Apakah Anda berencana membeli penghisap debu (vacuum cleaner) dalam waktu dekat ini? Vacuum Cleaner telah menjadi peralatan pembersih yang umum digunakan. Selain dipakai untuk keperluan rumah tangga, vacuum cleaner juga digunakan untuk bisnis, misalnya saja pada usaha laundry karpet dan usaha cuci kendaraan.

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli vacuum cleaner, sebaiknya ketahui dahulu beberapa tips dalam pemilihan vacuum cleaner berikut ini:

  • Kenali kemampuan sedot Vacuum Cleaner

Tak banyak orang yang mengetahui bahwa vacuum cleaner memiliki perbedaan kemampuan berkaitan dengan jenis debu yang mampu disedot. Saat ini jenis vacuum cleaner yang banyak beredar adalah jenis vacuum cleaner untuk menyedot debu kering. Sedangkan jenis vacuum cleaner yang cukup jarang tersedia adalah jenis vacuum cleaner untuk menyedot debu basah. Jenis vacuum cleaner ini tidak bisa digunakan untuk mengeringkan karpet.

Ada pula jenis vacuum cleaner dengan kemampun ganda yakni mampu menyedot debu kering dan juga menyedot debu basah. Vacuum cleaner jenis ini mempunyai penampung debu berupa tangki yang bisa dikosongkan setiap saat. Tipe Vacuum Cleaner Wet and Dry inilah yang direkomendasikan untuk dipakai pada usaha laundry karpet. Untuk keperluan usaha laundry, vacuum cleaner wet and dry dengan kemampuan ganda ini lebih ekonomis dari segi harga karena Anda tak harus membeli vacuum cleaner untuk debu kering dan vacuum cleaner untuk debu yang basah.

via Freepik
  • Pilih voltase sesuai daya hisap yang Anda butuhkan

Banyak orang meyakini, daya atau voltase yang rendah menunjukkan bahwa vacuum cleaner tersebut efisien. Padahal efisiensi vacuum cleaner tidak tergantung pada daya atau voltasenya yang rendah melainkan dilihat dari kemampuan alat ini dalam menyedot debu.

Vacuum cleaner dengan daya sedot yang kuat ditandai dengan komponen-komponen yang lengkap di dalamnya yang meliputi bagian pertama yang menyentuh permukaan atau yang disebut nozzle, motor, sampai dengan sistem filtrasi. Daya sedot yang kuat dihasilkan dari daya sedot dan aliran udara pada corong yang membuat kecepatannya menjadi lebih maksimal. Misalnya saja untuk karpet yang tebal dibutuhkan vacuum cleaner dengan kapasitas sedot sekitar 150 mbar yang mampu menghasilkan aliran udara sekitar kurang lebih 50 liter.

  • Desain yang nyaman digunakan

Selain komponen-komponen di dalamnya, desain vacuum cleaner juga menunjang fungsinya. Misalnya, bagian pegangan yang mudah dipakai akan membuat kinerja menjadi lebih baik. Sedangkan selang dan corong yang aerodinamis akan mengurangi tekanan pada sistem vacuum cleaner sehingga alat ini mudah dan efisien digunakan.

Krisbow Steam Cleaner via KlikMRO
  • Tidak mengeluarkan debu kembali

Apa jadinya jika vacuum cleaner yang Anda gunakan mengeluarkan debu kembali? Tak hanya hasil kerja menjadi kurang memuaskan, tetapi kesehatan juga bisa terganggu. Karena itu pilihlah vacuum cleaner yang dilengkapi dengan penyaring atau filter. Pastikan vacuum cleaner memiliki sistem filter saringan HEPA (High Efficiency Particulate Arrestance). Vacuum cleaner yang dilengkapi dengan sistem filter ini akan menahan debu sehingga tidak keluar lagi.

  • Spesialis Mikropartikel

Jika anggota keluarga memiliki kecenderungan alergi debu dan mudah sekali menderita gatal-gatal akibat serangga yang tak kelihatan, sebaiknya pilihlah vacuum cleaner dengan kemampuan spesialis mikropartikel. Vacuum Cleaner Anti-Allergy mampu menyedot tungau atau serangga berukuran kecil serta debu-debu berukuran 0.01mm yang terdapat di karpet hingga sofa dan ranjang.

Raycop Anti-allergy Vacuum Cleaner via KlikMRO
  • Untuk pembersihan pada mobil

Selain memiliki daya sedot yang kuat, untuk mobil sebaiknya pilih vacuum cleaner yang dilengkapi dengan nozzle yang kecil dan pipih sehingga mampu menjangkau tempat-tempat yang sempit. Aksesoris pilihan nozzle pun biasanya tersedia dalam pembelian vacuum cleaner dan dapat diganti secara manual sesuai permukaan yang akan dibersihkan. Vacuum cleaner wet and dry juga tersedia dengan kemampuan menyedot debu kering dan debu basah untuk keperluan kebersihan mobil.

Vacuum cleaner untuk mobil biasanya tak membutuhkan kabel panjang. Untuk pengisi daya, Anda bisa menyolokkan kabel ke slot charging yang biasa dipakai untuk mengecas handphone. Saat ini telah tersedia pula vacuum cleaner tanpa kabel, sumber daya yang dipakai berasal dari baterai. Vacuum cleaner ini bisa pakai selama 30 menit tanpa henti.

via Freepik

Itulah beberapa tips memilih vacuum cleaner yang tepat. Berbekal tips ini, tentunya Anda sekarang memiliki gambaran yang lebih jelas sehingga bisa memilih vacuum cleaner yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan.

Jangan Lupakan 5 Hal ini Saat Membersihkan Restoran

Brush dan Wiper dalam Satu Genggaman

Referensi:

Kompas.com

Blibli.com

Kontan.co.id