5 Tanda Perkakas Listrik Anda Sudah Mulai Rusak, beserta Solusinya

0
302

5 Tanda Perkakas Listrik Anda Sudah Mulai Rusak, beserta Tipsnya – Seperti halnya suatu mesin, perkakas listrik (power tools) juga dapat mengalami keausan, masalah fungsi, serta masalah kelistrikan. Walaupun sudah rutin perawatan, performa perkakas listrik juga dapat berkurang atau bahkan tidak mau menyala sehingga membutuhkan inspeksi segera untuk perbaikannya. Hal ini tentu akan mempengaruhi produktivitas pekerjaan, khususnya ketika perkakas listrik tersebut sedang digunakan untuk memperbaiki peralatan, memotong material, ataupun sedang digunakan untuk perawatan mesin industri. Contohnya seperti pemotongan dengan miter saw ataupun pekerjaan dengan belt sander, dimana malfungsi perkakas listrik ini dapat menimbulkan dampak yang signifikan.

Namun hal ini tentunya dapat dimitigasi dengan pemeriksaan yang cermat. Diagnosa penyebab masalah pada perkakas listrik sangat diperlukan untuk menentukan tindakan perbaikan selanjutnya. Namun sebelumnya, pastikan perkakas listrik telah diputus dari sumber listrik sebelum Anda mencoba mendiagnosis potensi masalahnya. Pada artikel ini, klikMRO akan membahas 5 tanda perkakas listrik Anda sudah mulai rusak:

Perkakas Listrik Tidak Mau Menyala

Alat Teknik lengkap

Jika perkakas listrik tidak mau menyala, itu bisa berarti adanya beberapa masalah kelistrikan pada alat, termasuk korsleting ataupun short circuit. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan terkait perkakas listrik tidak mau menyala:

  1. Mulailah dengan memeriksa power switch dan sambungan dalamnya untuk memastikan tidak ada kerusakan yang diakibatkan karena overheat, ataupun kemasukan air. Selain itu, penggunaan multimeter juga dapat membantu dalam pengujian tegangan arus listrik pada perkakas listrik Anda untuk menilai apakah daya mengalir melalui kabel, sakelar dan ke komponen lainnya.
  2. Setelah itu, periksa pula potensi debu dan kotoran yang masuk / menumpuk di dalam perkakas listrik, khususnya pada komponen brush dan komponen spring. Brush disini merupakan komponen penutup yang terdiri dari sikat dan pegas yang terletak di ujung motor tempat aliran listrik. Komponen ini dapat menjadi aus seiring waktu, sehingga Anda perlu melakukan penggantian komponen ini apabila sudah rusak.

Sebagai tambahan, kabel daya yang sudah rusak / usang  juga dapat menjadi potensi kerusakan pada corded power tools. Mulai dari kabel kusut, robek, atau putus dapat menghentikan aliran listrik ke perkakas. Untuk memudahkan deteksi, gunakan alat multimeter untuk memeriksa arus listrik dari kabel ke unit perkakas listrik.

Performa yang Menurun

Apabila perkakas listrik Anda dapat menyala tetapi tingkat dayanya sangat lemah, maka hal yang paling umum dilakukan adalah melakukan inspeksi pada komponen carbon brush. Carbon brush pada perkakas listrik merupakan blok karbon kecil yang mentransfer arus listrik dari sumber daya  ke motor perkakas listrik. Umumnya hal ini disebabkan brush yang sudah aus karena penggunaan.

Metabo Carbon Brush di klikMRO.com

Kasus ini mirip seperti kasus diatas dimana perkakas tidak mau menyala. Oleh karena itu, periksalah komponen carbon brush terlebih dahulu untuk menentukan langkah selanjutnya.
Jika ternyata brush masih bersih, maka kemungkinan selanjutnya adalah adanya kerusakan pada bagian komutator, ataupun komponen lainnya. Jika terjadi perubahan warna ataupun isolasi meleleh, maka ini merupakan pertanda bahwa bagian komutator lah yang merupakan akar penyebabnya.

Bau Seperti Terbakar

Motor listrik yang rusak cenderung mengeluarkan bau terbakar, sehingga sangat mudah terdeteksi oleh pengguna. Bau seperti terbakar ini diakibatkan pergesekan antar komponen dalam motor listrik, dimana semuanya masih berputar menghasilkan panas, tetapi motor tidak lagi berfungsi.

