatian khusus dari tim produksi serta pengelola terkait setiap harinya.

6. Memanfaatkan Program Internship / Magang
Di situasi pandemi ini, program internship menjadi salah satu cara bagi perusahaan untuk meningkatkan produktivitas tanpa harus mengeluarkan biaya berlebih. Di satu sisi, program internship / magang ini membantu para mahasiswa ataupun lulusan SMK untuk mendapatkan kredit dari institusi pembelajaran, dan mendapatkan pengalaman bekerja di dunia nyata. Untuk itu, Anda dapat menghubungi perguruan tinggi atau universitas di kota Anda untuk mengetahui apakah bisnis Anda dapat terlibat dalam kemitraan magang yang menguntungkan.

7. Beralih ke Peralatan Hemat Energi
Sudah bukan rahasia umum bahwa peralatan hemat energi telah memberikan dampak positif bagi penghematan biaya energi perusahaan. Dengan beralih ke lampu LED hemat energi, AC hemat energi, dan peralatan lainnya, maka Anda dapat menghemat biaya terkait beban utilitas usaha Anda. Selain itu, ada banyak pula manfaat penggunaan peralatan hemat energi lainnya yang dapat Anda simak disini.

8. Implementasi Teknologi 

Berkat kemajuan teknologi, banyak permasalahan bisnis yang teratasi dengan kehadiran berbagai solusi baru melalui teknologi. Salah satunya adalah melalui proses pengadaan digital yang dapat membantu para pelaku bisnis dalam menyelesaikan tantangan pengadaan di era pandemi ini, termasuk penghematan biaya proses pengadaan, peningkatan transparansi, dan meningkatkan efisiensi. Layanan pengadaan digital ini tidak hanya menghemat waktu dan tenaga, tetapi juga dapat menekan biaya transportasi, biaya pengiriman, dan biaya tidak terlihat lainnya serta membantu memaksimalkan pembatasan sosial demi menekan penyebaran COVID-19.

9. Konsistensi dalam Melacak Pengeluaran
Hal nomor satu yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis serta jajaran tim nya agar dapat menghemat biaya secara berkelanjutan adalah dengan sistem pelacakan pengeluaran. Pelacakan ini mencakup pembelian dalam jumlah kecil hingga pembelian besar perusahaan, termasuk segala pengeluaran lainnya. Dengan mengetahui jumlah pengeluaran, alokasi, serta frekuensi pengeluaran perusahaan, maka manajemen dapat menentukan solusi yang tepat dalam menghemat biaya pengeluaran tersebut.

Pada intinya, kustomisasi kebijakan perusahaan lah yang paling menentukan dalam hal penghematan biaya, dilanjutkan dengan kemampuan adaptasi pasar serta implementasi yang tepat mengenai beberapa tips diatas. Untuk itu, klikMRO hadir sebagai platform pengadaan digital untuk semakin meningkatkan efisiensi pengeluaran usaha Anda, serta membantu meningkatkan pemantauan dan transparansi pengeluaran perusahaan.