4 Faktor Utama yang Mengurangi Produktivitas Kerja di Lingkup Proyek / Site

0
158

Mungkin tidak sedikit dari kita pernah mendengar istilah pepatah “Waktu adalah uang”, bukan? Frasa itu walaupun terdengar singkat, namun ternyata memang berlaku lho khususnya di tempat kerja. Waktu yang hilang ataupun berkurangnya produktivitas di tempat kerja dapat diakumulasikan ke dalam biaya aktual untuk bisnis Anda.

Oleh karena itu, langkah awal yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan mengidentifikasi pemborosan waktu terbesar para pekerja serta mengambil langkah untuk memperbaikinya.

Pada artikel kali ini, kliKMRO akan membahas 4 faktor utama penyebab pemborosan waktu kerja khususnya di lingkup industri, serta tips untuk membuat pekerjaan kembali produktif:

Alat Teknik lengkap

1. Perencanaan
Umumnya seorang kru kontraktor menghabiskan 65 persen waktunya untuk melakukan pekerjaan pemasangan, serta 35 persen lainnya dihabiskan untuk tugas-tugas seperti melakukan perjalanan melintasi area, membersihkan, menyiapkan, mendapatkan izin, dan memeriksa rencana.

Dari contoh tersebut, ada cara untuk meningkatkan waktu yang dihabiskan pekerja untuk kegiatan pemasangan itu sendiri, yakni perencanaan yang matang. Melalui perencanaan yang matang, pekerja dan perusahaan dapat mengurangi potensi masalah seperti penundaan konstruksi, serta biaya tidak terduga lainnya.

Memetakan pekerjaan secara detail merupakan hal yang direkomendasikan demi meningkatkan produktivitas pekerjaan. Hal ini sebagai salah satu langkah mitigasi juga terkait aktivitas lainnya sehingga memotong waktu pekerjaan. Contoh dari aktivitas lainnya tersebut meliputi pengecekan ulang rencana, menyusun ulang pekerjaan untuk melakukannya dengan benar untuk kedua kalinya, serta mencari alat yang sesuai. Rencana yang komprehensif menguraikan bagaimana pekerjaan akan diselesaikan, menetapkan jadwal dengan tenggat waktu, dan analisa biaya. Selain itu, cakupan perencanaan ini juga meliputi effort untuk mendapatkan persyaratan izin untuk pekerjaan tersebut, dan memastikan bahwa izin tersebut sesuai dan bisa dipertanggungjawabkan.

Perencanaan awal yang baik juga menjelaskan bagaimana potensi cuaca buruk dapat berdampak pada proses pekerjaan, serta langkah-langkah mitigasinya. Terkait ketersediaan peralatan pendukung, pekerja juga dapat memastikan peralatan dan perlengkapan proyek melalui perencanaan, yang dapat meliputi pencarian, pembelanjaan, delivery time, serta perbandingan harga. Hal ini dapat dipersingkat untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan dan efisiensi waktu melalui pembelanjaan B2B E-Commerce.

Pada akhirnya, rencana proyek tersebut dimaksudkan agar semua orang yang terlibat dalam proyek tetap sesuai tugasnya. Oleh karena itu, pastikan perencanaan ini telah disepakati ke semua pihak terkait jauh sebelum tahap implementasi pekerjaan. Hal ini akan merampingkan proses-proses kedepannya serta membantu proyek berjalan secara efisien.

2. Pencarian Peralatan dan Perlengkapan Kerja
Produktivitas di lokasi kerja juga dapat ditingkatkan melalui manajemen persiapan alat. Fakta-fakta di lapangan menunjukkan bahwa pekerja menghabiskan waktu untuk mencari alat atau bahan yang tepat, meninggalkan tempat kerja untuk mencari bahan tersebut dan mempelajari cara menggunakan alat tersebut, sehingga hal ini berdampak pada waktu kerja yang kurang efisien. Untuk membantu meningkatkan efisiensi waktu terkait hal ini, sebelumnya pekerja perlu mempelajari dan mendapatkan pelatihan mengenai peralatan dan perlengkapan kerja yang akan dioguakan serta memahami prosedur penggunaannya.

Sebagai langkah awal untuk ketersediaan peralatan kerja, Anda dapat menerapkan beberapa tips berikut:

  1. Memaksimalkan investasi peralatan kerja dengan melacak alat dan bahan yang digunakan. Hal ini meliputi pemeriksanaan keluar masuknya barang dari site proyek.
  2. Instruksikan pekerja Anda terkait pertanggungjawaban peralatan yang digunakan. Apabila peralatan sudah habis dipakai atau rusak, maka solusinya adalah Anda dapat meletakkan vending machine yang berisikan alat dan bahan terkait, lengkap dengan tag RFID yang dapat dipantau. Hal ini memudahkan pengambilan peralatan pengganti langsung di lokasi site.
  3. Sesuaikan fasilitas penyimpanan peralatan teknik yang digunakan, seperti menggunakan papan jadwal untuk memantau penggunaan alat per pekerja, lembar teknis, dan buku panduan / instruksi mengenai cara menggunakan alat tersebut. Untuk memudahkan pendistribusian peralatan ke beberapa titik site, gunakan tools storage dalam pengangkutan dan proses bongkar muat dari kendaraan proyek.