Dalam proses diagnosa, bau asap yang dihasilkan dapat berubah dan berbeda-beda, bergantung pada usia penggunaan perkakas, jenis perkakas, dan desain perkakas listrik itu sendiri. Untuk perkakas listrik yang memiliki sabuk penggerak seperti belt sander atau planer, maka komponen belt itulah yang harus diperiksa terlebih dahulu. Apabila sabuk penggerak rusak, maka Anda akan mencium bau terbakar, dan perkakas biasanya akan berhenti bekerja meskipun motor masih berjalan.

Untuk perkakas listrik lain seperti bor listrik dan gergaji listrik, lakukan pemeriksaan pada kapasitor untuk menentukan potensi masalah serta mempersiapkan penggantiannya.

Dalam kasus lain, bau seperti terbakar juga dapat timbul akibat perkakas listrik bekerja terlalu keras sehingga motor overheat. Solusinya adalah segera matikan semua perkakas listrik yang mengeluarkan bau terbakar dan biarkan selama sekitar 30 menit sebelum mencoba mendiagnosis masalah. Hal ini bertujuan untuk mereduksi panas yang dihasilkan, serta potensi-potensi korsleting akibat arus sisa yang masih mengalir pada komponen-komponen lainnya.

Bunyi yang Tidak Wajar

Walaupun perkakas listrik tentu menghasilkan bunyi tersendiri, terkadang juga dapat mengeluarkan suara melengking bernada tinggi. Apabila bunyi tersebut muncul secara tiba-tiba ataupun muncul ketika penggunaan yang cukup lama, maka hal ini dapat menjadi pertanda bahwa ada masalah pada perkakas listirk tersebut.

Apabila ada bunyi-bunyi seperti melengking ataupun bunyi tidak wajar lainnya, maka pertama-tama pastikan komponen perkakas listrik sudah terlumasi dengan baik. Periksa rujukan dan spesifikasi pabrikan untuk mengetahui metode terbaik untuk menjaga perkakas tetap dilumasi dengan pelumas yang sesuai pula.

Selain itu, roda gigi juga dapat menjadi salah satu penyebab utama perkakas listrik mengeluarkan bunyi yang tidak wajar. Umumnya bor listrik memiliki tombol kontrol maju mundur, dimana bunyi yang dihasilkan mungkin dikarenakan switch yang macet diantara roda gigi tersebut. Solusinya adalah Anda dapat menekan switch maju mundur secara perlahan lalu coba jalankan bor listrik tersebut kembali.

Percikan dan Asap

Jika perkakas listrik Anda mulai mengeluarkan asap atau percikan api, segeralah dimatikan. Hal ini juga berlaku pada pekerjaan penting lainnya yang menggunakan perkakas listrik, dimana pengguna tidak disarankan untuk terus mengoperasikan perkakas listrik yang sudah mengeluarkan asap ataupun percikan api. Setelah alat dimatikan, maka biarkan menjadi dingin terlebih dahulu sebelum mencoba diagnosa atau memperbaiki masalah pada alat.

Setelah alat sudah tidak panas, mulai periksa apakah ada debu atau kotoran yang masuk ke dalam alat. Serbuk -serbuk kecil hasil proses pemotongan maupun partikel lain yang sering beterbangan di udara pada area kerja yang berat dapat masuk ke bagian ventilasi perkakas listrik sehingga menyebabkan percikan atau asap. Apabila perkakas yang digunakan masih bersih, maka kemungkinan selanjutnya adalah overheat. Korsleting mungkin dapat terjadi pada bagian dalam perkakas dialiri arus listrik, khususnya bagian kapasitor dan motor listrik.

Kesimpulan
Cara terbaik untuk mengatasi masalah pada perkakas listrik Anda adalah dengan menghindarinya sejak awal. Selalu periksa rekomendasi pabrikan untuk mengetahui cara terbaik untuk merawat peralatan listrik Anda. Perawatan rutin biasanya merupakan cara terbaik untuk mencegah potensi masalah sebelum terjadi. Lakukan penyesuaian dan perencanaan untuk menentukan perkakas listrik yang dibutuhkan sesuai kriteria dan tingkat kesulitan pekerjaan. Untuk mendukung produktivitas di berbagai pekerjaan, gunakan perkakas listrik dengan spesifikasi diatas kebutuhan pekerjaan, untuk menghindari potensi overheat akibat alat bekerja terlalu keras pada performa maksimal secara terus menerus.

klikMRO menyediakan berbagai perkakas listrik untuk menunjang produktivitas Anda. Temukan produk dari brand-brand ternama, lengkap beserta tipe dan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda hanya di klikMRO.com

Tips Memilih Power Tools yang Baik