8 Tips Menyapu yang Benar, Cepat, dan Efektif Untuk Lingkungan Operasional Tinggi

0
1616

Menyapu berarti menjadikan ruangan yang Anda tinggali, bahkan gedung, dan pabrik untuk menjadi lebih bersih dan tentunya terbebas dari penyakit. Penyakit seperti bersin, atau batuk yang dikarenakan debu, dan banyak penyakit lainnya dapat hadir karena lingkungan atau ruangan yang kotor.

Pada lingkungan pabrik dengan operasional tinggi, biasanya kebersihan diabaikan sehingga hasilnya adalah lingkungan kerja yang kotor, berdebu bahkan banyak sampah seperti robekan kardus dan lain sebagainya. Untuk membersihkan lantai, tentu diperlukan metode yang efektif dan cepat apalagi pada lingkungan yang ramai. Hal ini bertujuan agar meminimalisir kotoran yang tersisa dan debu yang bertebaran.

Jadi, apakah ada teknik atau cara menyapu yang cepat dan benar? Ternyata ada, loh. Penasaran? Silahkan simak ulasan di bawah ini:

Pertama, sapu yang Anda gunakan musti sapu yang bagus. Ini mutlak, sebab sapu yang jelek atau sudah rusak bila tetap digunakan maka akan menjadikan lantai rumah Anda akan semakin kotor. Akan sangat baik bila Anda menggunakan sapu dengan bahan yang nature-friendly, terutama untuk menyapu di luar ruangan. Sapu berbahan bambu, misalnya bisa menjadi pilihan jitu untuk Anda.

Sapu bambu juga lebih tahan lama ketimbang sapu yang terbuat dari bahan lidi. Sapu ini tentu akan sangat pas digunakan untuk menyapu karpet, luar ruangan dan tempat yang debunya cukup banyak. Sedangkan di lantai biasa seperti keramik, granit, marmer dan setipenya maka sapu lidi tidak akan cocok digunakan di lantai ini. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan sapu berbahan plastik atau ijuk.

Nagata floor brush

Kedua, untuk mulai menyapu, Anda jangan menyapu dengan tidak beraturan. Anda bisa memulai dengan ruangan-ruangan terlebih dulu, lalu dikumpulkan dan dibantu dengan sekop untuk mempermudah. Jangan lewatkan setiap sudut ruangan, apabila sudah dirasa 100 persen bersih, baru beralih ke ruangan lain. Ingat, ruangannya juga sebaiknya beraturan, seperti dari belakang hingga ke ruangan paling depan. Atau sebaliknya. Menyapu dengan tidak beraturan membuat ruangan atau rumah Anda tidak bersih sempurna, juga akan membuat Anda cepat lelah. Sekop yang digunakan bisa sekop berukuran kecil, bila yang disapu adalah debu, dan gunakan sekop ukuran besar bila ada banyak sampah yang musti dibuang.

Ketiga, usahakan menyapu dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Bila tidak sempat, maka setidaknya menyapu di sore hari akan sangat dianjurkan. Hindari menyapu pada malam hari, karena dengan pencahayaan yang kurang baik, menjadikan lantai tidak begitu terlihat kotorannya. Hasilnya, akan banyak kotoran yang tersisa.

Keempat, untuk menjaga lantai lebih bersih dan kinclong satu hari penuh, akan sangat baik bila Anda melanjutkan dengan pel lantai sehabis menyapu. Ingat, jangan terbalik, mengepel dulu baru menyapu, yah.

Krisbow Microfiber Dust Mop

Kelima, gerakan menyapu adalah maju atau ke depan. Jangan bolak-balik, ke depan lalu ke belakang. Bolak-balik tidak beraturan malah membuat sampah atau debu yang disapu justru tambah berterbangan dan berserakan.

Keenam, bila debu yang ada di rumah Anda sudah terlalu bertumpuk, hindari menyapu terlebih dulu. Anda bisa mencoba menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu. Setelah itu, bisa Anda sempurnakan dengan disapu. Jadi, sisa-sisa debu yang masih belum tersedot bisa dibersihkan. Dalam artikel selanjutnya, akan dibahas bagaimana memilih vacuum cleaner yang baik, yang bisa melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Ketujuh, gunakan pelindung wajah dan mulut. Anda bisa menggunakan masker, sebelum mulai menyapu. Ini untuk menghindari apabila Anda ternyata alergi debu, sehingga terhindari dari bersin, atau penyakit lain yang disebabkan oleh debu.

Kedelapan, tentunya Anda bisa memilih sapu terbaik untuk masing-masing kebutuhan kebersihan lingkungan Anda. Tidak perlu takut harganya lebih mahal, asalkan kualitas dan bahan yang lebih terjamin. Daripada membeli sapu yang murah, tapi hanya beberapa kali pakai justru rusak, bukan? Lebih baik menggunakan sapu dengan harga yang sedikit lebih mahal, tapi lebih tahan lama. Tentunya, Anda justru akan berhemat jauh, ketimbang membeli sapu harga murah, tapi mudah rusak. Ingat, ada harga ada kualitas.

Budayakan Lingkungan Bersih dan Sehat dengan Peralatan Modern Ini