3. Menunggu untuk Bekerja
Karyawan yang sedang menunggu instruksi tentang apa yang harus dilakukan, ataupun sedang menunggu pengiriman peralatan dan material seperti bensin untuk menyalakan generator, ataupun akses ke area terkunci, tentunya dapat mempengaruhi produktivitas waktu kerja mereka. Hal ini menyebabkan biaya dan waktu terbuang, yang meliputi upah per jam dikurangi waktu henti.

Guna meminimalisir hal ini, manajer proyek ataupun supervisor wajib memberikan arahan yang jelas kepada anggota kru tentang apa yang harus mereka lakukan saat terjadi perlambatan kerja. Namun apabila pekerja memang sedang tidak diperlukan untuk bekerja dalam batas waktu yang ditentukan, berikan arah untuk beristirahat sehingga pekerja nantinya akan kembali bekerja semaksimal mungkin.

Hal-hal yang dapat dilakukan oleh manajer site ataupun supervisor meliputi:

  1. Lakukan pertemuan pagi dengan karyawan untuk mengklarifikasi siapa yang melakukan apa hari itu dan bagaimana mereka akan menyelesaikannya.
  2. Sediakan informasi kontak. List nomor telepon PIC untuk di setiap lokasi site serta penanggungjawabnya.
  3. Atur lokasi kerja sebagai persiapan untuk pekerjaan di hari berikutnya.
  4. Lacak kinerja pekerjaan. Dengan melakukan kalkulasi waktu, Anda dapat lebih mudah merefleksikan performa pekerjaan Anda. Dengan cara ini, secara tidak langsung Anda juga akan menemukan cara baru dalam pekerjaan untuk meningkatkan efisiensi sehingga meminimalisir waktu henti.

4. Keselamatan Kerja
Gunakan pendekatan proaktif terhadap keselamatan diri sendiri dan pekerja lainnya. Hal ini akan membuat pekerja tetap nyaman, serta mengurangi waktu yang dihabiskan untuk pemulihan apabila terjadi kecelakaan kerja.

Keselamatan kerja juga merupakan cara nomor satu untuk mengurangi biaya kompensasi pekerja Anda, baik secara langsung (premi asuransi) maupun secara tidak langsung (biaya perekrutan, pelatihan ulang, lembur, biaya santunan keluarga, dan hilangnya produktivitas).

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu menghindari kecelakaan di lokasi kerja:

  1. Adakan pertemuan / briefing keselamatan wajib setiap hari.
  2. Diskusikan setiap perubahan ataupun pekerjaan lainnya pada suatu lokasi kerja, serta mesin apa pun yang akan digunakan di sekitar area tersebut.
  3. Berikan papan untuk slogan ataupun reminder lainnya mengenai penanganan keselamatan pekerja, khususnya di area yang dektak dengan operasional mesin  dan lingkungan berbahaya lainnya (area di ketinggian, area minim cahaya, area lalu lintas kendaraan proyek, dan lainnya).
  4. Mewajibkan semua orang di lokasi untuk mengenakan perlengkapan keselamatan kerja yang tepat dan sesuai, seperti safety helmet, safety goggles, safety boots, dan workwear lainnya. Selain itu, pastikan pula semua pekerja mengambil istirahat secara teratur untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan kerja akibat kelelahan.
  5. Merapikan area kerja dapat meningkatkan ruang gerak sehingga pekerja dapat lebih mudah memantau situasi di sekitar. Tempat kerja yang tidak dijaga kebersihan ataupun kerapihan penempatan peralatan kerja, dapat menyebabkan kecelakaan akibat tersandung, hingga terpeleset.

Dengan merencanakan prosedur yang tepat serta penerapannya secara ketat, Anda bisa meminimalisir pemborosan waktu dan mengurangi biaya pekerjaan agar sesuai kondisi yang aktual. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun apabila diakumulasikan secara bertahap maka akan banyak sekali hal produktif lainnya yang dapat dikerjakan, sehingga akan memberikan dampak positif baik dari segi kecepatan pengerjaan proyek hingga minimnya kecelakaan kerja. Untuk mendukung produktivitas di area kerja, klikMRO menyediakan berbagai solusi keselamatan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda. Temukan produknya dan konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami disini.