Perkakas Rumah

Menjadi seorang kepala rumah tangga tentu mengharuskan sang Ayah menjadi seseorang yang bisa diandalkan oleh keluarga. Selain bertugas dan bertanggung jawab dalam mencari nafkah, menjadi teladan, serta menjadi tulang punggung keluarga, seorang Bapak juga dituntut untuk menjadi penolong bagi keluarganya, termasuk dalam hal pekerjaan pertukangan di rumah.

Mulai dari membetulkan keran air, remote televisi, kebocoran AC, hingga sambungan kabel, ya kalau bukan Bapak, siapa lagi yang bisa menolong pekerjaan rumah? Betul apa betul, nih?

Alat Teknik lengkap

Nah untuk itu, pada artikel kali ini, klikMRO akan membagikan alat-alat apa saja yang bakal berguna untuk membantu para Bapak-Bapak di negara berflower ini tiap saat, terutama ketika diminta tolong oleh sang istri. 

 

1. Tool kit

tool kit

Tool kit atau tool set merupakan box berisi berbagai macam perkakas seperti obeng, kunci pas, tang, palu, dan meteran yang bisa berguna untuk memasang atau memperbaiki kerusakan ringan peralatan rumah. Tool kit ini tersedia dalam berbagai jenis sesuai dengan fungsi dan kegunaannya:

  • Tool kit mekanik untuk pekerjaan ngebengkel kendaraan, seperti mengecek kualitas minyak rem, mengganti oli mesin, mengganti ban, dan lain-lain.
  • Tool kit listrik untuk pekerjaan kelistrikan, seperti membetulkan sambungan kabel.
  • Tool kit set multifungsi yang yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan mengerjakan masalah teknis di rumah.

Baca juga: 5 Tanda Perkakas Listrik Anda Sudah Mulai Rusak, beserta Solusinya

 

2. Cordless power tools

perkakas rumah

Cordless power tools atau perkakas listrik tanpa kabel akan memudahkan berbagai pekerjaan rumahan dan hobi Bapak. Pada dasarnya, cordless power tools adalah perkakas listrik yang menggunakan baterai sebagai sumber dayanya dan tidak menggunakan kabel listrik. Macam-macam cordless power tools yaitu: mesin bor (cordless drill), obeng listrik (cordless screwdriver), mesin gergaji (cordless saw), mesin gerinda (cordless grinder), cordless impact wrench, dan masih banyak lagi.

Cordless tools sangat berguna untuk mempercepat proses kerja, serta lebih efisien dalam penggunaan waktu dan tenaga manusia. Selain itu, Anda dapat menghemat hingga 50% untuk pemakaian listrik jika menggunakan cordless power tools. Apa saja keuntungan menggunakan cordless power tools? Untuk penjelasan lebih lengkapnya, baca juga artikel yang ini: Cordless Technology: Era Baru Tanpa Kabel.

 

3. Pisau multifungsi/lipat

perkakas rumah

Namanya juga pisau multifungsi ya, jadi bisa dipakai buat apa aja sesuai kebutuhan Bapak. Mulai dari sebagai alat pemotong, pembuka tutup botol, pembuat lubang ikat pinggang, penjepit, obeng mini, jarum, pengait multifungsi, tang, hingga untuk ballpoint dan bahkan ada yang bisa terdapat tusuk giginya seperti pisau lipat multifungsi dari Victorinox. 

 

4. Gembok

perkakas rumah

Selain ada hati yang harus dijaga, rumah juga harus dijaga ya, pak. Jangan lupa selalu gembok pagar atau pintu rumah saat malam hari atau ketika rumah sedang ditinggalkan dalam keadaan kosong. Karena berfungsi sebagai alat keamanan, ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli gembok, yaitu: 

  • Bahan dan material yang tahan terhadap debu, cuaca, dan karat
  • Sertifikasi yang menyatakan lulus tahap pengujian
  • Fitur dan keunggulan seperti gembok yang sudah dipadukan dengan nomor PIN atau fingerprint
  • Pastikan gembok memiliki garansi dan mudah saat ingin melakukan pengajuan 

 

5. Genset

perkakas rumah

Genset sangat berguna saat terjadi mati lampu. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini yang seringkali terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. Genset dapat digunakan sebagai sumber listrik dan memastikan lampu serta peralatan rumah tetap dapat berjalan dengan baik. Terutama jika Anda memiliki usaha yang dijalankan di rumah, memiliki genset merupakan investasi yang tepat dalam memastikan usaha tetap dapat berjalan meskipun saat terjadi pemadaman listrik.

Dalam membeli genset, sebaiknya sesuaikan daya genset yang akan Anda beli dengan kebutuhan. Daya yang diperlukan harus dilebihkan 10% dari total daya listrik di rumah. Anda juga perlu memperhatikan tipe genset yang akan dibeli, apakah silent genset atau open genset. Biasanya kalau untuk rumahan yang lingkungannya tidak boleh bising, silent genset akan sangat pas karena tidak memunculkan banyak suara. Selain itu, carilah genset yang sparepart-nya mudah ditemukan apabila terjadi kerusakan. Nah, untuk lebih lengkapnya seputar tips membeli genset, Anda bisa membaca artikel yang satu ini: Jangan Beli Genset Dulu Sebelum Mempertimbangkan Hal-Hal Ini

 

Memiliki perkakas rumah tangga seperti yang sudah disebutkan di atas memang sangat bergantung pada kebutuhan pribadi masing-masing. Ada baiknya, untuk mengetahui tujuan dan kegunaan tiap peralatan atau perkakas rumah tangga serta menyesuaikan dengan kebutuhan sebelum Anda membelinya.

KlikMRO menyediakan berbagai jenis perkakas rumah tangga dan industri, yang bisa Anda dapatkan melalui transaksi online di platform E-Commerce klikMRO. Selain itu, klikMRO juga menawarkan kemudahan pengadaan barang MRO melalui beragam fitur digital procurement yang dapat Anda simak di sini.