Inilah 9 Alat Pelindung Diri untuk Pekerja Pertambangan + Arti Warna Helm Safety

0
3181

Salah satu karakteristik kegiatan di pertambangan adalah resiko dan bahaya yang tinggi. Karena itu para pekerjanya wajib melengkapi diri dengan peralatan keselamatan yang memadai. Mengenai Alat Pelindung Diri atau APD bahkan diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Per. 08/Men/VII/2010 tentang alat pelindung diri.

Alat pelindung diri adalah alat yang punya kemampuan untuk melindungi pemakainya dan berfungsinya mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja. Nah, khususnya di bidang pertambangan, ada 9 alat pelindung diri yang digunakan.

  1. Alat pelindung kepala

via klikMRO

Alat pelindung kepala berupa safety helmet ini berfungsi melindungi kepala dari benturan, terpukul atau kejatuhan benda keras atau benda tajam, terantuk, percikan dari api atau bahan kimia, radiasi panas, mikro organisme, dan juga suhu yang ekstrim. Safety helmet memiliki warna beragam yang memudahkan untuk mengenali posisi atau jabatan individu yang mengenakannya. Safety helmet untuk pekerja penambangan di bawah tanah biasanya dilengkapi pula dengan lampu kepala.

  1. Pakaian pelindung

Pakaian pelindung berupa rompi reflektor atau safety vest adalah rompi yang dirancang secara khusus dilengkapi dengan bahan iluminator. Bahan ini bisa berpedar saat terkena cahaya. Tujuan penambahan bahan iluminator pada rompi tak lain supaya posisi penggunanya bisa terlihat dengan mudah di malam hari atau pada area yang gelap.

  1. Alat pelindung kaki

Alat pelindung kaki berupa sepatu khusus ini berfungsi melindungi kaki dari benturan benda-benda berat, tertimpa, tertusuk benda tajam, terkena cairan panas ataupun dingin, terpapar suhu yang ekstrim, cipratan bahan kimia atau mikro organisme, dan tergelincir. Untuk pekerja tambang, sepatu yang dikenakan menggunakan bahan kulit berlapis metal dengan sol karet tebal atau sepatu boot sesuai dengan medan pertambangan.

  1. Alat pelindung mata

Alat pelindung mata berupa safety goggles, face shield atau tameng muka, serta full face masker atau tameng muka dan kacamata yang menjadi satu kesatuan. Fungsinya adalah untuk melindungi mata dan muka dari percikan bahan kimia, percikan benda-benda berukuran kecil terutama saat proses drilling di pertambangan, uap panas maupun dingin, radiasi gelombang elektromagnetik, benturan dengan benda keras atau tajam dan juga pancaran cahaya.

  1. Alat pelindung pernafasan

Alat pelindung berupa masker atau respirator ini berfungsi melindungi organ pernafasan dengan cara menyaring udara dari bahan-bahan kimia, partikel kecil yang banyak beterbangan di area pertambangan, mikro organisme, uap, panas, dan sebagainya.

  1. Alat pelindung tangan

Alat pelindung tangan berupa safety gloves ini berfungsi melindungi tangan dari suhu panas atau dingin, arus listrik, percikan api atau bahan kimia, benturan dan goresan yang kerap dialami pekerja tambang hingga infeksi virus dan bakteri.

  1. Alat pengaman telinga

Earplug
Earmuff

Alat pengaman telinga berupa ear plugs / ear muff ini berfungsi melindungi alat pendengaran dari tekanan atau kebisingan karena penggunaan berbagai mesin di area pertambangan.

  1. Alat pelindung jatuh

Alat pelindung jatuh untuk perorangan ini terdiri dari safety harness atau pengaman tubuh dan safety rope atau tali pengaman. Alat ini berfungsi untuk membatasi gerak pekerja supaya tidak terjatuh atau dengan kata lain menjaga pekerja untuk berada pada posisi yang dibutuhkan. Alat pelindung jatuh perorangan ini akan menjaga pekerja tidak jatuh atau terbentur.

  1. Pelampung

Pelampung atau lifevest berfungsi melindungi penggunanya agar tidak tenggelam. Penggunaan pelampung membantu pengguna untuk tetap berada dalam posisi melayang atau terapung di dalam air. Para pekerja tambang biasanya menggunakan alat pelindung ini dalam perjalanan menuju ke lokasi tambang saat melewati perairan.

Semua jenis alat pelindung diri atau APD untuk pekerja di bidang pertambangan ini wajib dikenakan dengan semestinya saat sedang bekerja. APD tidak hanya menjaga keselamatan penggunanya tetapi juga orang-orang yang berada di sekelilingnya.

Mengenal Standarisasi Peralatan Keselamatan

Referensi: 

gmf-aeroasia.co.id

geologinesia.com