6 Ide Menyulap Sudut Rumah Menjadi Kantor yang Stylish

0
179

Sekarang ini, semakin banyak saja orang-orang yang menjadikan tempat tinggalnya sebagai tempat untuk berkantor. Fleksibilitas yang ditawarkan dan metode “smart working” pun kiat menjamur di kalangan millenials. Mereka yang ingin bekerja secara independen pun dapat menyulap sudut di dalam rumah menjadi ruang kerja yang nyaman. Pilihan bekerja di rumah memang sangat efektif dan efisien untuk menghemat biaya transportasi dan produksi. Walaupun bekerja di rumah, kantor di rumah harus benar-benar menghadirkan rasa nyaman dan memenuhi standar yang sama dengan perkantoran modern ataupun perkantoran konvensional.  Nah, berikut ini 6 ide menyulap sudut rumah menjadi kantor yang stylish:

  1. Pencahayaan yang mendongkrak produktivitas

Mengatur pencahayaan menjadi cara yang paling mudah untuk menciptakan area produktif di sudut rumah. Carilah lampu yang tak sekedar memberi penerangan tetapi memiliki desain yang elegan sehingga sudut rumah yang menjadi kantor Anda tampil lebih segar. Misalnya saja dengan memilih model lampu recessed spotlight yang hemat energi dan ramping sehingga cocok dipasang pada bangunan dengan langit-langit yang sempit.

  1. Kursi adalah investasi bisnis

Kursi managerial yang mewah dan nyaman menjadi salah satu investasi penting untuk kemajuan bisnis Anda. Nuansa kantor yang karismatik segera saja terlihat di sudut rumah dengan keberadaan kursi managerial ini. Kursi jenis ini dapat diatur ketinggiannya, memiliki rancangan sesuai dengan ukuran tubuh, mempunyai bantalan duduk yang landai sehingga membuat posisi tulang belakang berada dalam posisi yang baik, menyediakan pengaturan ketinggian sandaran, dan dilengkapi dengan sandaran kepala sehingga penggunanya terhindar dari nyeri otot leher. Bagi mereka yang bekerja di belakang layar, kursi ini akan memberikan kenyamanan sehingga betah menghabiskan waktu untuk duduk dan mengendalikan bisnis dari rumah.

  1. Meja menjadi prioritas

Pemilihan meja kerja tak sekedar untuk melengkapi kursi managerial yang mewah dan nyaman. Meja menjadi prioritas karena menjadi area kerja utama. Untuk menyiasati sudut rumah yang terbatas, pilihlah meja kerja  tipe staff desk dengan ukuran cukup besar yang dilengkapi dengan laci-laci penyimpanan untuk meletakkan perlengkapan kantor berukuran kecil dan rak-rak untuk menempatkan PC serta keyboard.

Meja kerja tipe staff desk ini tak hanya menjadi area kerja saja, tetapi juga membuat kantor di rumah lebih rapi dan berkesan lebih formal. Meja kerja akan membantu menghadirkan suasana perkantoran yang membangkitkan semangat untuk bekerja dan dapat pula berfungsi ganda sebagai ruang untuk menerima tamu-tamu bisnis.

  1. Filing cabinet, furnitur pemanis untuk menyimpan dokumen

Sekalipun menghindari penggunaan kertas dalam kegiatan operasional kantor di rumah, tetapi selalu saja ada dokumen-dokumen yang perlu disimpan. Misalnya saja faktur pembelian barang, slip pengiriman barang, salinan surat perjanjian dan sebagainya. Untuk menyimpan dokumen-dokumen seperti ini, sebaiknya lengkapi kantor di rumah dengan sebuah file cabinet. File cabinet ini juga akan membantu memisahkan dokumen-dokumen bisnis dengan dokumen-dokumen pribadi dan memudahkan untuk menemukannya saat dibutuhkan.

Tinggalkan model filing cabinet dengan bahan plat besi yang terdiri dari laci-laci. Temukan filing cabinet yang menghadirkan kesan modern yang multifungsi. Tak hanya sebagai tempat untuk menyimpan dokumen tetapi juga sebagai pemanis sudut ruang kerja. Misalnya saja tipe filing cabinet swing door dua pintu dengan sentuhan kaca di bagian pintunya atau filing cabinet tipe swing door empat pintu dengan kombinasi pintu kaca di kedua pintu bagian atas.

  1. Warna dinding yang menginspirasi

Sudut rumah yang diubah menjadi kantor akan menjadi spot favorit bila Anda menambahkan warna dinding sesuai dengan warna favorit. Apabila pekerjaan pewarnaan cat dinding Anda lakukan sendiri, siapkan painting supplies yang mencukupi sesuai dengan pekerjaan cat preferensi Anda. Lupakan warna-warna pucat yang umumnya dipilih sebagai warna-warna ruangan kantor yang formal. Anda membutuhkan warna favorit yang akan menyegarkan pikiran, menginspirasi dan sekaligus menenangkan. Bagi sebagian orang mungkin warna favoritnya adalah warna merah buah cherry, orange seperti jeruk, atau hijau daun. Sedangkan beberapa orang lainnya, menyukai warna yang lebih tenang seperti warna biru laut atau putih simpel. Intinya, temukan warna-warna yang bisa mempengaruhi mood dan semangat kerja Anda.

  1. Aksesoris yang menyempurnakan

Apa jenis bisnis yang sedang Anda tekuni saat ini? Carilah aksesoris yang menggambarkan jenis bisnis tersebut. Misalnya saja untuk bisnis industrial, tambahkan aksesoris berupa instalasi pipa artistik yang mewakili bisnis sekaligus berfungsi sebagai rak aneka peralatan. Atau juga bisa aksesoris berupa jam berbentuk gear. Tambahan aksesoris ini akan meningkatkan kenyamanan dan menyempurnakan style kantor di sudut rumah.

Itulah 6 ide menyulap sudut rumah menjadi spot favorit untuk kantor yang stylish. Sudut rumah yang nyaman sebagai ruang kerja akan menjadi tempat bagi lahirnya ide-ide segar dan keputusan-keputusan penting bagi masa depan bisnis Anda. Start your journey!

Referensi:

thebalance.com

housebeautiful.com